Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Jenis-Jenis Teks Cerita Inspirasi | Berdasarkan Sifat Peristiwa Lengkap dengan Contohnya



ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang jenis-jenis teks cerita inspirasi berdasarkan sifat peristiwa dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas 9. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang jenis-jenis teks cerita inspirasi berdasarkan sifat peristiwa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami jenis-jenis teks cerita inspirasi berdasarkan sifat peristiwa dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

Jenis-Jenis Teks Cerita Inspirasi | Berdasarkan Sifat Peristiwa Lengkap dengan Contohnya
www.ilmubindo.com

Jenis Teks Cerita Inspirasi

Di bawah ini adalah beberapa jenis teks cerita inspirasi yang terdapat dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas 9 semester 2. Adapun contoh dari teks cerita inspirasi adalah sebagai berikut.

1. Cerita Inspirasi Nonfiksi

Cerita inspirasi nonfiksi adalah teks yang menceritakan peristiwa nyata dengan tokoh dan latar sebenarnya. Faktanya, sulit membuktikan bahwa sebuah teks cerita inspirasi berasal dari kisah nyata atau tidak. Namun, kesulitan tersebut tidak berarti bahwa teks cerita inspirasi nonfiksi tidak ada.

Contoh Teks Nonfiksi

Berikut ini adalah salah satu contoh teks cerita inspirasi yang diambil  dari kisah nyata Bob Sadino. Adapun contoh teks nonfiksi dari Bob Sadino bisa kalian baca di bawah. Berikut adalah kisah suksesnya.
Bob Sadino

Terlahir di Lampung, 9 Maret 1939, mendiang pengusaha dengan nama lengkap Bambang Mustari Sadino ini termasuk salah satu pengusaha sukses yang sempat mengalami jatuh-bangun sebelum akhirnya menorehkan kesuksesan besar. Setelah sekitar sembilan tahun menjadi pengawai, Bob memutuskan untuk berhenti dan banting setir menjadi pengusaha.


Usaha pertama yang dirintisnya adalah bisnis penyewaan mobil, dengan hanya bermodalkan satu mobil Mercedes dan ia supiri sendiri. Namun, karena musibah kecelakaan yang menimpanya saat mengemudikan mobil yan disewakannya itu, bisnis itupun berhenti di tengah jalan. Tidak putus semangatm ia kemudian beralih profesi sebagai buruh bangunan yang dibayar upah harian.

Saat menjadi kuli tersebut, ia melihat adanya peluang bisnis lain, bisnis ternak ayam dan telur ayam negeri. Dengan modal pinjaman tetangganya, akhirnya Bob mulai menjalankan bisnis tersebut. Awalnya Bob menawarkan sendiri dagangannya dari rumah ke rumah di wilayah sekitar tempat tinggalnya, terutama kepada para ekspatriat, di bilangan Kemang Jakarta Selatan.

Bisnis telurnya tersebut akhirnya berbuah manis dan ia mengembangkan sayap dengan menjual daging dan sayuran hidoponik. Berkat keuletannya, bisnis tersebut sukses dan ia pun mendirikan Kem-Chicks, supermarket ternama yang menjual berbagai macam produk peternakan dan pertanian. Meski sudah sukses, ia tetap tampil sederhana dan kerap kali melayani sendiri para pelanggannya seperti keluarga sendiri.

2. Cerita Inspirasi Fiksi

Teks cerita inspirasi fiksi adalah teks inspirasi yang menceritakan kisah fiksi atau khayal. Teks cerita inspirasi fiksi menggunakan tokoh rekaan atau latar rekaan. Kadang-kadang terdapat teks cerita fiksi dengan tokoh bukan rekaan, tetapi latar yang digunakan bersifat fiktif. Sebalikya, kadang dijumpai cerita fiksi yang menggunakan latar bukan rekaan melainkan tokoh yang digunakan bersifat fiktif.

Contoh Teks Fiksi

Berikut ini adalah contoh cerita teks fiksi cerita inspirasi yang berjudul "Sekantong Bibit Kacang Tanah" dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Adapun contoh teks cerita inspirasi fiksi adalah sebagai berikut.

Sekantong Bibit Kacang Tanah

Dikisahkan, ada seorang gadis muda yang bertekad membantu desa asalnya yang miskin dan terbelakang. Dia rajin mengusahakan segala daya upaya untuk bisa menghasilkan uang guna membeli buku dan perlengkapan sekolah anak-anak di sana. Tetapi, sehebat apapun usahanya terasa masih saja serba kekurangan.


Hingga suatu hari, dia mendapatkan janji bertemu dengan seorang kaya di kota, dengan harapan si tuan kaya mau memberi sumbangan uang. Setelah bertemu, si gadis muda menceritakan keadaan desanya dan sarana pendidikan yang jauh dari memadai serta memohon bantuan untuk mereka.

 Dengan nada bosan dan tidak bersahabat, tuan kaya berkomentar santai, "Gadis muda. Kamu salah alamat. Di sini bukan badan amal yang memberi sumbangan cuma-cuma. Kalau memang anak-anak desamu tidak bisa sekolah, ya itu nasib mereka. Kenapa aku yang harus membantu?"

Tampak dia tidak mempercayai sedikitpun gadis muda di hadapannya. Dengan pandangan tidak berdaya dan putus asa, si gadis tahu, usahanya telah gagal.

Tetapi sebelum pergi, dia mencoba berusaha yang terakhir, "Tuan, kalau boleh, apakah saya bisa meminjam sekantong bibit unggul kacang yang tuan hasilkan selama ini? Anggaplah hari ini tuan telah membantu kami dan saya berjanji tidak akan mengganggu tuan lagi."

Dengan heran dan karena ingin segera mengusir di gadis, tanpa banyak cakap, segera diberinya sekantong bibit kacang tanah yang dimintanya. Sepulang dari sana, si gadis memulai gerakan menanam biji kacang tanah di atas tanah penduduk miskin,  dengan tekad sebanyak satu kantong biji kacang tanah, akan menghasilkan kacang sebanyak yang bisa tumbuh di sana.

Usahanya berhasil. Dan beberapa saat setelah panen, si gadis kembali mendatangi si hartawan, "Tuan, saya datang kemari dengan tujuan untuk mengembalikan sekantong biji kacang tanah yang saya pinjam waktu itu."

Lalu si gadis menceritakan keberhasilan mereka menanam hingga memanen, dari sekantong biji kacang menjadi sebanyak itu. Si tuan kaya terkesan dengan hasil usaha dan ketulusan gadis muda dan berkenan datang ke desa meninjau.

Dia sangat terkesan dan kemudian menyumbangkan alat-alat pertanian, mengajarkan cara bertani yang baik, dan membeli semua hasil panen yang dihasilkan desa tersebut. Tiba-tiba kehiduoan di desa itu berubah total. Mereka mampu menghasilkan uang, hidup lebih sejahtera, dan mampu membangun sekolah untuk pendidikan anak-anaknya. Sungguh perjuangan seorang gadis muda yang membanggakan dan nyata! Tidak ada usaha yang sia-sia! Seluruh penduduk desa selalu bersyukur dan berterima kasih atas jasa si gadis muda.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang jenis-jenis teks cerita inspirasi berdasarkan sifat peristiwa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan ini bermanfaat buat  kemajuan belajar anak didik dalam memahami jenis-jenis teks cerita inspirasi berdasarkan sifat peristiwa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Selamat belajar dan terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Jenis-Jenis Teks Cerita Inspirasi | Berdasarkan Sifat Peristiwa Lengkap dengan Contohnya

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /