Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Langkah-Langkah Merevisi Teks Diskusi | Bahasa Indonesia Kelas 9 (Revisi)



ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang langkah-langkah merevisi teks diskusi dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas 9. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang langkah-langkah merevisi sebuah teks diskusi. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif dalam perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami langkah-langkah merevisi teks diskusi. Untuk lebih jelasnya, silakan kalian baca dengan saksama penjelasannya di bawah ini!

Langkah-Langkah Merevisi Teks Diskusi | Bahasa Indonesia Kelas 9 (Revisi)
www.ilmubindo.com

Langkah-Langkah Merevisi 

Langkah-langkah yang harus kalian lakukan saat merevisi sebuah teks diskusi. Adapun langkah-langkah yang harus kalian lakukan adalah sebagai berikut.
  1. Tandai kata, kalimat, atau makna kata atau kalimat yang salah
  2. Perbaiki kata, kalimat, atau makna salah sesuai unsur kebahasaan
  3. Tulis kembali teks tersebut menjadi teks yang baik dan benar
Menulis teks diskusi perlu memerhatikan kebenaran struktur kalimat dan ketepatan penggunaan ejaan. Penggunaan bahasa dengan baik dan benar dalam laporan ataupun teks diskusi memudahkan orang lain menelaah dan merevisi teks diskusi tersebut.

Perhatikan contoh berikut!
Sistim pengelolaan sampah dengan memilah sampah organik dan non organik mempunyai beberapa keuntungan. Dengan memilah sampah lingkungan, rumah dijadikan sangat bersih. Selain itu, pemilahan sampah memudahkan pengepul mengangkut sampah.

Paragraf tersebut memiliki kesalahan dalam penggunaan tata bahasa. Kalimat-kalimat dalam paragraf tersebut tidak efektif karena terdapat penggunaan kata tidak baku, yaitu sistim dan non organik. Perbaikan tepat kata tersebut adalah sistem dan nonorganik. Kalimat kedua paragraf tersebut tidak efektif karena ketidaktepatan penggunaan kata berimbuhan. Imbuhan di-kan pada kata dijadikan tidak efektif karena penggunaan kata sangat. Agar kalimat tersebut efektif, sebaiknya kata sangat dihilangkan.

Perbaikan Paragraf
Sistem pengelolaan sampah dengan memilah sampah organik dan nonorganik mempunyai beberapa keuntungan. Dengan memilah sampah lingkungan, rumah menjadi bersih. Selain itu, pemilahan sampah memudahkan pengepul mengangkut sampah.

Contoh Teks Diskusi

Di bawah ini adalah beberapa contoh teks diskusi dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas 9. Semoga contoh teks diskusi yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam memahami contoh teks diskusi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Adapun contoh teksnya adalah sebagai berikut.
 
Full Day School

Full day schol adalah program yang meminta anak didik mengikuti proses belajar mengajar yang diselenggarakan secara penuh mulai pukul 07.00-16.00. Sistem ini mengharuskan siswa berada di sekolah selama sehari penuh maka banyak timbul pro dan kontra dengan diberlakukannya program ini. 

Pihak yang mendukung diberlakukannya program ini menganggap full day school sebagai solusi terbaik untuk mengantisipasi dampak buruk era globalisasi. Full day school dianggap dapat memberikan pelajaran, pembiasan yang baik, pendidikan dan pelatihan yang cukup agar siswa dapat mencapai dan memenuhi program jaminan mutu sekolah. Program ini pun membantu guru-guru untuk lolos sertifikasi guu dengan mengajar 24 jam per minggu.

Sedangkan pihak yang tidak setuju atau kontra berpendapat bahwa tingkat konsentrasi anak berbeda-beda. Siswa juga butuh istirahat yang cukup agar konsentrasinya tetap terjaga secara maksimal untuk mampu mencerna pelajaran yang diberikan. Selain itu, full day school memangkas waktu yang panjang dan hal ini akan menyulitkan siswa untuk melakukan kegiatan diluar sesuai minat masing-masing.

Full day school ingin berjalan lancar tergantung pada sarana dan prasarana yang disediakan sekolah. Jika prasarana memadai dan kegiatan sekolah dibuat menarik, maka full day school akan berjalan menyenangkan. Sebaliknya, jika prasarana sekolah buruk atau kurang memadai maka kegiatan full day school akan membosankan. Hal seperti inilah yang membuat siswa bosan dan pelajaran menjadi tidak efektif.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang langkah-langkah merevisi teks diskusi. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang langkah-langkah merevisi teks diskusi. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Langkah-Langkah Merevisi Teks Diskusi | Bahasa Indonesia Kelas 9 (Revisi)

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /