Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Pengertian, Ciri-Ciri, Bentuk, dan Contoh Amanat dalam Karya Sastra



ilmubindo.com | Kali ini kita akan membahas tentang pengertian, ciri-ciri, bentuk, dan contoh amanat dalam sebuah karya sastra. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang pengertian, ciri-ciri, bentuk, dan contoh amanat dalam sebuah karya sastra. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami pengertian, ciri-ciri, bentuk, dan contoh amanat dalam sebuah karya sastra.

Pengertian, Ciri-Ciri, Bentuk, dan Contoh Amanat dalam Karya Sastra
www.ilmubindo.com

Pengertian Amanat Karya Sastra

Amanat adalah pesan yang ingin disampaikan dalam sebuah cerita. Pesan sebuah cerita mencerminkan pandangan hidup pengarang. Pesan yang ingin disampaikan pengarang disebut pesan moral. Pesan moral tersebut dapat berupa penerapan sikap dan tingkah laku para tokoh yang terdapat pada sebuah cerita. Melalui cerita, sikap, dan tingkah laku tokoh-tokoh tersebut diharapkan dapat menyajikan hikmah.

Jenis pesan moral yang disampaikan dalam cerita bersifat tidak terbatas. Pesan moral dapat mencakup seluruh persoalan hidup. Persoalan hidup dan kehidupan manusia dapat dikategorikan ke dalam persoalan hubungan manusia dengan diri sendiri, hubungan manusia dengan manusia lain dalam lingkup sosial, hubungan manusia dengan dengan lingkungan alam, dan hubungan manusia dengan Tuhan.

Ciri-Ciri Amanat  Karya Sastra

Untuk mengetahui amanat yang terdapat dalam sebuah teks cerpen, maka kalian harus mengetahui apa saja ciri-ciri amanat. Adapun ciri-ciri amanat adalah sebagai berikut.
  • Pesan moral dalam suatu karya biasanya disampaikan pada bagian akhir cerita.
  • Amanat dapat diketahui secara jelas (eksplisit) dalam bentuk seruan, nasihat, peringatan, saran, anjuran, maupun larangan yang berhubungan dengan tema utama suatu cerita.
  • Amanat dapat disampaikan secara langsung maupun secara tersirat melalui karakter tokoh atau penokohan dalam suatu cerita.
  • Pesan moral yang disampaikan oleh pengarang bertujuan agar audiens mau melakukan sesuai dengan amanat di dalam cerita.
Bentuk Amanat Karya Sastra

Secara umum, amanat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu tersurat dan tersirat. Sedangkan jika amanat dalam cerita bisa juga disampaikan melalui percakapan, ajakan, atau imbauan secara langsung.

1. Amanat Tersurat

Amanat tersurat adalah yaitu pesan moral yang disampaikan secara langsung dan jelas oleh pengarang di dalam karyanya sehingga dapat dengan mudah di mengerti oleh pembaca melalui kalimat deskriptif jika berupa tulisan.

2. Amanat Tersirat

Amanat tersirat yaitu pesan moral yang disampaikan secara tersembunyi (implisit) oleh pengarang dan hanya bisa dimengerti oleh pembaca bila mengikuti alur cerita. Amanat tersirat ini berupa pesan yang bisa diambil dalam cerita, baik secara keseluruhan ataupun pada bagian tertentu.

Contoh Amanat Karya Sastra

1. Contoh Amanat Tersurat

Contoh amanat tersurat bisa kita lihat pada beberapa cerpen sederhana tentang pencurian. Misalnya dalam cerpen tersebut dijelaskan bahwa ada seorang ibu yang mengetahui anaknya mencuri buah milik tetangga. Kemudian ibu tersebut langsung menegur anaknya dan berkata 'jangan mencuri, mencuri adalah perbuatan yang dilarang oleh agama.'

2. Contoh Amanat Tersirat

Untuk amanat tersirat memiliki fungsi dan tujuan yang sama, hanya saja bentuknya berbeda. Amanat tersirat ini tidak disampaikan dalam bentuk kalimat langsung di dalam teks cerita. Akan tetapi, amanat tersirat ini berupa pesan yang bisa diambil dalam cerita baik secara keseluruhan ataupun pada bagian tertentu. Jadi, pembaca akan tahu setelah memahami alur cerita tersebut.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang pengertian, ciri-ciri, bentuk, dan contoh amanat dalam sebuah karya sastra. Semoga apa yang admin bagikan ini bermanfaat buat kemajuan dan perkembangan belajar anak didik dalam memahami pengertian, ciri-ciri, bentuk, dan contoh amanat dalam sebuah karya sastra. Selamat belajar, semoga bermanfaat, dan terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian, Ciri-Ciri, Bentuk, dan Contoh Amanat dalam Karya Sastra

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /