Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Pengertian Cerita, Latar Cerita, dan Watak Tokoh | Bahasa Indonesia SMP 2019


Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan pengertian cerita, latar cerita, dan watak tokoh dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang pengertian cerita, latar cerita, dan watak tokoh. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi kemajuan belajar anak didik di sekolah khususnya pengertian cerita, latar cerita, dan watak tokoh. Semoga bermanfaat dan terima kasih. 

Pengertian Cerita, Latar Cerita, dan Watak Tokoh | Bahasa Indonesia SMP 2019
www.ilmubindo.com

Pengertian Cerita Anak

Cerita anak bukanlah cerita tentang anak tetapi cerita untuk anak-anak. Jadi, bisa saja tokohnya bukan anak-anak dengan syarat ceritanya bisa diterima oleh anak-anak. Cerita anak yang menarik harus jelas, hidup, dan berkesan atau menyentuh perasaan anak. Cerita anak yang bermutu adalah cerita yang isi dan nilainya universal (menyeluruh) dan abadi sepanjang zaman. Cerita anak bertujuan sebagai sarana pendidik moral, budi pekerti, dan nilai-nilai luhur.

Latar Cerita

Segala keterangan mengenai waktu, ruang, suasana, dan lingkungan sosial tempat terjadinya peritiwa-peristiwa yang diceritakan. Latar dalam cerita meliputi, latar waktu latar tempat, latar suasana. latar sosial. Tokoh dan latar dalam cerita bermanfaat untuk membantu memahami inti persoalan yang menjadi dasar dalam cerita.

Watak Tokoh

Watak tokoh adalah sifat atau karakter tokoh. Perwatakan adalah cara pengarang menggambarkan watak tokoh dalam ceritanya. Mengenal perwatakan akan sangat membantu dalam memahami inti persoalan cerita. Manfaat mengenali perwatakan adalah untuk mengetahui adanya hubungan antara perilaku tokoh dengan karakternya. Perwatakan dapat dianalisis berdasarkan dimensi atau ukuran.

Psikologis atau psikis

Berkaitan dengan mentalitas, norma moral, watak, kecerdasan, keinginan, keahlian khusus, dan lain-lain.

Fisiologis atau fisik

Berkaitan dengan jenis kelamin, umur, keadaan dan ciri tubuh, raut muka, dan lain-lain.

Sosiologis atau sosial

Berkaitan dengan status sosial, perkerjaan, jabatan, kepercayaan, aktivitas sosial, dan lain-lain.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang pengertian cerita anak, latar cerita, dan watak tokoh dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan ini bermanfaat buat kemajuan belajar anak didik di sekolah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Cerita, Latar Cerita, dan Watak Tokoh | Bahasa Indonesia SMP 2019

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /