Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Teks Deskripsi | Pengertian Deskripsi Sugesti Lengkap dengan Contohnya


Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan pengertian teks deskripsi sugesti dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas 7 (tujuh). Semoga apa apa yang admin bagikan bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang teks deskripsi sugesti. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi kemajuan belajar anak didik di sekolah, khususnya dalam materi teks deskripsi. Berikut ini adalah pengertian dan contoh teks deskripsi sugesti.

Teks Deskripsi | Pengertian Deskripsi Sugesti Lengkap dengan Contohnya
www.ilmubindo.com

Deskripsi sugesti adalah deksripsi yang ditulis berdasarkan kesan yang muncul. Contoh kesan yang muncul terlihat dari ekspresi wajah, gerak-gerik, dan gaya bicara. Deskripsi sugesti bersifat imajinasi, muncul dari penafsiran penulisnya.

Contoh Deskripsi Sugesti 

Contoh 1
Ibuku

Ibuku adalah seorang yang sangat cantik. Tingginya sekitar 165 cm, ibuku memiliki rambut keriting yang berwarna hitam dan berkilau. Dia juga memiliki hidung yang mancung dan sebuah lesung pipi yang membuatnya cantik. Matanya berwarna cokelat seperti mataku. Ibuku memiliki warna kulit coklat muda seperti kebanyakan wanita-wanita Indonesia pada umumnya. Bibir merah dan gigi putihnya memberikan perpaduan sebuah senyuman yang sangat indah. Ibuku tidaklah gemuk dan juga kurus. Menurutku berat badannya cukup proposional. Berat badannya sekitar 55 kg.

Dia adalah orang yang sangat baik, ramah, dan sabar. Ibuku sangat mencintai keluarganya. Dia merupakan seorang ibu yang terbaik di dunia ini. Dia menjalani perannya sebagai ibu rumah tangga dengan baik dan tidak pernah melupakan tanggung jawabnya sebagai seorang ibu. Meskipun dia sangat sibuk bekerja, dia tidak pernah melupakan keluarganya. Ibuku sangat mencintai kebersihan. Dia selalu menjaga rumahnya agar tetap bersih dan sehat. Selain sebagai ibu yang baik, ibuku merupakan chef terhebat yang pernah ada. Dia sangat pintar membuat masakan yang enak. Aku sangat menyukai masakannya terutama ayam goreng buatannya.

Ibuku juga sangat baik dengan orang lain. Dia senang membantu teman dan tetangga kami yang sedang kesusahan. Karena dia memiliki jiwa sosial yang sangat tinggi. Ibuku selalu merasa kasihan melihat orang yang sedang mendapat musibah. Ibuku sangat disiplin dan keras mengenai agama. Dia sangat rajin beribadah dan selalu mengingatkan kami untuk terus beribadah. Banyak hal yang tak bisa aku ungkapkan tentang ibuku karena menurutku ibuku adalah ibu yang sempurna biat diriku dan keluargaku. Aku berharap bisa menemukan seorang ibu seperti dia untuk anak-anakku kelak.

Contoh 2
Semangka

Semangka adalah salah satu jenis buah yang mengandung banyak air. Buah semangka memiliki biji di dalamnya. Biasanya ada semangka yang memiliki biji warna putih atau hitam kecokelatan. Buah semangka sendiri berwarna merah merona.

Buah ini sangat cocok dinikmati ketika musim panas. Kesegaran buah ini sangat cocok untuk menghilangkan rasa haus. Sensasi buah semangka ketika dimakan pada saat digigit akan terasa renyah dan menumpahkan air dari dagingnya ke dalam mulut. Sensasi ini yang menjadi favorit banyak orang.

Kulit buang semangka berwarna hijau belang-belang putih, hijau tua, dan kuning keputihan. Meskipun kulitnya hijau tapi buah semangka tetap berwarna merah dan rasanya manis. Buah semangka memiliki berbagai ukuran sesuai beratnya. Semakin besar buah semangka maka semakin besar pula ukurannya.

Bobot buah semangka bervariasi, mulai dari 4 kg sampai 20 kg. Semangka yang berukuran kecil pada umumnya mencapai 4 sampai 5 kg. Sementara buah semangka yang berukuran sedang beratnya mencapai 6 sampai 10 kg. Jika beratnya sudah lebih dari itu, berarti sudah termasuk buah semangka berukuran besar.

Contoh 3
Candi Borobudur

Salah satu tempat terkenal di Indonesia adalah Candi Borobudur. Candi Borobudur terletak di Jawa Tengah, tepatnya di Jalan Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Mangelang, Jawa Tengah. Candi ini merupakan candi peninggalan Umat Hindu yang dibangun sejak 780-840 Masehi, dengan ketinggian sekitar 400 meter. Suasana indah terpancar ketika berada di atas candi. Kita bisa melihat area sekitar candi yang sejuk dikelilingi pohon.

Banyak wisatawan asing maupun lokal yang mengunjungi candi ini. Terdapat 504 buah arca  yang ada dalam bangunan ini. Untuk bisa mencapai Candi Borobudur, harus menaiki banyak anak tangga. Beberapa anak tangga ada yang curam sehingga harus berhati-hati ketika berwisata ke sana. Candi Borobudur sangat megah karena memiliki wilayah yang sangat luas yaitu sekitar 2.500 m².

Untuk mencapai ke pusat Candi, pengunjung harus berjalan ratusan meter dari pintu masuk. Selama menuju candi, pengunjung akan disuguhkan berbagai dagangan khas orang Jawa mulai dari kaos, gelang, gantungan kunci dan berbagai aksesoris lainnya. Jalan menuju candi ini dari pintu masuk terbentang luas dan dikelilingi pohon-pohon yang rindang.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang pengertian teks deskripsi sugesti dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan ini bermanfaat buat kemajuan belajar anak didik tentang teks deskripsi. Semoga bermanfaat dan terima kasih..


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Teks Deskripsi | Pengertian Deskripsi Sugesti Lengkap dengan Contohnya

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /