Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Pengertian dan Fungsi Rapat dalam Teks Diskusi | Bahasa Indonesia Kelas 9 (Revisi)



ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan tentang pengertian rapat lengkap dengan contohnya dalam teks diskusi. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan belajar anak didik dalam memahami pengertian rapat lengkap dengan contohnya dalam teks diskusi. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang pengertian rapat lengkap dengan contohnya dalam teks diskusi.

Pengertian dan Fungsi Rapat dalam Teks Diskusi | Bahasa Indonesia Kelas 9 (Revisi)
www.ilmubindo.com

Pengertian Rapat

Rapat adalah komunikasi timbal balik dengan sarana bahasa antara dua orang atau lebih untuk memperdalam permasalahan suatu masalah agar dapat mencapai kesepahaman dan memutuskan pengambilan langkah tertentu dalam rangka suatu kerja sama tetap. Bahan pembicaraan dapat berupa baik pengupasan suatu bagian masalah dalam kerja sama, penilaian atas pelaksanaan kerja sama, maupun penyusunan rencana kerja. 

Rapat merupakan suatu bentuk media komunikasi yang bersifat tatap muka yang sering diselenggarakan oleh banyak organisasi, baik swasta maupun pemerintah. Rapat alat untuk mendapatkan mufakat, melalui musyawarah kelompok. Rapat juga merupakan media pengambilan keputusan secara musyawarah untuk mufakat.

Fungsi Rapat

Di bawah ini beberapa fungsi rapat dalam teks diskusi. Adapun fungsi rapat tersebut adalah sebagai berikut.
  1. Sarana berkonsultasi
  2. Sumbang saran
  3. Dengar pendapat dan meminta pertanggung jawaban
  4. Ketentuan umum
  5. Sarana bernegosiasi
  6. Forum siraturahmi
  7. Untuk memecahkan suatu masalah
  8. Untuk menyampaikan informasi
  9. Membuat peserta rapat berpartisipasi pada masalah yang dikemukakan
  10. Sebagai alat koordinasi yang baik antara peserta dan perusahaan
Tujuan Rapat

Berikut ini adalah beberapa tujuan rapat dalam teks diskusi bahasa Indonesia kelas 9. Adapun tujuan rapat adalah sebagai berikut.
  1. Mengambil keputusan sesuai dengan kewenangannya dari orang-orang yang terlibat di dalamnya.
  2. Memberi motivasi dan semangat kerja kepada para anggotanya melalui rapat
  3. Menyampaikan masalah, keadaan tertentu, komplain, dan lain-lain yang tidak bisa dilakukan secara terbuka selain melalui rapat.
  4. Menjalin kerja sama di antara anggota untuk membentuk suatu sikap yang diingikan, karena  jika tidak diadakan rapat maka kemungkinan anggota hanya akan memikirkan bagian pekerjaannya sendiri dan tidak memikirkan bagian lainnya.
  5. Melibatkan beberapa orang yang memiliki kemampuan tertentu untuk memecahkan masalah yang dihadapi,sehingga masalah diharapkan dapat segera diatasi.
  6. Mendapatkan masukan dari para anggota bila ada masalah yang berat dan membutuhkan masukan dari semua anggota. Misalnya masalah mengenai penurunan gaji pegawai.
  7. Menyampaikan satu atau beberapa informasi, hal ini dilakukan dengan maksud jika penyampaian informasi tidak dilakukan secara langsung melalui rapat, maka dikhwatirkan akan menimbulkan salah persepsi bagi pengawai atau karyawannya.
Contoh Teks Diskusi
Berikut ini adalah beberapa contoh teks diskusi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Adapun contoh-contoh teks diskusi tersebut adalah sebagai berikut.

Contoh Teks Diskusi 1

Apakah Minum Teh Baik atau Buruk

Tak jauh berbeda dengan kopi, kebiasaan minum teh sudah dilakukan dari dulu. Bahkan menjadi bagian dari tradisi. Biasanya teh disajikan ketika ada kunjungan tamun pertemuan atau bagi dari sarapan pagi dan bersantai di malam hari.

Teh diperkenalkan sejak 5000 tahun lalu bahwa minuman ini berkhasiat bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Tanaman teh berasal asli dari Asia Tenggara. Aroma dan rasanya yang khas menjadikan minuman ini sangat digemari oleh semua golongan masyarakat. Meskipun banyak manfaat  dari memimum teh, tetapi kebiasaan teh secara berlebihan bisa menimbulkan kerugian. 

Terdapat beberapa kandungan aktif dalam teh sehingga menjadi bermanfaat bagi kesehatan, seperti polyphenols (10-25%) yang berfungsi sebagai antioksidan untuk mencegah berkembangnya  sel kanker, vitamin C (150-250 mg%) dan vitamin E (25-70 mg%) yang dapat membantu untuk memperkuat daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan jantung. B-carotene (13-20%), caffein (45-50 mg%), dan fluor (0,1-4,2 mg/L) yang berfungsi membantu dalam mencegah tumbuhnya karies pada gigi serta memperkuat gigi.

Tetapi di balik manfaatnya yang banyak tersebut, kebiasaan minum teh yang tidak wajar memunyai pengaruh yang tidak baik untuk kesehatan. Karena caffein yang terdapat di teh bisa menyebabkan proses penyerapan makanan menjadi terhambat.

Selain itu caffein memiliki sifat ketergantungan sehingga tubuh akan terasa tidak fit jika tidak mengonsumsinya. Nah pada ibu menyusui, kaffein memengaruhi kelenjar ASI sehingga menghambat kelancaran dan ketersediaan ASI. Zat caffein pada bayi zat ini dapat mengakibatkan usus bayi menjadi kejang. Kandungan mineral dalam teh juga memunyai kecenderungan membantu terbentuknya batu ginjal.

Jika kalian ingin mengonsumsi teh yang sehat, disarankan untuk mengonsumsi sebanyak 5 cangkir ukuran 200 ml setiap hari. Karena jumlah tersebut masih batas normal kadar kaffein yang bisa dikonsumsi yaitu antara 750 mg/hari. Usahakan juga seduh teh dengan air yang tidak terlalu banyak dan tidak ditambahkan gula mencegah rusaknya zat-zat yang dikandung dan hilangnya manfaat teh.

Dalam kehidupan sehari-hari, hindari minum teh saat perut kosong karena bisa meningkatkan produksi asam lambung sehingga berpengaruh pada pencernaan.


Contoh Teks Diskusi 2
Narkoba
Bahaya buruk narkoba tentunya sudah banyak diketahui masyarakat. Tetapi sampai kini masih ditemukan penyalahgunaan narkoba. Narkoba adalah narkotika dan obat-obatan berbahaya, merupakan zat adiktif atau psikotropika yang dapat memberi efek candu/ketagihan pada pengkonsumsinya serta menimbulkan dampak buruk pada kesehatan tubuh bila digunakan terus-menerus dalam dosis yang sangat banyak.

Contoh bahaya yang disebabkan oleh narkoba dan banyaknya bukti antara lain sebagai berikut:
  1. Mengganggu kinerja jantung 
  2. Gangguan pembuluh darah dan menyebabkan tekanan darah meningkat
  3. Kerusakan otak
  4. Gangguan pada paru-paru
  5. Gangguan fungsi reproduksi
  6. Turunnya nafsu makan hingga akhirnya mengurangi berat badan
  7. Sering mual dan muntah-muntah
  8. AIDS
Tetapi narkoba tidak sepenuhnya buruk jika digunakan dengan benar. Zat-zat psikotropika ini sebenarnya masih digunakan dalam dunia kedokteran.

Misalnya untuk melakukan bius pada pasien maupun yang ada dalam suatu obat khusus. Tetapi dosis yang sangat kecil sehingga tidak menimbulkan bahanya

Ketika kita sudah mengetahui bahaya-bahaya yang disebakan oleh narkoba, bijaknya kita menghindari penyalahgunaan narkoba dan kita perlu lebih berhati-hati karena pergaulan zaman sekarang yang semakin bebas.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang pengertian rapat lengkap dengan contohnya dalam teks diskusi. Semoga apa yang admin bagikan ini bermanfaat buat kemajuan belajar anak didik dalam memahami pengertian rapat lengkap dengan contohnya dalam teks diskusi. Selamat belajar dan semoga sukses. Terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian dan Fungsi Rapat dalam Teks Diskusi | Bahasa Indonesia Kelas 9 (Revisi)

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /