Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Sistematika Penulisan Laporan Percobaan | Contoh Teks Laporan Percobaan


Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan sistematika laporan percobaan dan contoh teks laporan percobaan. Semoga sistematika laporan yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang sistematika laporan percobaan. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan anak didik di sekolah, khususnya teks laporan percobaan. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sistematika Penulisan Laporan Percobaan | Contoh Teks Laporan Percobaan
www.ilmubindo.com

Selain disajikan dalam bentuk teks eksplanasi dan deskripsi, laporan percobaan dapat disajikan secara sistematik seperti penulisan karya ilmiah. Laporan percobaan seperti ini harus jelas dan sistematik. Secara garis besar strukturnya sama dengan sistematik penulisan karya ilmiah. Akan tetapi, struktur isi teks laporan percobaan lebih singkat dibandingkan sistematik penulisan karya ilmiah. Perhatikan sistematika laporan percobaan sebagai berikut.

Sistematika Laporan Percobaan

1. Judul

Judul laporan percobaan merupakan cerminan dari objek percobaan. Judul laporan percobaan dirumuskan dalam bentuk kalimat-kalimat secara singkat, padat, komunikatif, dan jelas. Judul harus objektif dan sesuai dengan masalah yang diteliti.

2. Objek

Objek percobaan merupakan benda atau aspek yang akan diteliti. Penentuan objek harus dilakukan sebelum kegiatan percobaan dilakukan. 

3. Pelaku percobaan

Pelaku percobaan adalah pihak (bisa perseorangan atau badan/lembaga tertentu) yang melakukan kegiatan percobaan.

4. Tempat dan waktu percobaan

Tempat dan waktu percobaan adalah pelaksanaan kegiatan percobaan.

5. Tujuan

Tujuan percobaan adalah informasi yang ingin diketahui oleh pelaku percobaan. Kegiatan percobaan biasanya dilakukan untuk memeroleh informasi secara lengkap dan objektif proses dan hasil suatu kegiatan percobaan. Hasil percobaan tersebut diharapkan dipahami, dimanfaatkan, atau ditinjaklanjuti oleh khalayak umum.

6. Bahan dan Alat

Bahan dan alat adalah bahan-bahan dan alat yang diperlukan dalam kegiatan percobaan.

7. Langkah-langkah

Langkah-langkah dalam kegiatan percobaan merupakan urutan proses yang harus dilakukan dalam kegiatan percobaan. Langkah-langkah dalam percobaan harus dilakukan secara runtut.

8. Hasil laporan percobaan

Hasil laporan percobaan adalah hasil yang ditemukan dan terjadi dalam percobaan. Data yang telah diperoleh perlu disusun menjadi sebuah laporan percobaan ringkas dan sistematik. Penyajian tersebut akan memudahkan orang lain memahami isi laporan percobaan.

9. Simpulan
Simpulan merupakan inti sari dari hasil percobaan dan pembahasan. Simpulan yang dibuat harus sesuai dengan tujuan yang ditetapkan sebelum percobaan dilakukan.

10. Daftar pustaka

Daftar pustaka adalah daftar rujukan atau referensi yang digunakan untuk menyusun laporan percobaan. Daftar pustaka dapat berupa buku, jurnal, majalah, dan artikel dari media cetak atau internet.

Contoh Teks Laporan Percobaan

Contoh 1


Membuat Taplak Meja

Taplak meja biasa dipakai untuk menghias meja dan sangat banyak tersedia di toko-toko dengan harga yang bisa dibilang lumayan. Tetapi pernah kah kalian berpikir untuk membuat taplak meja sendiri? Kalian sebenarnya bisa membuat taplak meja sendiri dengan biaya yang relatif lebih murah.

Tujuan dari pembuatan taplak meja ini agar kita dapat memanfaatkan barang-barang bekas yang berada di sekitar kita sehingga lebih bernilai dan bermanfaat buat orang lain.

Alat dan Bahan

1. Kain perca 2 meter.
2. Jarum dan benang
3. Pensil, gunting, dan kertas
4. Jangka

Langkah-Langkah Membuatnya

  1. Buatlah sketsa gambar terlebih dahulu pada kertas dengan diameter 8 cm, kemudian gunting sesuai pola jangka tersebut.
  2. Tempelkan pada kain perca lalu jiplak polanya dan gunting kain percanya, ulangi sampai 60 bulatan.
  3. Jahit pinggirnya lalu ditarik kemudian di tali, ulangi sampai 60 bulatan.
  4. Langkah selanjutnya, rangkaikan bulatan satu dengan bulatan yang lainnya dan kemudian bentuk pola seperti taplak meja.
  5. Setelah membentuk sebuah pola yang kalian inginkan, jahit bulatan satu dengan yang lainnya.
  6. Kemudian setelah selesai membentuk taplak meja, kalian bisa merapikan jahitannya agar terlihat lebih rapi dan indah.
Hasil Penelitian

Jadilah taplak meja dengan kreasi tangan kalian sendiri. Sekarang kalian dapat meletakkan taplak meja tersebut di meja ruang makan atau bisa juga meja ruang tamu. Kalian dapat mengembangkannya menjadi sebuah peluang usaha yang menguntungkan.

Kesimpulan

Membuat taplak meja tidaklah begitu sulit, tetapi kalian juga harus telaten dan ulet dalam proses pengerjaannya. Sehingga keterampilan yang kamu miliki akan terus terasah dan berkembang, sekaligus kalian dapat menghemat biaya dan bisa menambah keuntungan jika kalian memanfaatkannya sebagai peluang usaha yang menjanjikan.

Contoh 2


Membuat Jebakan Tikus

Tikus merupakan hewan pengerat yang sangat mengganggu. Untuk itu, harus ada metode atau cara untuk membasmi tikus tikus pengganggu tersebut. Salah satu caranya adalah dengan membuat sebuah jebakan tikus sederhana. Sebenarnya ada banyak metode yang sudah ada untuk membasmi pengerat ini, mulai dari pemberian racun sampai menggunakan alat elektronik, namun metode tersebut tidak ramah lingkungan. Nah untuk itu jebakan tikus sederhana ini bisa jadi pilihan Anda untuk membuat pembasmi tikus yang ramah lingkungan.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat jebakan tikus sangatlah sederhana dan tentu bisa didapat dengan mudah. Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat jebakan tikus sederhana :

Bahan dan Alat

1. Ember yang berukuran besar.
2. Kaleng bekas.
3. Kawat besi.
4. Balok kayu kecil.
5. Selai kacang atau selai lainnya.

Langkah Kerja
  1. Pertama untuk membuat jebakan tikus sederhana adalah melubangi ember untuk menaruh kawat tersebut, kira-kira berdiameter 6 cm, dengan ketinggian kurang lebih ¾ dari ketinggian ember.
  2. Kedua, lubangi lagi ember tersebut di bawah lubang yang pertama tadi! Lubang yang ini dibuat lebih besar agar tikus dapat masuk ke dalamnya.
  3. Ketiga, buat jalan dari balok kayu kecil tadi menuju lubang yang lainnya!
  4. Keempat, buat juga lubang di kaleng bekas tadi tepat di tengah-tengah sisi atas dan bawahnya!
  5. Kelima, masukkan kawat tadi di lubang ember besar yang pertama! Kemudian disusul kaleng bekas tadi.
  6. Keenam, olesi kaleng bekas tadi dengan selai kacang! Jebakan yang kamu buat siap digunakan.
Hasil

Setelah melakukan langkah-langkah pembuatan, jebakan tikus sederhana dapat kamu gunakan. Kamu dapat meletakkan jebakan tersebut di gudang, dapur, kamar tidur, ataupun tempattempat yang banyak tikus. Jebakan ini hanya untuk menjerat atau menjebak tikus di dalam ember. Jebakan ini tidak membunuh tikus tersebut.

Simpulan
Jebakan tikus seperti di atas merupakan salah satu alat penjebak tikus dengan cara kerja yang ramah lingkungan tanpa harus menggunakan bahan kimia. Selain itu, cara ini dapat menekan biaya yang harus dikeluarkan untuk membasmi tikus karena bahan-bahan yang digunakan hanyalah sebuah barang bekas.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang sistematika laporan percobaan lengkap dengan contohnya. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang penulisan dan contoh teks laporan percobaan. Semoga bermanfaat dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Sistematika Penulisan Laporan Percobaan | Contoh Teks Laporan Percobaan

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /