Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contoh Slogan | Bahasa Indonesia SMP 2019


Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com_ Slogan merupakan sebuah kalimat singkat yang menarik, mencolok, dan mudah ingat ketika seseorang membaca atau mendengarnya. Meskipun memiliki kalimat singkat, slogan memiliki makna yang sangat luas. Teks slogan adalah moto yang dipakai dalam berbagai konteks, baik konteks komersial, agama, politik, pendidikan, lingkungan hidup, maupun kesehatan. Slogan bertujuan untuk menyampaikan informasi dan memengaruhi pandangan serta pendapat orang terhadap informasi tersebut. Slogan biasanya dipasang di ruangan, tempat umum, atau tempat strategis.

Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contoh Slogan | Bahasa Indonesia SMP 2019
www.ilmubindo.com

Dalam pembuatan slogan sendiri hanya terdiri dari beberapa kata saja sehingga akan sangat mudah untuk diingat oleh banyak orang. Tidak hanya itu, penggunaan kata di dalam slogan juga harus tepat dan efektif. Pada umumnya slogan dibuat untuk mengajak siapapun melakukan sesuatu. Seperti membeli suatu produk, mentaati suatu aturan dan yang lainnya. Akan tetapi secara umum fungsi slogan yaitu untuk mengajak seseorang untuk melalukan sesuatu.

Ciri-Ciri Slogan

Ciri-ciri slogan adalah sebagai berikut
1. kalimat menarik
2. kelimat pendek
3. kalimat mudah dipahami
4. kalimat menjelaskan visi, misi, dan tujuan
5. kalimat bersifat persuasif, singkat, dan jelas

Dari beberapa contoh slogan yang sering kalian jumpai di sekitar tempat tinggal kalian., tentu terdapat ciri khusus yang menjadi tanda bahwa kalimat tersebut adalah slogan. Salah satu ciri slogan adalah terdiri dari beberapa kata saja namun dengan kalimat yang menarik, sehingga dapat diingat oleh siapapun yang mendengar maupun membacanya.

Ciri slogan yang lain adalah dapat menjelaskan tentang suatu hal mulai produk hingga layananan masyarakat. Ciri-ciri slogan yang lain juga adalah sebagai semboyan sebuah organisasi atau masyarakat.

Contoh Slogan

1. Slogan Kebersihan

Slogan merupakan ekspresi yang disampaikan dengan menuangkan gagasan yang bertujuan untuk menjelaskan kepada semua orang. Slogan kebersihan sendiri sering kita temukan di beberapa tempat, mulai dari sekolah, lingkungan umum, tempat wisata, dan masih banyak lainnya. Berikut ini beberapa contoh slogan kebersihan yang perlu kita tahu.
a. Bersihkan Hatimu, Bersihkan Lingkunganmu
b. Buanglah Sampah pada Tempatnya
c. Lingkungan Bersih, Penyakit Jauh
d. Kebersihan adalah Sebagian dari Iman
e. Anda Beriman, Jagalah Kebersihan

2. Slogan Narkoba

Kita sering melhat slogan mengenai narkoba di tempat-tempat umum yang ramai. Di mana slogan tersebut bertujuan untuk menyadarkan masyarakat dan pengguna bahwa narkoba tidak baik. Berikut ini beberapa contoh slogan mengenai narkoba yang dapat dijadikan pelajaran.
a. Say No To Drugs
b. Nikmatnya Sesaat, Nyeselnya Hingga Akhirat
c. Jauhi Narkoba Sebelum Dunia Menjauhimu
d. Narkoba Merusak Masa Depanmu

3. Slogan Agama

Slogan agama merupakan slogan yang menjadi ungkapan positif yang dijadikan sebagai pegangan hidup seseorang. Slogan ini akan memberikan energi positif serta manfaat untuk semua orang. Berikut ini beberapa contoh slogan agama.
a. Hisablah Dirimu Sendiri Sebelum Kau Dihisap
b. Belajarlah Cara Terbang ketika Kau Didorong ke Tebing
c. Menyia-nyiakan Waktu Lebih Buruk dari Kematian
d. Sabar Buka Tentang Lama Menunggu, tetapi Bagaimana Perilaku saat Menunggu
e. Dunia Ibarat Bayangan
f. Ilmu Tanpa Agama Buta, Agama Tanpa Ilmu Lumpuh

4. Slogan Kesehatan

Kesehatan memang mahal harganya. Saat banyak sekali orang-orang yang mengalami gangguan kesehatan. Bahkan kondisi ini tidak mengingat umur. Berikut ini beberapa kalimat slogan yang bisa kalian simak.
a. Sehat Dimulai dari Diri Sendiri
b. Sehat Itu Mahal
c. Apa Gunanya Kekayaan Tanpa Kesehatan
d. Hidup Sehat, Hidup Nikmat
e. Bakar Lemakmu Bukan Uangmu

5. Slogan Motivasi

Slogan motivasi merupakan suatu kalimat atau motor yang berisi kata-kata penyemangat atau motivasi. Di mana slogan ini ditujukan kepada semua orang. Ada banyak sekali contoh slogan motivasi, mari kita simak berikut ini.
a. Rumah Tanpa Buku Seperti Rumah Tanpa Jendela
b. Jutaan Langkah Bermula dari Satu Langkah
c. Sekarang adalah Pembaca, Besok adalah Pemimpin
d. Bergeraklah atau Kau akan Tergantikan

6. Slogan Pendidikan

Slogan pendidikan yang bertema pendidikan sering kita jumpai dilingkungan sekolah dan dalam kelas. Pada umumnya slogan tersebut bertujuan untuk memberikan semangat, motivasi dan dukungan kepada pelajar. Di bawah ini beberapa contoh slogan pendidikan dan penjelasannya.
a. Pendidikan Bermutu, Bangsa Maju
b. Gantunglah Cita-Citamu Setinggi Bintang di Langit
c. Tiada Hari Tanpa Prestasi
d. Buku adalah Jendela Dunia
e. Kegagalan adalah Keberhasilan yang Tertunda
f. Ayo Belajar, Pintar Itu Keren
g. Pendidikan adalah Kekuatan
h. Pendidikan adalah Pintu Menuju Masa Depan

7. Slogan Lingkungan Hidup

Contoh slogan lingkungan biasa kira temukan di tempat-tempat umum seperti taman kota, alun-alun, jalan raya dan tempat tempat ramai lainnya. Slogan mengenai lingkungan dibuat untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan di sekitar kita. Berikut ini beberapa slogan lingkungan beserta maknanya.
a. Selamatkan Bumi Kita dari Pemanasan Global
b. Satu Orang Satu Pohon
c. Bumiku, Rumahku
d. BISA! Bersih Hijau Sehat Aman!
e. Reduce, Reuse, Recycle
f. Save The Earth
Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang pengertian, ciri-ciri, dan contoh slogan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan ini bermanfaat buat kemajuan belajar anak didik di sekolah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contoh Slogan | Bahasa Indonesia SMP 2019

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /