Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Pengertian Identifikasi dalam Teks Deskripsi dan Contoh Teks Deskripsi | Bahasa Indonesia SMP


Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pengertian dan contoh identifikasi dalam teks deskrips bahasa Indonesia kelas tujuh semester satu. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang teks deskripsi bagian identifikasi. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik di sekolah. Dan semoga kalian menjadi anak yang sukses di kemudian hari. Selamat belajar.

Pengertian Identifikasi dalam Teks Deskripsi dan Contoh Teks Deskripsi | Bahasa Indonesia SMP
www.ilmubindo.com

Berikut ini adalah pemaparan lebih jelas tentang pengertian dan contoh identifikasi dalam teks deskrips bahasa Indonesia kelas tujuh semester satu. Untuk lebih jelasnya, silakan kalian simak saja penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Identifikasi Teks Deskrisi

Identifikasi adalah bagian yang menjelasjan definis atau identitas objek yang dideskripsikan. Identifikasi harus menarik sehingga mendorong pembaca untuk menyelesaikan bacaan sampai akhir. Berikut ini bagian identifikasi dalam teks deskripsi .
  1. Pernyataan (statement) menggambarkan objek yang akan dideskripsikan.
  2. Pernyataan harus menarik dan mampu mengajak pembaca agar tertarik membaca deskripsi secara lengkap.
  3. Penggunaan kata sifat (adjektif) sangat membantu pendeskripsian objek.
Kumpulan Contoh Teks Deskripsi

Contoh 1
Kentang

Kentang termasuk ke dalam sayur-sayuran meskipun kentang tidak memiliki warna hijau seperti sayuran pada umumnya. Meskipun kentang merupakan jenis sayuran yang tidak berwarna hijau, namun kandungan nutrisi pada kentang juga penting bagi tubuh. Kentang merupakan sumber karbohidrat yang baik bagi tubuh selain nasi.


Kulit kentang berwarna kecokelatan. Biasanya pada permukaan kulit kentang terdapat bintik-bintik kecil. Sementara kentang itu sendiri berwarna kuning kecokelatan. Jika diiris atau dipotong, permukaan kentang keras tapi lembut atau masir.

Banyak makanan yang terbuat dari kentang. Kentang yang diolah dengan telur lalu digoreng disebut perkedel kentang, kentang yang diiris kemudian di goreng disebut kentang goreng, kentang yang diiris lembut kemudian dimasak dengan cabai merah dan gula disebut balado kentang.

Kentang juga digunakan sebagai sayuran di sop. Ada banyak makanan yang diolah dari kentang. Jika memakannya, selain kenyang, juga memberikan rasa yang lezat di lidah

Contoh 2
Ibuku

Ibuku adalah seorang yang sangat cantik. Tingginya sekitar 165 cm, ibuku memiliki rambut keriting yang berwarna hitam dan berkilau. Dia juga memiliki hidung yang mancung dan sebuah lesung pipi yang membuatnya cantik. Matanya berwarna cokelat seperti mataku. Ibuku memiliki warna kulit coklat muda seperti kebanyakan wanita-wanita Indonesia pada umumnya. Bibir merah dan gigi putihnya memberikan perpaduan sebuah senyuman yang sangat indah. Ibuku tidaklah gemuk dan juga kurus. Menurutku berat badannya cukup proposional. Berat badannya sekitar 55 kg.


Dia adalah orang yang sangat baik, ramah, dan sabar. Ibuku sangat mencintai keluarganya. Dia merupakan seorang ibu yang terbaik di dunia ini. Dia menjalani perannya sebagai ibu rumah tangga dengan baik dan tidak pernah melupakan tanggung jawabnya sebagai seorang ibu. Meskipun dia sangat sibuk bekerja, dia tidak pernah melupakan keluarganya. Ibuku sangat mencintai kebersihan. Dia selalu menjaga rumahnya agar tetap bersih dan sehat. Selain sebagai ibu yang baik, ibuku merupakan chef terhebat yang pernah ada. Dia sangat pintar membuat masakan yang enak. Aku sangat menyukai masakannya terutama ayam goreng buatannya.

Ibuku juga sangat baik dengan orang lain. Dia senang membantu teman dan tetangga kami yang sedang kesusahan. Karena dia memiliki jiwa sosial yang sangat tinggi. Ibuku selalu merasa kasihan melihat orang yang sedang mendapat musibah. Ibuku sangat disiplin dan keras mengenai agama. Dia sangat rajin beribadah dan selalu mengingatkan kami untuk terus beribadah. Banyak hal yang tak bisa aku ungkapkan tentang ibuku karena menurutku ibuku adalah ibu yang sempurna biat diriku dan keluargaku. Aku berharap bisa menemukan seorang ibu seperti dia untuk anak-anakku kelak.

Contoh 3
Rumah

Aku memiliki rumah yang terletak di lereng gunung dan dekat dengan sawah. Rumahku tepat berada di depan jalan untuk menuju gunung. Di sebelah kiri rumahku terdapat masjid yang cukup besar yang biasanya digunakan untuk shalat Idul Adha. Di depan rumahku terdapat halaman yang cukup luas dan biasanya digunakan untuk bermain anak-anak kecil di sekitar rumah.


Cat rumahku berwarna hijau muda dan kusennya berwarna hijau tua. Pintu rumahku juga berwarna hijau tua. Rumahku tidak terlalu besar namun cukup untuk menampung 10 orang, karena terdapat lantai 2 yang dapat dihuni.

Di lantai 2 cat dinding bagian depan berwarna orange. Sementara pada jendela, kusen, dan pintunya berwarna merah. Dari jauh rumahku sangat mencolok karena perpaduan dua warna tersebut.

Di bagian depan terdapat teras yang biasa untuk duduk santai dengan keluarga. Jika masuk pintu depan akan langsung menuju ruang tamu, dan sebelah kiri tersedia ruang lesehan dan disediakan televisi. Biasanya di sini pusat keluarga kami berkumpul.

Di ruang lesehan itu terdapat pintuk untuk masuk ke ruang tengah. Di ruang tengah ini cukup luas dan terdapat satu set meja dan kursi makan yang biasanya kami gunakan untuk makan bersama, di ruangan ini juga ada akuarium ikan.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang pengertian identifikasi lengkap dengan contohnya. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik di sekolah. Semoga berhasil dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Identifikasi dalam Teks Deskripsi dan Contoh Teks Deskripsi | Bahasa Indonesia SMP

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /