Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Pengertian Dialog Interaktif dalam Teks Diskusi | Bahasa Indonesia Kelas 9 (Revisi)



ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang dialog interaktif dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas 9. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam memahami tentang dialog interaktif dalam pembelajaran bahasa Indonesia Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami dialog interaktif dalam pembelajaran bahasa Indonesia

Pengertian Dialog Interaktif dalam Teks Diskusi | Bahasa Indonesia Kelas 9 (Revisi)
www.ilmubindo.com

Pengertian Dialog Interaktif

Dialog interaktif merupakan percakapan yang melibatkan pemirsa atau pendengar dengan narasumber atau pembicara. Narasumber dalam dialog interaktif bisa lebih dari satu. Adanya beberapa narasumber ini bertujuan menjaga keseimbangan informasi yang disajikan. Pemirsa atau pendengar berperan untuk ikut menanggapi atau menanyakan seputar isi pembicaraan dalam dialog interaktif tersebut.

Dialog interaktif adalah agenda diskusi yang membahas sebuah topik yang sedang hangat dibicarakan oleh masyarakat, hal ini dilakukan dengan mengundang orang yang ahli (pakar) dalam topik tersebut sebagai narasumber.

Biasanya dialog interaktif dilakukan di televisi, radio, maupun forum umum, sekaligus melibatkan para pendengar untuk menanggapi isi pembicaraan dialog yang sedang di bahas.

Hal Penting dalam Dialog Interaktif

Ada beberap hal yang diperhatikan ketika kita sedang mengikuti atau menyimak dialog interaktif agar kita tidak terlewatkan dari hal-hal penting yang sedang di bahas. Adapun hal penting tersebut adalah sebagai berikut.
  1. Tema Dialog Interaktif, kalian harus mengetahui topik apa yang sedang di bahas dalam dialog interaktif tersebut.
  2. Narasumber, narasumber yang menyampaikan topik harus memang benar-benar ahlinya. 
  3. Pendapat narasumber, kita harus memerhatikan, perhatikan apakah pendapat narasumber berdasarkan data dan fakta.
  4. Kesimpulan dialog, hal-hal penting yang ada dalam dialog interaktif tersebut.
Cara Menyusun Dialog Interaktif

Di bawah ini adalah beberapa cara yang dapat kalian lakukan dalam menyusun dialog interaktif. Adapun cara atau langkah-langkah tersebut adalah sebagai berikut.
  1. Menentukan tema tentang apa yang akan dibicarakan
  2. Menentukan tokok yang ikut terlibat di dalam dialog tersebut
  3. Menentukan posisi atau peran masing-masing tokoh
  4. Membuat inti atau garis besar materi tentang pembicaraan
  5. Menyusun dialog berdasarkan garis besar dari pembicaraan
  6. Memperlihatkan kaidah dari penulisan dialog dengan benar
Syarat-Syarat Dialog Interaktif

Agar dialog mendatangkan hasil yang diinginkan maka harus memenuhi syarat-syarat seperti berikut ini.
  1. Mengerti dengan benar makna, maksud, dan tujuan dari dialog dan juga harus memiliki kecakapan untuk melaksanakan dialog
  2. Memiliki pengetahuan maupun pendidikan mengenai topik yang akan dijadikan sebagai bahan dialog
  3. Memiliki kehendak yang baik untuk mencari kebenaran dalam dialog, karena itu dalam mendengarkan dialog sebaiknya harus bersikap terbuka, tidak prasangka dan tidak memihak
  4. Menciptakan suasana yang damai dan tenang, jauh dari emosi dan rasa paling hebat. Harus dapat menyampaikan gagasan dengan baik, jelas, dan boleh juga dengan semangat akan tetapi dengan nada yang enak dan bijak tidak dengan nada yang sedang emosi.
  5. Dalam keseluruhan dialog harus bersikap jujur, tidak menipulatif, tulus dan tidak mencari-cari kelemahan dan juga harus percaya bahwa berbagai hal yang dibahas didalam dialog tidak dimanfaatkan diluar dialog untuk tujuan lain demi keuntungan diri sendiri atau kelompok.
  6. Dialog digunakan sebagai cara untuk langsung membahas suatu hal ataupun sebagai pendahuluan untuk pembahasan materi yang memang berat dan sulit. Adapun hal-hal dijadikan sebagai bahan untuk dialog diantaranya meliputi berbagai macam bidang kehidupan, seperti , sosial, moral, ekonomi, budaya, etika, agama, politik, dan lain-lain.
Unsur-Unsur Dialog Interaktif

Sama halnya dengan sebuah teks berita, dialog interaktif juga memunyai unsur-unsur pembangun, yakni 5W + 1H. Tentunya kalian sudah paham betul tentang apa yang dimaksud dengan 5W + 1H. Untuk lebih jelasnya silakan kalian simak penjelasannya di bawah ini.
  1. What: Apa yang sedang dibicarakan?
  2. Who: Siapa yang terlibat dalam pembicaraan itu?
  3. When: Kapan dialog tersebut dilaksanakan?
  4. Where: Di mana dialog tersebut dilaksanakan?
  5. Why: Mengapa dialog tersebut diadakan?
  6. How: Bagaimana jalan dan hasil dialog tersebut?
Cara Menyimpulkan Dialog Interaktif

Sebuah dialog interaktif pasti memunyai kesimpulan yang bisa diambil pelajarannya oleh para pendengar. Walaupun biasanya kesimpulan tersebut dibacakan oleh moderator, namun kita juga harus menyimpulkannya sendiri, sebab bisa jadi apa yang kita dapat berbeda dengan orang lain dapatkan. Berikut ini adalah cara menyimpulkan dialog interaktif.
  1. Perhatikan dialog interaktif tersebut. Jangan sampai fokus kita teralihkan dengan suatu hal yang tidak penting. Sebab, maka kita akan kehilangan informasi utuhnya.
  2. Ingatlah selalu 5W + 1H. Kita tidak perlu mengikuti apa yang disampaikan oleh pembicara dan moderator kata demi kata, namun ingatlah konsep 5W + 1H di dalam otak kita. Cermati dengan tepat apa yang mereka bahas, siapa yang terlibat, kapan berlangsungnya peristiwa, di mana tempat peristiwa, mengapa, dan bagaimana prosesnya. Apabila kita sudah menemukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan ini, maka kita sudah memunyai kesimpulan dialog interaktif tersebut.
  3. Yang terakhir ini yaitu mencatat jawaban dari 5W + 1H mencatat jawaban dari 5W + 1H tersebut. Tidak harus mencatatnya dengan kalimat yang utuh. Catat saja point-point pentingnya yang dapat dikembangkan menjadi satu paragraf nantinya.
Cara Mendapatkan Informasi Dialog Interaktif

Berikut ini beberapa cara mendapatkan informasi dari dialog interatif. Adapun cara untuk mendapatkan informasi dalam dialog interaktif adalah sebagai berikut.
  1. Menyimak dengan cermat dialog secara utuh
  2. Mengarahkan perhatian pada berbagai pendapat yang dikemukakan oleh setiap narasumber, pemirsa, atau pendengarnya. Hal ini dimaksudkan agar kalian dapat menangkap hal-hal penting dalam pembicaraan. Hal-hal penting dalam dialog berupa pokok-pokok informasi.
  3. Mencatat hal-hal penting dialog. Hal-hal penting tersebut meliputi topik dialog, narasumber, inti pertanyaan, dan jawaban narasumber, serta pendapat atau komentar pemirsa atau pendengar.
  4. Merangkum informasi yang ditemukan dalam dialog interaktif
  5. Membuat simpulan dari kalimat utama dalam rangkuman
  6. Melaporkan informasi secara tertulis atau lisan
Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang dialog interaktif dalam pembelajaran bahasa Indonesia Semoga apa yang admin bagikan ini bermanfaat buat kemajuan belajar anak didik dalam memahami dialog interaktif dalam pembelajaran bahasa Indonesia Selamat belajar dan semoga sukses. Terima kasih

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Dialog Interaktif dalam Teks Diskusi | Bahasa Indonesia Kelas 9 (Revisi)

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /