Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis-Jenis, dan Contoh Teks Deskripsi | Bahasa Indonesia SMP K13


Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan pengertian.ciri-ciri, jenis-jenis, dan contoh teks deskripsi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang teks deskripsi di kelas 7. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan anak didik di sekolah. Selamat belajar, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis-Jenis, dan Contoh Teks Deskripsi | Bahasa Indonesia SMP K13
www.ilmubindo.com

Teks deskripsi adalah usaha penulis memindahkan kesan, memindahkan hasil pengamatan dan perasaan kepada pembaca. Sasaran yang ingin dicapai penulis deksripsi adalah menciptakan daya khayal (imaji) pembaca. Teks deskripsi adalah teks yang menggambarkan suatu peristiwa atau objek tentang pengalaman penglihatan, pendengaran, penciuman, dan perasaan. Dengan pengalaman indranya tersebut, seorang penulis akan menuangkan objek yang dilihat, didengar, dicium, dan dirasanya ke dalam kelimat demi kalimat.

Ciri-Ciri Teks Deskripsi

Sebuah teks deskripsi dibuat untuk mendeskripsikan objek tertentu baik orang, tempat, atau benda. Teks deskripsi tersebut memiliki ciri-ciri yang membedakan dengan teks yang lain, sebagai berikut.
  1. Menggambarkan atau melukiskan sesuatu
  2. Melibatkan kesan indera sehingga gambaran objek menjadi jelas.
  3. Membuat pembaca atau pendengar merasakan sendiri atau mengalami sendiri, atau mengalami sendiri objek yang diamati penulis.
  4. Menjelaskan ciri-ciri objek secara terperinci, seperti warna, bentuk, dan keadaan suatu objek.
Jenis-Jenis Teks Deskripsi

Berdasarkan cara mendesrkripsikan objek, teks deskripsi dibagi menjadi dua, yaitu eksplanatori dan sugesti. Deskripsi eksplanatori menekankan subjek atau sesuai dengan fakta, misalhnya tempat, orang, benda, suasana, peristiwa, dan keadaan. Deskripsi sugesti mendasar sifat subjek atau kesan yang muncul, misalnya orang itu galak, gembira, dan sedih.

1. Deskripsi Eksplanatori

Deskripsi eksplanatori ditulis berdasarkan fakta yang dilihat langsung oleh penulis. Deskripsi eksplanatori menghindari segala sesuatu yang bersifat subjektif atau imajinatif.

Contoh Teks Deskripsi Eksplanatori

Contoh:
Rumahku Istanaku 

Saya merupakan putri dari Kota Batu, tepatnya di jalan Sarimun No. 43 Desa Beji Kecematan Junrejo, Batu di mana rumahku berdiri kokoh yang dihiasi dengan keluarga yang sederhana namun bahagia.

Tampilan depan rumah yang sederhana tidak mencolok seperti rumah-rumah kebanyakan. Hanya saja tembok rumahku  yang berwarna orange dan memiliki teras yang berwarna merah yang membedakan rumahku dengan rumah yang lainnya. Tampak pot-pot bunga yang berjejer rapi di depan rumah dan kandang burung besar yang terdapat di pojok rumahku.

Lantai satu rumahku terdapat ruang tamu, ruang tengah, 2 kamar, sebuah ruang keluarga, dan dapur bersih. Dan lantai 2 rumahku terdapat 1 kamar dan balkon kecil. Dapur kotor, kamar mandi, dan tempat membuat tempe ayahku terdapat di dalam rumah bagian belakang. Dan belakang luar rumah terdapat kandang sapi.

2. Deskripsi Sugesti

Deskripsi sugesti ditulis berdasarkan kesan yang muncul. Contoh kesan yang muncul terlihat dari ekspresi wajah, gerak-gerik, dan gaya bicara. Deskripsi sugesti bersifat imajinasi, muncul dari penafsiran penulisnya.

Contoh:

Ibuku

Ibuku adalah seorang yang sangat cantik. Tingginya sekitar 165 cm, ibuku memiliki rambut keriting yang berwarna hitam dan berkilau. Dia juga memiliki hidung yang mancung dan sebuah lesung pipi yang membuatnya cantik. Matanya berwarna cokelat seperti mataku. Ibuku memiliki warna kulit coklat muda seperti kebanyakan wanita-wanita Indonesia pada umumnya. Bibir merah dan gigi putihnya memberikan perpaduan sebuah senyuman yang sangat indah. Ibuku tidaklah gemuk dan juga kurus. Menurutku berat badannya cukup proposional. Berat badannya sekitar 55 kg.

Dia adalah orang yang sangat baik, ramah, dan sabar. Ibuku sangat mencintai keluarganya. Dia merupakan seorang ibu yang terbaik di dunia ini. Dia menjalani perannya sebagai ibu rumah tangga dengan baik dan tidak pernah melupakan tanggung jawabnya sebagai seorang ibu. Meskipun dia sangat sibuk bekerja, dia tidak pernah melupakan keluarganya. Ibuku sangat mencintai kebersihan. Dia selalu menjaga rumahnya agar tetap bersih dan sehat. Selain sebagai ibu yang baik, ibuku merupakan chef terhebat yang pernah ada. Dia sangat pintar membuat masakan yang enak. Aku sangat menyukai masakannya terutama ayam goreng buatannya.

Ibuku juga sangat baik dengan orang lain. Dia senang membantu teman dan tetangga kami yang sedang kesusahan. Karena dia memiliki jiwa sosial yang sangat tinggi. Ibuku selalu merasa kasihan melihat orang yang sedang mendapat musibah. Ibuku sangat disiplin dan keras mengenai agama. Dia sangat rajin beribadah dan selalu mengingatkan kami untuk terus beribadah. Banyak hal yang tak bisa aku ungkapkan tentang ibuku karena menurutku ibuku adalah ibu yang sempurna biat diriku dan keluargaku. Aku berharap bisa menemukan seorang ibu seperti dia untuk anak-anakku kelak.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang pengertian, ciri-ciri, jenis-jenis, dan contoh teks deksripsi. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan anak didik di sekolah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis-Jenis, dan Contoh Teks Deskripsi | Bahasa Indonesia SMP K13

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /