Sikap-Sikap Ilmiah yang Harus Dilakukan dalam Melakukan Teks Laporan Percobaan

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan tentang sikap-sikap ilmiah yang harus dilakukan dalam melakukan tekk laporan percobaan. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan bagi anak didik dalam mempelajari teks laporan percobaan. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat menjadikan anak didik sebagai peneliti-peniliti muda yang profesional. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sikap-Sikap Ilmiah yang Harus Dilakukan dalam Melakukan Teks Laporan Percobaan
www.ilmubindo.com

Sikap-Sikap Ilmiah

Dalam melakukan kegiatan percobaan. Kita harus memiliki sikap ilmiah. Pola berpikir dan bersikap ilmiah akan bermanfaat dalam memecahkan masalah yang ditemui sehari-hari. Sikap-sikap ilmiah yang harus dilakukan sebagai berikut.
  1. Mampu membedakan antara fakta dan opini.
  2. Memiliki sikap santun dalam mengajukan pertanyaan dan argumentasi.
  3. Memiliki dan mengembangkan rasa keingintahuan.
  4. Memiliki kepedulian terhadap lingkungan.
  5. Mampu berpendapat secara ilmiah dan ktitis
  6. Memiliki sikap berani mengusulkan perbaikan dan bertanggung jawab terhadap usulan.
  7. Mengembangkan sikap kerja sama, jujur terhadap fakta, disiplin, dan semangat bekerja.
Contoh Teks  Laporan Percobaan

 Membuat Pendingin Sederhana

Tujuan
Pendingin seperti kulkas banyak ditemukan di rumah warga maupun toko, tetapi harga yang terbilang mahal dan membutuhkan listrik yang tidak sedikit, membuat masyarakat berfikir dua kali untuk membelinya.

Sayangnya makanan mudah membusuk apabila tidak disimpan di kulkas, dan sebenarnya kita bisa membuat kreasi dengan membuat kulkas sederhana dari pot tanah liat.

Alat dan Bahan
1. 2 buah pot dari bahan tanah liat (tembikar) dengan diameter 60 cm dan 40 cm.
2. Lem kayu.
3. Kain penutup.
4. Pasir.
5. Air.
6. Sterofom.

Langkah-langkah
Tutup terlebih dahulu lubang pot menggunakan pecahan genting dan lem, usahakan agar tidak ada lubang pada kedua buah pot yang akan digunakan sebagai pendingin.
Tempelkan pot kecil ke dalam pot besar seperti pada gambar diatas menggunakan lem. Siapkanlah pasir atau bahan yang bisa dibasahi lainnya seperti pasir laut dsb.
Masukkan pasir ke dalam ruang antara pot besar dan pot kecil sampai penuh, basahi pasir menggunakan air dan kemudian tutuplah ruangan yang tersisa menggunakan stereofom.
Masukan buah-buahan serta sayuran kedalam pot kecil.
Tutup dengan kain dan ukur suhunya.

Hasil
Kini pendingin sudah bisa digunakan untuk menyimpan sayur dan buah, air dalam pasir akan mengalami evaporasi, evaporasi inilah yamg akan mendinginkan ruangan di dalam pot. Pendingin berbahan pot ini cukup efektif mengawetkan sayur-sayuran dan buah-buahan.

Kesimpulan
Benda yang bermanfaat tidak selalu didapatkan dengan mengeluarkan biaya mahal. Pendingin ini bisa bermanfaat ke daerah yang belum terjangkau oleh listrik.

Agar kerja pendingin optimal, jangan menaruh pendingin di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung untuk menjaga suhu pendingin tetap stabil!

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang sikap-sikap yang harus dimiliki dalam melalukan sebuah penelitian lengkap dengan contoh teks laporan percobaan . Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang teks laporan percobaan. Semoga bermanfaat dan terima kasih.