Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contoh Resolusi Struktur Teks Cerpen


Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pengertian, ciri-ciri, dan contoh resolusi dalam struktur teks cerpen. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang pengertian, ciri-ciri, dan contoh resolusi dalam struktur teks cerpen. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi kemajuan dan perkembangan belajar anak didik dalam memahami pengertian, ciri-ciri, dan contoh resolusi dalam struktur teks cerpen.

Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contoh Resolusi Struktur Teks Cerpen
www.ilmubindo.com

Pengertian Resolusi

Resolusi adalah bagian terakhir dalam struktur teks cerpen. Resolusi adalah bagian pemecahan masalah atas konflik yang ada dalam cerita.

Ciri-Ciri Resolusi

Adapun ciri-ciri resolusi adalah sebagai berikut
  1. Bagian terakhir dalam struktur teks cerpen.
  2. Berisi pemecahan masalah 
  3. Berisi akhir cerita dalam sebuah teks cerpen
  4. Mengungkapkan solusi dari berbagai konflik dialami tokoh
Contoh Resolusi 

Resolusi 1

"Ayo, kita pulang, Man," ucap ayah lirih setelah menyaksikan bocah-bocah itu berebut rebusan pisang yang uapnya masih mengepul-ngepul.

Aku mengikuti langkah ayah tanpa berkata-kata. Aku tahu, perasaan ayah sangat tersentuh oleh pemandangan yang mengharukan tadi. Sementara itu hatiku lega karena tidak jadi menyaksikan ayah menghajar si pencuri pisang.

Sore itu juga, ayah kembali mengajakku ke gubuk itu. Tapi ayah tidak lagi membawa senjata tajam. Kali ini wajahnya tampak cerah berhias senyum sambil membawa hampir setengah karung beras. Saat itu aku senang karena dapat membantu ayah membawakan beberapa botol minyak goreng dan ikan kering untuk diberikan kepada keluarga yang malang itu.

Resolusi 2

"Maafkan aku, Nek. Aku telah menyusahkan Nenek," ujarku meminta maaf. Ternyata Nenek tidak marah. Ia malah tertawa geli saat mengetahui bila aku tidur di dahan pohon jeruk.

"Hamzah ... Hamzah ...! Kamu ini memang anak nakal. Tahu kalau nenek kebingungan, eh kamu malah enak-enakan tidur di dahan pohon. Dasar anak bandel!" ujar Nenek dengan senyum tertahan.

Semua itu telah menjadi kenangan yang sulit kulupakan sepanjang hidup. Lama sekali aku menatap tanah bekas pohon jeruk yang dulu berdiri tegak di belakang rumah kami. Perlahan-lahan, aku melangkah meninggalkan kawasan tanah pekuburan, tempat istirahat panjang almarhum kakek, ayah, dan ibuku. Aku masuk ke mobil BMW yang kuparkir di sisi jalan kecil. Sekilas aku teringat saat bermain mobil-mobilan dari kulit jeruk sekian puluh tahun silam.

Mobil kujalankan perlahan-lahan melintasi desa kelahiran yang menyimpan sejuta kenangan. Dalam benakku terlintas sebuah niat untuk menanami lahan kosong di belakang rumah. Aku ingin menanaminya dengan bibit-bibit jeruk unggul sebagai ungkapan rasa sayang dan hormatku kepada almarhumah nenek.

Resolusi 3

"Oh itu. Kamu salah sangka, Roly. Sebetulnya, sebelum kamu tinggal di sini, anak monyet itu sudah kuberi nama Roly. Jadi, sama sekali tidak ada hubungannya dengan namamu. Kamu tidak berhak marah kepada kami," jawab Basri beralasan. Teman-teman lain yang mendengar jawaban Basri tampak tersenyum-senyum. 

Roly terdiam. Ia tampak tersipu malu. Sementara itu beberapa anak perempuan ikut tersenyum melihat keributan kecil di halaman rumah Amalia. Roly segera bertindak. Dengan wajah agak pucat, ia cepat-cepat mengajak Basri dan teman-temannya keluar halaman untuk menjauhi anak-anak perempuan. Tentu ia akan bertambah malu jika mereka tahu bahwa di desa ini namanya tidak lebih dari nama seekor anak monyet.

"Maafkan kesalahanku selama ini, teman-teman. Mulai sekarang, kita bersahabat. Aku berjanji tidak akan memberi gelar yang jelek-jelek kepada kalian. Tapi, monyet itu jangan dipanggil Roly lagi," ucap Roly malu.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang pengertian, ciri-ciri, dan contoh resolusi dalam struktur teks cerpen. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami pengertian, ciri-ciri, dan contoh resolusi dalam struktur teks cerpen. Selamat belajar, semoga bermanfaat, dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contoh Resolusi Struktur Teks Cerpen

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /