Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Unsur Ekstrinsik Teks Cerpen | Bahasa Indonesia Kelas 9 (Revisi)



ilmubindo.com | Kali ini kita akan membahas tentang unsur-unsur ekstrinsik dalam sebuah teks cerpen. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang unsur-unsur ekstrinsik dalam sebuah teks cerpen. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan belajar anak didik dalam memahami unsur-unsur ekstrinsik dalam sebuah teks cerpen.

Unsur Ekstrinsik Teks Cerpen | Bahasa Indonesia Kelas 9 (Revisi)
www.ilmubindo.com

Unsur Ekstrinsik Teks Cerpen

Berikut ini beberapa unsur-unsur ekstrinsik yang terdapat dalam sebuah teks cerpen. 

1. Bahasa

Bahasa merupakan sarana yang digunakan dalam karya sastra. Bahasa yang digunakan dalam sebuah karya sastra dipengaruhi oleh bahasa pengarang. Unsur bahasa daerah dimungkinkan masuk ke karya sastra tersebut. Bahasa pengarang berkaitan erat dengan unsur ekstrinsik.

2. Latar Belakang Pengarang

Latar belakang pengarang meliputi pemahaman kita terhadap sejarah hidup pengarang dan juga sejarah hasil karangan-karangan yang ditulis pengarang sebelumnya. Latar belakang pengarang terdiri atas biografi pengarang, kondisi psikologis pengarang, dan aliran sastra yang dianut pengarang.

3. Nilai-Nilai yang Terkandung dalam Karya Sastra

Sebuah karya sastra termasuk cerpen mengandung nilai-nilai kehidupan yang berlaku dalam masyarakat. Nilai-nilai tersebut menggambarkan norma, tradisi, aturan, dan kepercayaan yang dianut atau dilakukan oleh masyarakat. Nilai-nilai tersebut meliputi nilai moral, sosial, budaya atau adat istiadat, dan religi.

a. Nilai Moral
Nilai moral adalah nilai kehidupan yang berkaitan akhlak atau budi pekerti (baik dan buruk).
Contoh:
Yaitu berbakti kepada orang tua, jujur, sabar, ikhlas.

b. Nilai Sosial
Nilai sosial adalah nilai kehidupan yang terkait dengan norma atau aturan dalam kehidupan bermasyarakat. Nilai sosial berhubungan dengan orang lain.
Contoh:
Saling memberi, tenggang rasa, dan saling menghormati pendapat orang lain.

c. Nilai Budaya
Nilai budaya adalah nilai-nilai yang berkaitan dengan kebiasaan atau tradisi yang berlaku dalam masyarakat. 
Contoh:
Adat istiadat perkawinan atau kematian, adat istiadat berpakaian, budaya kesenian, dan upacara adat.

d. Nilai Religi
Nilai religi adalah nilai yang berkaitan dengan kehidupan beragama.'
Contoh:
Cara beribadah kepada Tuhan dan sistem kepercayaan

e. Nilai Politik

Nilai politik merupakan nilai-nilai berkaitan dengan gejolak tata pemerintahan disuatu daerah. Gejolak tersebut menjadi latar cerita. Latar peristiwa politik dijadikan salah satu dokumen sejarah bangsa.

Contoh Teks Cerpen

Permintaan Ibu Tercinta

Tiga hari tak terasa telah berlalu. Liburan Narti akan segera berakhir. Dan ia harus segera kembali ke Bandung. Sebenarnya Narti masih ingin tinggal lama di kampung menemani ibunya, tapi pekerjaan telah menunggunya, ia harus segera kembali. Ia merupakan satu-satunya tumpuan hidup ibu dan adik-adiknya, sebagai anak paling besar ia berkewajiban memenuhi kebutuhan ibu dan adik-adiknya, karena hanya dia anak satu-satunya yang telah berpenghasilan.


Pagi itu Narti sudah berkemas dan siap untuk pergi. Seperti layaknya seorang anak yang berbakti ia berpamitan dengan ibunya. "Bu, aku mau balik ke Bandung, doakan aku agar selalu dalam lindungan-Nya, agar aku bisa menjalani perintah Tuhan, dan selalu ingat nasehat Ibu," ujar Narti.

"Tentu saja, Nak, Ibu akan selalu mendoakanmu. Tapi sebelum kamu pergi, ada yang Ibu mau tanyakan kepadamu," ujar ibunya.

"Memangnya ada apa, Bu," Narti merasa heran.

"Nak, apakah kamu tidak menyadari, bahwa usiamu semakin bertambah, apakah kamu sudah memikirkan calon pendamping hidupmu? Aku sudah tak sabar ingin mendapatkan cucu darimu, Nak," dengan hati-hati ibunya mengungkapkan keinginan yang selama ini terpendam.

Cerpen Zaini"zai" Ahmad

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang unsur-unsur ekstrinsik dalam sebuah teks cerpen. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat bermanfaat buat kemajuan dan perkembangan anak didik dalam memahami unsur-unsur ekstrinsik dalam sebuah teks cerpen. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Unsur Ekstrinsik Teks Cerpen | Bahasa Indonesia Kelas 9 (Revisi)

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /