Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Pengertian Simposium dalam Teks Diskusi | Bahasa Indonesia Kelas 9 (Revisi)


Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pengertian simposium dalam teks diskusi. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam memahami pengertian simposium dalam teks diskusi. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami pengertian simposium dalam teks diskusi.

Pengertian, Ciri, Proses, Penggunaan, Kelebihan dan Kekurangan Simposium

Pengertian Simposium

Simposium adalah bagian dari diskusi panel. Dalam simposium terdapat beberapa ahli yang memiliki pandangan berbeda tentang permasalahan yang sedang dibicarakan dan disampaikan dalam diskusi tersebut. Peserta simposium terlibat aktif dalam kegiatan tersebut. Simposium adalah serangkaian pidato pendek yang dilakukan oleh seseorang di depan para peserta/pengunjung yang datang.

Kelebihan dan Kelemahan Simposium

Di bawah ini beberapa kelebihan dan kekurangan simposium dalam teks diskusi. Adapun kelebihan dan kekurangan dari simposium adalah sebagai berikut.

Kelebihan Simposium
  1. Bisa direncanakan sejak jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan
  2. Bisa mengemukakan banyak pendapat/informasi dalam waktu yang singkat
  3. Bisa digunakan pada kelompok yang kecil maupun besar
Kelemahan Simposium
  1. Membatasi pendapat dari peserta yang datang
  2. Pelaksanaannya terasa terlalu formal dan kaku, cenderung membosankan
  3. Penekanan permasalahan yang hanya pada pokok atau topik pembahasan saja
  4. Kurangnya interaksi antara kelompok yang menjadi peserta
Penggunaan Simposium

Di bawah ini adalah beberapa penggunaan dari simposium dalam teks diskusi. Adapun penggunaan dari simposium tersebut adalah sebagai berikut.
  1. Apabila ada pembicara yang memenuhi syarat (ahli dalam bidang yang ditunjuk)
  2. Kalau kelompok membutuhkan keterampilan yang ringkas
  3. Jika kelompok peserta besar
  4. Untuk mengemukakan aspek-aspek yang berbeda dari suatu topik tertentu
Tata Laksana Simposium

Pelaksanaan Simposium itu bisasanya dapat dilakukan dengan teknik serta langkah-langkah yakni sebaga berikut.
  1. Moderator membuka simposium
  2. Memperkenalkan para pakar yang akan berpidato secara ilmiah
  3. Para pakar kemudian menyampaikan pidato ilmiahnya (diberi batasan waktu)
  4. Pembicara yang mendapat sanggahan akan menjawab segala jenis pertanyaan yang sesuai dari responden
  5. Bila perdebatan menyimpang dari topik diskusi, moderator tersebut dapat meluruskannnya dengan diskusi
  6. Apabila waktu diskusi itu sudah habis atau perdebatan dianggap sudah cukup, maka selanjutnya moderator dapat mengakhirinya dengan membuat sesuatu kesimpulan sementara dengan dibantu oleh sekretaris
  7. Kemudian kegiatan diskusi dalam simposium tersebut selesai, tim perumus dapat mengadakan rapat kecil serta merumuskan dengan cara tertulis hasil dari simposium yang dilaksanakan.
  8. Apabila hasil simposium tersebut tertulis atau tercetak, maka hasil simposium itu dapat disebarluaskan pada peserta simposium lain atau juga kepada para ilmuwan lain.
Ciri-Ciri Simposium

Di bawah ini adalah beberapa ciri-ciri simposium dalam teks diskusi. Adapun ciri-ciri simposium dalam teks diskusi adalah sebagai berikut.
  1. Melibatkan kelompok ahli yang membahas topik tertentu
  2. Seorang juru bicara membuat pertanyaan
  3. Kemudian dilanjutkan ke diskusi panel
Contoh Teks Diskusi

Di bawah ini contoh teks diskusi yang berjudul "Gadget dan Anak-Anak" dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Adapun contoh teks diskusi tersebut adalah sebagai berikut.

Gadget dan Anak-Anak

Di zaman sekarang kemajuan teknologi telah mengalami perkembangan yang sangat pesat, salah satunya adalah perkembangan smartphone. Dengan kemajuan teknologi di bidang smartphone ini memang banyak memberikan kemudahan untuk manusia dalam hal komunikasi.

Karena hampir setiap orang di dunia ini menggunakan smartphone untuk mendukung setiap aktivitas yang dilakukan, termasuk anak-anak. Namun, pemberian smartphone atau gadget pada anak-anak mengalami banyak pro dan kontra.

Bagi masyarakat yang pro, tentu memberikan gadget pada anak-anak akan memberikan kemudahan dalam segala hal pelajaran. Karena mereka beranggapan bahwa sekarang adalah zaman di mana anak-anak harus mengikuti perkembangan zaman agar tidak ketinggalan.

Smartphone juga dinilai mampu memberikan dampak positif, seperti salah satunya adalah memberi kemudahan dalam hal apapun. Orang tua pun menjadi lebih mudah dalam mengawasi perkembangan dan segala aktivitas yang dilakukan melalui smartphone anak-anaknya.

Akan tetapi, di sisi lain pemberian gadget pada anak-anak juga lebih banyak memberikan dampak negatif sehingga banyak orang terutama orang tua melarang anaknya untuk bermain smartphone. Mereka pun menyayangkan pemberian hp pada anak-anak yang masih di bawah umur. Mereka menganggap smartphone yang diberikan untuk anak-anak justru akan merusak dan akan memberi efek yang sangat buruk pada perkembangan dan juga perilaku anak.

Dari pendapat di atas yang sudah dijabarkan tersebut, maka disimpulkan bahwa dalam pemberian gadget pada anak-anak khususnya anak di bawah umur menghasilka  pro dan kontra di kalangan masyarakat dan orang tua. Oleh sebab itu, sebagai orang tua harus lebih berhati-hati dalam memberikan fasilitas kepada anak-anak kita.

Demikianlah yang admin dapat bagikan tentang pengertian simposium dalam teks diskusi. Semoga apa yang admin bagikan ini bermanfaat  buat kemajuan belajar anak didik dalam memahami pengertian simposium dalam teks diskusi. Selamat belajar, semoga bermanfaat dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Simposium dalam Teks Diskusi | Bahasa Indonesia Kelas 9 (Revisi)

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /