Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Pengertian, Ciri, Jenis, dan Contoh Kalimat Aktif dalam Teks Pidato Persuasif


Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan tentang pengertian, jenis, dan ciri kalimat aktif dalam teks pidato persuasif. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang kalimat aktif dalam teks pidato. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan anak didik di sekolah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Pengertian, Ciri, Jenis, dan Contoh Kalimat Aktif dalam Teks Pidato Persuasif
www.ilmubindo.com

1. Pengertian Kalimat Aktif

Kalimat aktif adalah kalimat yang subjeknya melakukan sesuatu (pekerjaan). Pengertian kalimat aktif adalah sebuah kalimat yang subjeknya (S) melakukan tindakan yang diungkapkan melalui predikat (P) terhadap objeknya (O).

2. Ciri-Ciri Kalimat Aktif

Kalimat aktif memiliki ciri-ciri sebagai berikut
  1. Subjek kalimat melakukan tindakan langsung terhadap objeknya.
  2. Predikatnya selalu diawali dengan kata berimbuhan me-, atau ber pada predikatnya
  3. Beberapa kalimat aktif membutuhkan objek
  4. Jika mendapat predikat subjek ditambah keterangan, maka tidak membutuhkan objek.
  5. Polanya selalu S→P→0→K atau S→P→K.
3. Jenis-Jenis Kalimat Aktif

Jenis-jenis kalimat aktif adalah sebagai berikut

a. Kalimat Aktif Transitif

Kalimat aktif transistif adalah kalimat aktif yang predikatanya tidak memerlukan objek untuk dikenai tindakan. Biasanya kalimat aktif transitif kata kerjanya memiliki imbuhan me-, meny-, atau meng-.

Contoh:

1) Saya menendang bola
2) Dia memanjat pohon
3) Kamu mengguntin kertas
4) Mereka melempar batu
5) Agus menyanyikan lagu Indonesia Raya
6) Cinta yang menyatukan mereka berdua
7) Jarak tak akan pernah menghalangi cinta mereka
8) Saya sangat mengagumi kerendahan hati Anda
9) Ayah membeli daging

b. Kalimat Aktif Intransitif

Kalimat intransitif adalah kalimat aktif yang predikatnya tidak memerlukan objek. Namun, biasnya kalimat ini diikuti dengan pelengkap atau keterangan. Predikat dalam kalimat aktif intransitif biasanya kata yang mendapat imbuhan ber-, dan ter-.

Contoh:

1) Dia tidur
2) Maya berenang
3) Saya bernyanyi
4) Kalian berlari
5) Kami sedang bermain
6) Adik menangis
7) Umar bertengkar
8) Clara paling tercantik di kelasnya
9) Saya berdua dengan ibu ke pasar

4. Contoh Teks Pidato Persuasif

Assalamualaikum Wr. Wb.
Yang saya hormati Bapak Ni Wayan Selaku guru Bahasa Indonesia.
Dan tak lupa teman-temanku semua yang saya sayangi.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur sebanyak-banyaknya kepada Allah SWT atas rahmat-Nya kepada kita semua. Karena berkat rahmat-Nya kita bisa berkumpul pada pagi hari ini dalam keadaan sehat tanpa halangan apapun. Tak lupa shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi akhir jaman Nabi Muhammad SAW dan syafaatnya yang akan kita dapat di yaumul kiyamah nanti. Amin.

Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan pidato singkat tentang pergaulan bebas. Di era modern dan serba teknologi canggih ini banyak sekali remaja yang terjerumus kedalam pergaulan bebas.

Yang dinamakan pergaulan bebas yaitu pergaulan yang berlebihan dan pergaulan yang sudah menyalahi norma-norma agama yang ada di masyarakat. Pergaulan bebas ini seperti merokok, mabuk-mabukan, balapan liar, atau bahkan hamil diluar nikah.

Terdapat banyak faktor penyebab pergaulan bebas, yang menjadi penyebab terbesarnya yaitu didipengaruhi oleh teman yang perilakunya kurang baik. Kurangnya kesadaran anak bisa akibat adanya pergaulan bebas.

Selain itu, pergaulan bebas ini juga karena kurangnya pengawasan dan perhatian dari orang tua sehingga anak tersebut mencari perhatian diluar lingkungan keluarga. Bahkan, adanya aturan orang tua yang terlalu mengekang dan kurangnya pendidikan agama yang ditanamkan oleh orang tua kepada anak juga sebagai penyebab pergaulan bebas.

Jadi, pergaulan bebas adalah apapun perbuatan yang tidak terpuji dan bisa merugikan diri sendiri. Maka dari itu, memperdalam ilmu agama agar tidak terjerumus adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Semoga pidato yang saya sampaikan pada kesempatan kali ini bermanfaat untuk Anda semua.

Sekian pidato dari saya, apabila ada kesalahan kata yang kurang berkenan di hati Anda semua, saya mohon maaf.

Wassalamulaikum Wr. Wb.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang pengertian, ciri-ciri, jenis-jenis, dan contoh kalimat aktif dalam teks pidato persuasif. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan belajar anak didik di sekolah, khususnya materi teks pidato (kalimat aktif). Semoga bermanfaat dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian, Ciri, Jenis, dan Contoh Kalimat Aktif dalam Teks Pidato Persuasif

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /