Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Contoh Soal Menentukan Isi Tersurat Teks Nonsastra | USBN SMP 2019/2020


Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan materi, soal, kunci jawaban, dan pembahasan indikator soal menentukan isi tersurat teks nonsastra dalam USBN bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang materi, soal, kunci jawaban, dan pembahasan indikator soal menentukan isi tersurat teks nonsastra dalam USBN bahasa Indonesia. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi, soal, kunci jawaban, dan pembahasan indikator soal menentukan isi tersurat teks nonsastra dalam USBN bahasa Indonesia.

Contoh Soal Menentukan Isi Tersurat Teks Nonsastra | USBN SMP 2019/2020
www.ilmubindo.com

A. Materi USBN 2019/2020

Teks mengandung informasi baik tersurat maupun tersirat. Makna tersurat adalah makna tertulis, eksplisit, atau tampak jelas dalam teks bacaan. Dapat pula dikatakan bahwa makna tersurat adalah makna yang secara langsung dinyatakan dalam teks bacaan. Kalian dapat menentukan informasi tersurat dalam teks biografi, informasi tersurat tersebut dapat ditemukan pada keistimewaan tokoh dan sifat atau sikap yang teladani dari tokoh tersebut.

B. Soal USBN 2019/2020

1. Bacalah soal berikut untuk nomor 1 dan 2.
Indonesia harus mampu menentukan harga timah dunia. Pasalnya, Indonesia merupakan produsen terbesar timah kedua di dunia. Indonesia menjadi penyumbang ekspor timah terbesar kedua setelah Tiongkok, yakni sekira 70%. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, mengatakan bahwa pemerintah sangat peduli terhadap perdagangan timah sebagai sumber daya alam yang ada di Indonesia. Oleh karena itu, pihaknya menginginkan harga yang wajar, tidak semata-mata dikendalikan oleh perdagangan dunia.
Menteri Jonan menuturkan bahwa keberadaan Bursa Komoditas dan Derifatif (BKDI) sangat penting. Pasalnya, BKDI dapat menjadi acuan harga timah dunia. Tidak hanya itu, BKDI dapat mengurangi perdagangan serta transaksi timah secara ilegal. Keberadaan bursa ini semaksimal mungkin dapat menekan kegiatan perdagangan dan transaksi secara ilegal.
Pertanyaan yang jawabannya sesuai dengan isi paragraf pertama bacaan adalah  ....
A. Mengapa Indonesia menjadi penyumbang ekspor timah terbesar kedua setelah Tiongkok?
B. Bagaimana cara Pemerintah menurunkan harga timah agar menjadi harga yang wajar?
C. Mengapa Indonesia harus mampu menentukan harga timah dunia?
D. Bagaimana cara Menteri Ignasius Jonan menentukan harga timah dunia di Indonesia?

Jawaban: C
Paragraf pertama bacaan membahas keinginan Pemerintah Indonesia yang disampaikan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, untuk menentukan harga timah dunia karena Indonesia merupakan produsen terbesar timah kedua di dunia. Jadi, pertanyaan yang sesuai dengan isi paragraf pertama terdapat pada pilihan jawaban C. Kata tanya mengapa berfungsi untuk menanyakan alasan atau penyebab masalah.

2. Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf kedua bacaan adalah ....
A. Keberadaan Bursa Komoditas dan Derifatif (BKDI) sangat penting karena lembaga tersebut dapat menentukan harga timah dunia.
B. Keberadaan Bursa Komoditas dan Derifatif (BKDI) sangat penting karena lembaga tersebut dapat menjadi acuan harga timah dunia.
C. Keberadaan Bursa Komoditas dan Deriatif (BKDI) tidak dapat mengurangi transaksi secara ilegal.
D. Keberadaan Bursa Komoditas dan Deriatif (BKDI) meningkatkan transaksi timah ilegal.

Jawaban: B
Informasi-informasi yang terdapat dalam paragraf kedua bacaan adalah sebagai berikut.
  1. Menteri Jonan menuturkan bahwa keberadaan Bursa Komoditas dan Deriatif (BKDI) sangat penting.
  2. Pasalnya, BKDI dapat menjadi acuan harga timah dunia.
  3. Tidak hanya itu, BKDI juga dapat mengurangi perdagangan serta transaksi timah secara ilegal
  4. Keberadaan bursa ini semaksimal mungkin dapat menekan kegiatan perdagangan dan transaksi timah secara ilegal
Jadi, pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf bacaan terdapat pilihan jawaban B. Pernyataan tersebut sesuai dengan isi informasi 2.

3.  Bacalah biografi berikut!
Jenderal Soedirman merupakan salah satu pahlawan nasional Indonesia. Dia dikenal sangat mahir dalam menyusun siasat perang. Karena kemampuannya itu, dia diangkat menjadi jenderal pada usia muda, yakni 31 tahun. Sebagai seorang jenderal, Soedirman selalu mengedepankan kepentingan pribadinya. Dia selalu konsisten dan konsekuen dalam membela kepentingan tanah air, bangsa, dan negara.
Keistimewaan tokoh biografi tersebut adalah ....
A. Menjadi pahlawan nasional Indonesia
B. Mampu menjadi jenderal pada usia muda
C. Mahir dalam menyusun siasat perang
D. Mengedepankan kepentingan bangsa

Jawaban: C
Keistimewaan Jenderal Soedirman pada biografi tersebut adalah mahir dalam menyusun siasat perang. Kemahiran tersebut membuat Soedirman diangkat menjadi jenderal pada usia muda, yakni 31 tahun.

4. Bacalah biografi berikut!
Andik Vermansyah adalah pesepak bola Indonesia yang lahir pada tanggal 21 November 1991 di Jember, Jawa Timur. Andik Vermansyah menghabiskan masa kecilnya sebagai penjual es. Pada awalnya, Andik Vermansyah tidak diizinkan orang tuanya untuk mengejar karier sebagai pemain sepak bola. Namun, Andik tidak mudah putus asa. Dia berusaha keras untuk mengejar impiannya dengan segala cara. Nasib Andik berubah ketika pelatih SSB Suryanaga, Rudi, menemukan bakatnya. Di SSB Suryanaga Andik menunjukkan kemampuannya dalam bermain sepak bola. Setelah itu, karier Andik Vermansyah sebagai pesepak bola makin menanjak. Dia pernah membela klub Persebaya. Sekarang Andik bermain di liga Malaysia bersama Selangor FA.
Keteladanan tokoh Andik Vermansyah dalam biografi tersebut adalah ....
A. Selalu berlatih untuk meningkatkan kemampuan dalam bermain sepak bola
B. Tidak mudah putus asa dan berusaha keras dalam mencapai segala cita-citanya
C. Mempunyai motivasi besar dalam mewujudkan cita-citanya sebagai pemain andal
D. Selalu menjaga kondisi tubuhnya untuk mencapai kemampuan terbaik saat bermain

Jawaban: B
Keteladan tokoh Andik Vermansyah adalah tidak mudah putus asa dan berusaha keras dalam mencapai cita-citanya. Sikap itu menjadikannya sebagai salah satu pesepak bola terbaik Indonesia.

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 5 dan 6!
Ahmad Tohari lahir tanggal 13 Juni 1948 di Tinggarjaya, Kecematan Jatilawang, Banyumas, Jawa Tengah. Ahmad Tohari berasal dari keluarga santri. Ayahnya seorang kiai dan ibunya pedagang kain. Dari segi ekonomi, kehidupan keluarga Ahmad Tohari tidak kekurangan. Namun, lingkungan masyarakat di sekitarnya mengalami kelaparan.
Ahmad Tohari adalah seorang sastrawan yang terkenal sebagai pengarang trilogi Ronggeng Dukuh Paruk (1982), Lintang Kemukus Dinihari (1985), dan Jentera Bianglala (1986). Karya-karya mendapat penghargaan dari Dewan Kesenian Jakarta (DKJ). Melalui novel Berkisar Merah, Ahmad Tohari meraih hadiah Sastra ASEAN tahun 1995.
Ahmad Tohari menikah tahun 1970 dengan Siti Syamsiyah. Istrinya bekerja sebagai guru SD. Ahmad Tohari sangat menyayangi anak-anaknya. Dalam mendidik anak-anaknya, Ahmad Tohari menanamkan pendidikan keagamaan sejak dini. Menurutnya, agama merupakan satu-satunya laku utama mewujudkan kecintaan manusia kepada Tuhan dan manusianya. Ahmad Tohari selalu mengajak keluarganya untuk salat berjamaah dan dia sebagai imamnya.

5. Keistimewaan tokoh tersebut adalah ....
A. Penulis novel yang terkenal dengan karya triloginya
B. Penulis novel yang berasal ari keluarga santri
C. Pemimpin redaktur majalah Merdeka Jakarta
D. Sastrawan yang tanggap terhadap bencana kelaparan

Jawaban: A
Biorafi berisi paparan kehidupan tokoh sejak kecil sampai tua berikut jasa, karya, dan segala kegiatan baik yang berhasil dilaksanakannya. Ahmad Tohari merupakan sastrawan yang dikenal karena hasil-hasil karya sastranya yang berupa novel. Di antara novel-novelnya, yang terkenal adalah trilogi Ronggeng Dukuh Paruk, Lintang Kemukus Dinihari, dan Jentera Bianglala. Oleh karena itu, keistimewaan dari Ahmad Tohari adalah beliau merupakan penulis yang terkenal dengan karya triloginya.

6. Hal menarik dari tokoh yang dapat diteladani adalah ....
A. Memberikan penghargaan kepada karya anak-anaknya
B. Menjadi imam saat salat berjamaah dengan anak-anaknya
C. Memanfaatkan waktu luang untuk kegiatan positif
D. Mengajak keluarganya untuk mengaji secara rutin

Jawaban: B
Keteladan yang ditunjukkan oleh tokoh tersurat dalam cuplikan biografi tersebut, yaitu Ahmad Tohari selalu mengajak keluarganya untuk salat berjamaah dan dia sebagai imamnya. Jadi, jawaban yang sesuai dengan teks biografi tersebut adalah B.

7. Bacalah teks biografi berikut!
Douwes Dekker dilahirkan pada tanggal 18 Oktober 1879 di Kota Pasuruan. Douwes Dekker terlahir dari keluarga berada. Douwes Dekker merupakan lulusan Gymnasium Koning Willem III School. Selepas lulus dari sekolah itu, ia diterima bekerja di perkebunan kopi di wilayah Malang, Jawa Timur. Di perkebunan itu ia melihat para pekerja pribumi yang diperlakukan semena-mena oleh para pengawas kebun. Tindakan semena-mena tersebut mendapat perlawanan dari Douwes Dekker. Ia sering membela pekerja pribumi yang diperlakukan semena-mena. Akibat tindakannya ini, ia cenderung dimusuhim oleh para pengawas kebun lain.
Sifat yang dapat diteladani dari tokoh tersebut adalah ....
A. kurang bergaul karena dari keluarga berada
B. menjalankan dengan baik pekerjaan di perkebunan kopi
C. membela pekerja pribumi yang diperlakukan semena-mena
D. bermusahan dengan para pengawas kebun kopi

Jawaban C
Teks biografi tersebut membahas perjalanan hidup tokoh Douwes Dekker. Douwes Dekker bekerja di sebuah perkebunan kopi. Di perkebunan tersebut , Douwes Dekker membela pekerja pribumi yang diperlakukan semena-mena. Jadi, sifat yang dapat di teladani dari tokoh Douwes Dekker terdapat pada pilihan jawaban C.

8. Bacalah kutipan teks laporan berikut!
Hal yang paling berarti bagi orang tua adalah ketika bayinya belajar berinteraksi dengan orang terdekat atau orang lain. Saat ia beranjak menjadi batita/balita paling tidak ada lima gerakan tangan yang kalau bisa di lakukan dengan benar sudah bisa membuat orang tuanya dan orang disekelilingnya bahagia dan sangat bangga.
Informasi tersurat yang terdapat pada kutipan teks tersebut adalah ....
A. Orang tua yang kurang bahagia jika bayinya dapat berinteraksi dengan orang lain melalui lima gerakan tangan
B. Orang tua merasa bahagia jika bayinya dapat berinteraksi dengan orang lain melalui lima gerakan tangan
C. Lima gerakan tangan bayi akan membuat orang tuanya merasa bahagia dan bangga
D. Bayi yang berinteraksi dengan orang lain akan membuat orang tuanya merasa bahagia dan bangga

Jawaban: B
Jawaban B tepat karena mengandung informasi tersurat yang terdapat pada kutipan tersebut.

9. Bacalah kutipan teks ulasan berikut!
Keunggulan novel yang berjudul Surat Kecil untuk Tuhan dapat memberikan inspirasi  dan pembelajaran bagi pembaca ketika menghadapi ujian yang diberikan oleh Tuhan, kita harus sabar dan tabah seperti yang dialami oleh Keke dalam novel tersebut.
Informasi tersurat yang terdapat pada kutipan teks tersebut adalah ....
A. Novel berjudul Surat Kecil untuk Tuhan merupakan novel inspiratif untuk pembacanya supaya selalu berhati-hati dalam kehidupan
B. Novel berjudul Surat Kecil untuk Tuhan merupakan kisah nyata yang dialami tokoh ketika mendapatkan ujian dari Tuhan untuk tetap tabah dan sabar
C. Novel berjudul Surat Kecil untuk Tuhan dapat memberikan pembelajaran bagi pembacanya agar sabar dan tabah ketika mendapatkan ujian dari Tuhan
D. Novel berjudul Surat Kecil untuk Tuhan merupakan kisah kehidupan tokohnya yang tabah dan sabar ketika mendapatkan ujian dari Tuhan

Jawaban: C
Jawaban C merupakan informasi tersurat yang terdapat pada kutipan tersebut.

10. Perhatikan kutipan paragraf berikut!
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bertekad membangun sekitar 300 jembatan gantung di berbagai daerah seluruh Indonesia pada tahun 2018-2019. Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, menjelaskan bahwa kehadiran jembatan gantung disambut baik oleh masyarakat karena manfaatnya nyata. Oleh karena itu, Kementerian PUPR menargetkan membangun 134 jembatan pada tahun 2018 dan 166 jembatan pada tahun 2019. Pembangunan jembatan pada tahun 2019. Pembangunan jembatan tersebut juga melibatkan masyarakat, diharapkan masyarakat juga dapat mempunyai rasa memiliki dan menjaga kondisi jembatan yang ditargetkan rampung Desember 2018. Menteri Basuki belum memerinci jumlah anggaran yang dibutuhkan untuk membangun sekitar 300 jembatan gantung tersebut.
Pertanyaan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah ....
A. Mengapa Kementerian PUPR memberdayakan masyarakat lokal dalam pembangunan jembatan gantung?
B. Bagaimana cara Kementerian PUPR memperbaiki kondisi jembatan yang sudah tidak layak pakai oleh masyarakat?
C. Mengapa Menteri Basuki belum memerinci jumlah anggaran yang diperlukan untuk membangun sekitar 300 jembatan gantung?
D. Bagaimana kondisi jembatan yang akan dibangun dan diperbaiki oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat?

Jawaban: A
Paragraf tersebut membahas Kementerian PUPR bertekad membangun sekitar 300 jembatan gantung di berbagai daerah seluruh Indonesia pada tahun 2018-2019. Pembangunan jembatan tersebut disambut baik oleh masyarakat sehingga dapat ditargetkan pembangunan 300 jembatan gantung di berbagai daerah seluruh Indonesia. Pembangunan jembatan melibatkan masyarakat karena Kementerian PUPR mengharapkan masyarakat mempunyai rasa memiliki dan menjaga kondisi jembatan. Jadi, pertanyaan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut terdapat pada pilihan jawaban A. Kata tanya mengapa berfungsi untuk menanyakan alasan atau penyebab masalah.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang materi, soal, kunci jawaban, dan pembahasan indikator soal menentukan isi tersurat teks nonsastra dalam USBN bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mengerjakan soal-soal USBN yang di ujikan. Selamat belajar dan semoga sukses. Terima kasih.

BUKA SOAL


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Soal Menentukan Isi Tersurat Teks Nonsastra | USBN SMP 2019/2020

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /