Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

4 Struktur Teks Cerita Inspirasi | Bahasa Indonesia Kelas 9 (Revisi)



ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang struktur teks cerita inspirasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas IX. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam memahami struktur teks cerita inspirasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Harapannya struktur teks cerita inspirasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam membuat teks cerita inspirasi. 

4 Struktur Teks Cerita Inspirasi | Bahasa Indonesia Kelas 9 (Revisi)
www.ilmubindo.com

Teks cerita inspirasi memiliki struktur yang membedakannya dengan jenis karangan narasi lain. Struktur teks cerita inspirasi terbagi menjadi empat yaitu orientasi, komplikasi, resolusi, dan koda.

Struktur Teks Cerita Inspirasi

Berikut ini adalah beberapa struktur teks cerita inspirasi yang bisa kalian gunakan sebagai referensi dalam membuat teks cerita yang  baik dan benar. Adapun strultur teks cerita inspirasi adalah sebagai berikut.

1. Orientasi

Orientasi merupakan bagian pertama dalam sebuah struktur teks cerita inspirasi. Orientasi ini berisi tentang latar belakang peristiwa yang terjadi di dalam teks cerita inspirasi yang akan dibuat.

2. Komplikasi 

Komplikasi merupakan bagian kedua dalam sebuah struktur teks cerita inspirasi. Komplikasi ini berisi tentang konflik yang mulai muncul. Komplikasi ini sekaligus menjelaskan peristiwa ganjil, unik, atau tidak biasa terjadi.

3. Resolusi

Resolusi adalah peristiwa ganjil yang terjadi dalam bagian komplikasi akan mendapatkan respon tertentu. Respons tersebut menandai munculnya bagian reaksi. Keganjilan peristiwa dalam bagian komplikasi baru dapat dipahami pada bagian reaksi ini. Pada bagian ini terdapat pemecahan masalah. Bagian ini juga menunjukkan klimaks cerita. Selain itu, permasalahan yang dikritik dapat dipahami pada bagian ini.

4. Koda

Koda merupakan bagian keempat atau bagian terakhir dari sebuah struktur teks inspirasi. Koda berisi pernyataan umum untuk menghiri cerita inspirasi. Selain itu, koda dapat pula berupa pernyataan kesimpulan atas peristiwa yang diceritakan atau nilai-nilai pelajaran yang dapat dipetik oleh pembaca sebuah teks cerita inspirasi. 

Contoh Teks Cerita Inspirasi

Berikut ini adalah contoh teks cerita inspirasi yang berjudul "Belenggu Keyakinan" dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Adapun contoh teks cerita inspirasi tersebut adalah sebagai berikut.

Belenggu Keyakinan

Pada suatu hari yang cerah di sebuah kota, seorang pria berencana pergi ke tempat pertunjukkan sirkus dengan membawa anak dan istrinya. Niatnya sederhana, ingin memberikan hiburan kepada keluarga di hari libur sekolah.

Sebelum sampai ke tempat pertunjukkan, pria tersebut harus melewati sebuah perkemahan dengan tenda yang berukuran besar berisi gajah-gajah sirkus. Gajah-gajah dengan ukuran besar berdiri melamun dengan kondisi satu kaki yang diikat oleh rantai kecil.

Tidak ada pagar sama sekali, setiap gajah hanya diikat dengan rantai kecil di salah satu kakinya dan tidak ada yang berusaha untuk kabur, semuanya terdiam. Sepanjang perjalan pria tersebut terus memandangi gajah-gajah tersebut dengan mimik wajah yang kebingungan.

Mengapa?

Pria tersebut berpikir, mengapa sang gajah dengan ukuran sebesar itu tidak menggunakan seluruh kekuatan yang dia miliki untuk memutuskan rantai kecil yang mengikat salah satu kakinya kemudain lari dari perkemahan tersebut.

Namun sebaliknya, setiap gajah hanya berdiri terdiam tidak melakukan apapun. Dengan wajah yang masih kebingungan pria tersebut menghampiri sang pawang yan dari tadi juga berdiri di sekitar perkemahan gajah tersebut.

Pria tersebut bertanya, "Mengapa para gajah itu hanya terdiam dan berusaha untuk kabur padahal hanya diikat dengan rantai kecil di salah satu kakinya?"

Sang pawang pun tersenyum kemdian menjawab, "Ketika mereka masih sangat muda dan berukuran jauh lebih kecil dari sekarang kami menggunakan rantai dengan ukuran yang sama untuk mengikat mereka, dan pada usia itu, cukup untuk menahan mereka."

"Seiring mereka tumbuh dewasa mereka dikondisikan untuk percaya bahwa mereka tidak dapat melepaskan diri. Karena sampai sekarang mereka masih percaya bahwa rantai masih bisa menahan mereka, sehingga mereka tidak pernah mencoba membebaskan diri.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang struktur teks cerita inspirasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan ini bermanfaat buat anak didik dalam membuat contoh teks cerita inspirasi yang menarik. Selamat belajar dan semoga sukses. Terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 4 Struktur Teks Cerita Inspirasi | Bahasa Indonesia Kelas 9 (Revisi)

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /