Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Pengertian, Tujuan, Ciri-Ciri, dan Contoh Paragraf Persuasif


Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan pengertian, tujuan, ciri-ciri, dan contoh paragraf persuasif dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam memahami lebih luas tentang paragraf persuasif dalam pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya materi teks pidato, iklan, poster, dan slogan. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan rasa percaya diri yang baik bagi prestasi belajar anak didik di sekolah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Pengertian, Tujuan, Ciri-Ciri, dan Contoh Paragraf Persuasif
www.ilmubindo.com

Pengertian Paragraf Persuasif

Paragraf persuasif adalah jenis paragraf yang memiliki fungsi dan tujuan yang sama dengan kalimat persuasif. Kalimat ini biasanya digunakan untuk promosi suatu barang atau produk perusahaan atau produk perusahaan untuk memberikan imbauan kepada masyarakat terhadap suatu aturan dan itu biasanya dibentuk dalam sebuah paragraf.

Tujuan Paragraf Persuasif

Tujuan dari paragraf persuasif adalah untuk memengaruhi atau mengajaka pembaca atau pendengar untuk mengikuti apa yang diminta oleh penulis.

Ciri-Ciri Paragraf Persuasif

Adapun ciri-ciri paragraf persuasif adalah sebagai berikut.
  1. Paragraf ini mampu menimbulkan rasa tertarik dan juga rasa percaya bagi pembaca atau pendengar tentang apa pun yang disampaikan oleh penulis.
  2. Paragraf ini selalu memunculkan sebuah fakta yang tepat dan akurat.
  3. Paragraf ini biasanya juga sering menghindari terjadinya konflik untuk mencapai tujuan.
  4. Paragraf ini bertolak belakang dengan keyakinan bahwa manusia di dunia ini dapat dirubah
Penulisan Paragraf Persuasif

Berikut ini beberapa cara aturan penulisan paragraf persuasif. Adapun aturan penulisannya adalah sebagai berikut.

1. Tentukan Topik Kalimat 

Untuk membuat sebuah paragraf yang baik kita harus memilih dan menentukan topik yang akan kita tuliskan. Dalam pemilihan topik untuk bahan tulisan paragraf deduktif sangat mudah. Kita bisa mengambil topik masalah narkoba, pergaulan bebas, bahaya merokok, atau permasalahan dalam kehidupan kita sehari-hari.

2. Tentukan Tujuan

Setiap paragraf persuasif pasti memiliki tujuan dalam penulisan. Tujuan utama kita menulis membuat paragraf ini tentu sudah sangat jelas yaitu untuk menyakinkan dan mengajak pembaca dan pendengar. Oleh karena itu dalam membuat paragraf ini kita harus terlebih dahulu menentukan tujuannya.

3. Buat Kerangka Paragraf

Setelah kita sudah berhasil menentukan topik dan menentukan tujuan paragraf, selajutnya kita harus membuat kerangka paragraf. Di mana tujuan pembuatan kerangka ini adalah untuk memudahkan kita dalam membuat paragraf yang akan kita buat menjadi lebih sistematis dan lebih logis.

4. Pengumpulan Data

Setelah beberapa langkah di atas kita lakukan dengan baik, kita bisa melanjutkan ke langkah seterusnya yaitu mengumpulkan data. Data yang tepat dan akurat akan sangat membantu pembaca untuk memahami dan mempercayai apa yang kita tulis dalam paragraf tersebut. Oleh karena hal tersebut kita harus melakukan pengumpulan data  yang paling akurat sebagai sumber paragraf kita nantinya.

5. Menyusun Paragraf

Tahap yang paling terakhir adalah menyusun paragraf. Susunan sesuai dengan aturan penulisan paragraf yang benar. Gunakan bahasa yang baik dan benar sesuai kaidah bahasa Indonesia.

Contoh Paragraf Persuasif 

Contoh 1

........
Masalah sampah bukan hanya satu atau dua kali menjadi penyebab masalah di Indonesia terutama di Jakarta. Sampah masih saja menjadi penyebab utama terjadinya banjir setiap tahun di Jakarta. Hingga saat ini sampah menjadi penyebab utama terjadinya banjir setiap tahun di Jakarta. Hingga saat ini sampah menjadi masalah sosial bangsa Indonesia dan harus mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah.

Masyarakat yang masih membuang sampah sembarangan akan menyebabkan terjadinya banjir yang lama dan dengan arus yang tinggi. Untuk mencegah Jakarta banjir karena banyaknya sampah yang dibuang sembarangan di sungai akan lebih baik jika kita mulai dari diri kita.

Marilah kita semua warga Indonesia untuk meningkatkan kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya. Sehingga jika hal ini berhasil, Indonesia akan menjadi salah satu negara terbaik di dunia jika kita berhasil menerapkan rencana ini.
.......

Contoh 2

.......
Untuk terus dapat memainkan peran sentral ke depan, satu kunci utama yang diperlukan ASEAN adalah persatuan. ASEAN harus bersatu. ASEAN terus bersatu. Persatuan inilah yang mampu membuat ASEAN bertahan selama 52 tahun ini.

Padahal semua orang tahu bahwa tantangan ASEAN sangat besar. Tantangan ASEAN sangat besar. ASEAN juga sangat majemukbaik dari sisi ekonomi, dari sisi sistem politik, dari sisi agama, dan tentunya dari sisi etnis. Sekali lagi, persatuan ASEAN unity menjadi kunci bagi masa depan ASEAN.

Dari waktu ke waktu persatuan ASEAN saya lihat semakin kokoh. Kekokohan persatuan ASEAN inilah yang akan membuat ASEAN dapat mempertahankan sentralisasinya.

Hadirin yang saya hormati,
Ke depan, tantangan ASEAN untuk lima pulun tahun tidaklah mudah. Tarik menarik antara kekuatan besar sudah dapat dipastikan akan semakin tajam. Sementara di dalam negara kita masing-masing rakyat akan terus bertanya mengenai manfaat ASEAN bagi rakyat, manfaat ASEAN bagi rakyat ASEAN.

Oleh karena itu, ASEAN harus dapat mempertahankan relevasinya. Relevan bagi perkembangan baru dunia, relevan bagi pemenuhan kepentingan rakyat ASEAN, dan ASEAN harus bekerja lebih cepat dalam merespons perubahan yang sangat cepat. Semua bergerak cepat, ASEAN harus bergerak cepat dan solid. Sebagai tuan rumah Sekretariat ASEAN, Indonesia berusaha memfasilitasi ASEAN dalam bergerak cepat dan soliddan bekerja secara efektif dan efisien. Dengan pemikiran itulah gedung ASEAN ini kita bangun.

Gedung baru ini mencerminkan spirit baru ASEAN, mencerminkan The New ASEAN. Dan saya berharap ke depan sebagian besar kegiatan ASEAN sudah selayaknya dapat dilakukan di gedung ini. Hal ini akan mengurangi secara drastis biaya perjalanan yang harus dikeluarkan, terutama oleh Sekretariat ASEAN dan juga para wakil tetap ASEAN. Uang perjalanan yang dibelanjakan selama ini dapat digunakan untuk kegiatan yang lebih bermanfaat bagi kegiatan ASEAN lainnya.
.......

Contoh 3

.......
Perlu kita sadari bahwa kesehatan itu harganya memang sangat mahal. Bayangkan saja jika Anda tiba-tiba terserang penyakit jantung, coba Anda bayangkan berapa biaya yang harus Anda keluarkan untuk mengobati penyakit tersebut, pastinya akan sangat mahal.

Maka dari itu, menjaga kesehatan adalah hal yang sangat penting. Jika kesehatan kita terjaga dengan baik, sehingga dapat melaksanakan kegiatan sehari-hari dengan lancar dan bisa meraih prestasi yang lebih banyak di masa depan.

Dinamakan bangsa yang kuat jika bangsa tersebut memunyai rakyat yang sehat di dalamnya. Jika rakyat sehat, maka sebuah negara akan menjadi kuat dan sebaliknya. Nah, sebagai pelajar kita bisa menjaga kesehatan dari hal yang sederhana, seperti bangun tepat waktu, kemudian mandi dan sarapan yang bergizi.

Sebelum berangkat sekolah, jangan terlalu banyak makan pagi agar di sekolah kita tidak terasa mengantuk. Setelah itu, jika ada pelajaran olahraga, antuasiaslah dalam mengikuti semua kegiatannya dengan baik, karena secara tidak langsung kamu sudah mencoba menjaga kesehatan dengan melakukan olahraga selama seminggu sekali. Ketika istirahat, Anda juga diharuskan mengonsumsi makanan atau jajanan yang bersih dan sehat. Makanan yang sehat dan bersih bersih bisa kita lihat dari kemasannya.
.......

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang pengertian, tujuan, ciri-ciri, contoh paragraf persuasif. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dan dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik di sekolah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian, Tujuan, Ciri-Ciri, dan Contoh Paragraf Persuasif

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /