Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Teks Deskripsi Berdasarkan Objeknya | Bahasa Indonesia SMP K13


Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com | Kali ini admin akan membagikan jenis-jenis teks deskripsi berdasarkan objeknya dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas tujuh. Semoga materi tentang teks deskripsi yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang teks deskripsi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan anak didik di sekolah, khususnya materi teks deskripsi. Berikut ini adalah penjelasan detail tentang teks deskripsi berdasarkan objeknya. 

Teks Deskripsi Berdasarkan Objeknya | Bahasa Indonesia SMP K13
www.ilmubindo.com

Berdasarkan objeknya, teks deskripsi dibedakan menjadi deskripsi tempat, orang, dan waktu.

1. Teks Deskripsi Tempat (Spasial)

Teks deskripsi tempat (spasial) adalah teks yang melukiskan ruang atau tempat berlangsungnya suatu peristiwa. Pelukisannya harus dilihat dari berbagai segi agar ruang tersebut tergambar dengan jelas dalam pikiran dan perasaan pembaca.

Contoh:

Kamar adalah tempatku untuk menghabiskan waktu luang. Di kamar, aku tidur, bersantai, belajar, dan menenangkan diri dari segala rasa gundah. Kamarku berukuran sedang dan sederhana, namun, akau sangat menyukainya. Jika memasuki kamarku, yang ada hanya suasana sepi dan tenang. Serta tercium wangi aroma jeruk yang merupakan pengharum ruangan yang kugantungkan di belakang pintu kamarku.

Kamarku memunyai satu pintu yang berwarna cokelat, berbahan kayu dan menghadap ke selatan. Memiliki tinggi 2 meter dan lebar 80 centimeter. Ketika pintu itu dibuka, akan terlihat dinding berwarna biru muda, lantai yang dilapisi keramik coklat muda, serta plafon unik berwarna biru dan merah jambu dengan lampu di tengahnya. Di dinding kamarku ada berbagai kaligrafi, koleksi foto-foto yang dihiasi dengan kreatif dan majalah dinding berukuran 70 x 40 cm yang berisi informasi penting dan karya sastra hasil dari karya-karyaku.

2. Teks Deskripsi Benda

Teks deskripsi benda adalah teks yang melukiskan benda yang dilihat oleh penulis. Pelukisannya harus dilihat dari berbagai segi agar benda tersebut tergambar dengan jelas dalam pikiran dan perasaan pembaca atau pendengar.

Contoh:

Aku memiliki rumah yang terletak di lereng gunung dan dekat dengan sawah. Rumahku tepat berada di depan jalan untuk menuju gunung. Di sebelah kiri rumahku terdapat masjid yang cukup besar yang biasanya digunakan untuk shalat Idul Adha. Di depan rumahku terdapat halaman yang cukup luas dan biasanya digunakan untuk bermain anak-anak kecil di sekitar rumah.

Cat rumahku berwarna hijau muda dan kusennya berwarna hijau tua. Pintu rumahku juga berwarna hijau tua. Rumahku tidak terlalu besar namun cukup untuk menampung 10 orang, karena terdapat lantai 2 yang dapat dihuni.

3. Teks Deskripsi Waktu

Teks deskripsi waktu adalah teks yang menggambarkan urutan waktu. Berdasarkan gambaran tersebut, pembaca akan tahu urutan kejadian yang berhubungan dengan urutan waktu.

Contoh:

Peristiwa menyedihkan ini terjadi di sebuah rumah kos yang berada di pusat kota Tarakan. Wilayah ini memang sangat terkenal keramaiannya karena menjadi pusat rumah kos yang ada di Tarakan. Saat itu adalah weekend, beberapa teman kos sudah pulang ke rumah masing-masing. Hanya ada aku dan beberapa orang saja. Bahkan pemilik kos juga sedang berlibur ke luar kota.

Kejadian ini terjadi pada sore hari. Saat itu aku baru selesai menyuci baju dan ingin tidur. Sebelum tidur aku terlebih dahulu mengecas handphone. Kemudian aku tidur agar ketika bangun baterai handphone sudah penuh.

4. Teks Deskripsi Orang

Teks deskripsi orang adalah deskripsi yang digunakan untuk memberikan penggambaran terkait orang yang dibahas mulai dari ciri-ciri fisik yang dimiliki hingga ke kepribadian.

Contoh:

Ayahku adalah Pak Marzuki. Dia orang yang begitu ramah, pintar, dan juga lucu; Aku tinggal bersamanya di Munjungan Trenggalek.

Ayahku adalah seorang laki-laki yang lumayan tampan. Saat ini, umurnya sekitar 35 tahun. Dia memiliki tubuh yang bagus karena selalu berolahraga setiap hari. Dia juga tinggi. Dia memiliki rambut pendek hitam dan juga mata yang hitam. Dia memiliki wajah yang oval dan dagu yang lancip. Dia memiliki kumis dan jenggot yang tipis. Dia punya warna kulit yang sedikit coklat kehitaman.

Ayahku merupakan seorang guru SMP. Dia mengajari pelajaran olahraga. Dia selalu pergi ke sekolah pada pagi-pagi sekali dan pulang saat sudah sore sekitar pukul 03.00. Dia bekerja dengan keras demi keluarganya. Kami semua begitu menyayangi. Bagiku, dia adalah ayah terbaik di dunia ini.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang teks deskripsi berdasarkan objeknya. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang jenis-jenis teks deskripsi tentang teks deskripsi. Semoga bermanfaat dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Teks Deskripsi Berdasarkan Objeknya | Bahasa Indonesia SMP K13

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /