Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Kumpulan 6 Contoh Teks Eksposisi Terbaru | Bahasa Indonesia Kelas VIII (Revisi)



ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan 6 contoh teks eksposisi dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII (Delapan) revisi terbaru. Semoga contoh teks eksposisi yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tugas seputar teks eksposisi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi kemajuan dan perkembangan belajar anak didik dalam memahami beberapa contoh teks eksposisi.

Kumpulan 7 Contoh Teks Eksposisi Terbaru | Bahasa Indonesia Kelas VIII (Revisi)
 www.ilmubindo.com

Di bawah ini adalah beberapa contoh teks eksposisi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Adapun contoh-contoh teks eksposisi tersebut adalah sebagai berikut.


Teks Eksposisi 1

Contoh teks eksposisi bagian kesatu ini tentang pendidikan yang berjudul "Peningkatan Pendidikan" dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Adapun contoh teksnya bisa kalian lihat dan baca di bawah ini.

Peningkatan Pendidikan

Pendidikan adalah hal yang paling efektif dalam memperbaharui dunia. Hal tersebut dikarenakan pendidikan dapat digunakan sebagai batu loncatan untuk mengetahui segala informasi serta ilmu yang ada.

Kumpulan 6 Contoh Teks Eksposisi Terbaru | Bahasa Indonesia Kelas VIII (Revisi)

Banyak sekali upaya yang dilakukan oleh pihal pemerintah contohnya Indonesia dalam melakukan pembangunan gedung sekolah bahkan sampai melakukan kegiatan bebas biaya sekolah atau sekolah gratis. Di Indonesia peningkatan upaya pendidikan memang tergolong lumayan baik. Selain itu hal yang paling utama ialah harus ada minat siswa untuk berprestasi dan belajar. Hal tersebut akan mempermudah pemerintah agar tingkat pendidikan pada siswa semakin meningkat. Sehingga para penerus bangsa dapat memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negaranya.

Jika peserta didik semakin aktif serta diimbangi dengan fasilitas yang baik dapat melakukan kerja sama maka akan meningkatkan martabat Indonesia dikalangan negara-negara di dunia. Jika hal tersebut terjadi maka akan menarik perhatian investor asing untuk menanamkan modalnya di negara semakin meningkat. Peningkatan pendidikan tersebut harus diimbangi dengan kompetensi maupun kualitas guru yang bagus.

Teks Eksposisi 2

Bagian kedua dari contoh teks eksposisi ini adalah berjudul "Budidaya Bawang Merah" dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Adapun contoh teks eksposisi tersebut adalah sebagai berikut.

Budidaya Bawang Merah

Bawang merah (Allium oscalonicum) merupakan tanaman hortikultura musiman yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Namun pada saat tertentu sering mengalami banjir produksi sehingga harganya anjlok. Diperparah lagi dengan kebijakan impor yang diterapkan pemerintah yang sering kali memperparah kejatuhan harga bawang merah di pasaran.

Kumpulan 6 Contoh Teks Eksposisi Terbaru | Bahasa Indonesia Kelas VIII (Revisi)

Untuk menghindari fluktuasi harga yang sangat merugikan petani, perlu upaya untuk melakukan budidaya bawang merah diluar musim. Seiring dengan pembatasan kegiatan budidaya di musim-musim puncak.

Budidaya bawang merah memerlukan penyinaran matahari lebih dari 12 jam sehari. Tanaman ini cocok dibudidayakan di dataran rendah dengan ketinggian 0 hingga 900 meter dari permukaan laut. Suhu optimum untuk perkembangan tanaman bawang merah berkisar 25-32 derajat celcius. Sedangkan keasaman tanah yang dikehendaki sekitar 5pH 5,6-7. 

Benih bawang merah yang baik berasal dari umbi yang dipanen tua, lebih dari 80 hari untuk dataran rendah dan 100 hari dataran tinggi. Benih bawang merah yang baik setidaknya telah disimpan 2-3 cm dengan bentuk yang bagus, tidak cacat, berwarna merah tua mengkilap.

Untuk penanaman tanah dibuat bedengan dengan lebar 1-2,2 meter, tinggi 20-30 cm dan panjang sesuai dengan kondisi kebun. Jarak antar bedengan 50 cm, sekaligus dijadikan parit sedalam 20 cm, gemburkan tanahnya. Bentuk permukaan atau bagian atas bedengan rata, tidak melengkung.

Tambahkan kapur atau dolomit sebanyak 1-1,5 ton per hektar apabila keasaman tanah kurang dari pH 5,6. Penambahan kapur setidaknya diberikan 2 minggu sebelum tanam.

Budidaya bawang merah mempunyai banyak jenis hama dan penyakit. Namun yang paling sering menyerang di sentra-sentra produksi adalah hama dan ulat penyakit layu. Hama ulat (Spodoptera sp) menyerang daun, gejala terlihat bercak putih pada daun. Bila daun diteropong terlihat seperti gigitan ulat. 

Penyakit layu fusarium, disebabkan oleh cendawan. Gejalanya daun menguning dan seperti terpilin. Bagian pangkal batang membusuk. Penanganannya dengan mencabut tanaman yang mati kemudian membakarnya. Penyemprotan bisa menggunakan fungsidia.

Teks Eksposisi 3

Berikut ini adalah contoh teks eksposisi tentang perekonomian yang berjudul "Perkembangan Ekonomi Indonesia" dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Adapun contoh teks eksposisi tersebut adalah sebagai berikut.

Perkembangan Ekonomi Indonesia

Perkembangan ekonomi Indonesia tetap menunjukkan hasil yang efektif walapun keadaan ekonomi dunia sedanh mengalami krisis. Peningkatan ekonomi tersebut kurang lebih 6,4% lebih baik dibandingkan tahun lalu. Hal tersebut dibuktikan berdasarkan catatan suku tahun. Perkembangan ekonomi Indonesia tercatat 57,5% untuk wilayah pulau Jawa. Hal tersebut membuat Pulau Jawa menjadi pusat perkembangan ekonomi. Jika dikumpulkan menjadi satu maka perkembangan semester 1 tahun 2015 yan hanya berkembang sebanyak 6,3%.

Kumpulan 6 Contoh Teks Eksposisi Terbaru | Bahasa Indonesia Kelas VIII (Revisi)

Walaupun demikian perkembangan ekonomi Indonesia mengalami ketidaknormalan. Hal tersebut dikemukakan oleh peneliti ekonomi Indonesia for global justice yang bernama Salamuddin Daeng. Salamuddin Daeng berpandangan bahwa perkembangan ekonomi yang terjadi di Indonesia tidak diimbangi dengan perkembangan kesejahteraan rakyat. Adapula faktor lain yang membuat perkembangan ekonomi Indonesia mengalami ketidaknormalan.

Faktor tersebut dapat dibagi menjadi empat yaitu perkembangan ekonomi dapat dipengaruhi oleh daya konsumsi rakyat yang berlebihan, semakin banyaknya hutang Indonesia yang bertujuan untuk mengembangkan perekonomian rakyat, sumber daya alam Indonesia semakin dikuasai oleh pihak asing karena banyaknya penanaman modal asing di negara Indonesia, maupun adanya ekspor bahan mentah keluar negeri yang semakin meningkat.

Selain Salamuddin Daeng ada pula peneliti ekonomi dari Universitas Gajah Mada bernama A Tony Prasetiantono yang berpendapat bahwa perkembangan ekonomi Indonesia ditopang oleh area dalam negeri. Namun akibat dari krisis global yang terjadi maka membuat ekspor pada suku ke tiga maupun keempat tahun ini menurun serta terjadinya penurunan angka perdagangan di Indonesia. Menurutnya hanya sedikit jumlah angka donatur ekspor terhadap PDB.

Dengan tingkat biaya yang lebih besar dengan tingkat aspirasi pemerintah yang cepat dapat mendukung perkembangan Indonesia sesuai pendapat dari A Tony. Hal tersebut dapat membuat indikator perubahan ekonomi menjadi kurang dari 5%. Jika jumlah inflasi menurun maka jumlah tunjangan akan semakin membesar.

Teks Eksposisi 4

Berikut ini adalah contoh teks eksposisi yang berjudul "Ludruk" dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VII (Tujuh) revisi. Adapun contoh teks eksposisi tersebut adalah sebagai berikut.
Ludruk

Ludruk lahir dari rahim berkesenian rakyat Indonesia. Tentang asal usul ludruk ini, ada beberapa versi penjelasan. Ada yang bilang ludruk lahir di Jombang. Namun, ada pula yang bilang ludruk dilahirkan di Surabaya. Yang jelas, ludruk lahir di Jawa Timur.

Kumpulan 6 Contoh Teks Eksposisi Terbaru | Bahasa Indonesia Kelas VIII (Revisi)

Ada versi yang menyebutkan, ludruk sudah muncul tahun 1890. Penggagasnya bernama Gangsar seorang tokoh yang berasal dari Desa Pandan, Jombang. Gangsar pertama kali mencetuskan kesenian ini dalam bentuk ngamen dan jogetan.

Versi lain menyebutkan. ludruk di pelopori oleh orang bernama Santik, petani dari Desa Ceweng, Kecematan Goda, Kabupaten Jombang, pada 1907. Waktu itu, Santik bersama dua kawannya, Pono, dan Amir, mengamen dari desa ke desa.

Ludruk kemudian berkembang senafas dengan perjuangan rakyat. Tahun 1920-an, tokoh-tokoh pergerakan mulai melirik ludruk sebagai sarana penyadaran dan pengorganisasian massa rakyat. Sebut saja Dr. Sutomo dan Bung Karno.

Pada tahun 1933, Cak Durasim mendirikan ludruk Organizatie (LO). Kelompok ini aktif menentang fasisme Jepang. Anggotanya sekitar 60-an orang. Setiap pertunjukkan mereka diawali dengan kidung jula-juli: bekupon omahe doro, melok Nipon soyo sengsoro (bekupon rumah burung dara, ikut Jepang makin sengsara). Cak Durasim ditangkap dan disiksa oleh Jepang.

Di tahun 1950-an, ludruk makin berkembang pesat. Lahir kelompok-kelompok ludruk seperti Irama Massa (Banyuwangi), Madju Trisno, Sinar Baru, Suluh Massa (Bojonegoro), dan Marhaen (Surabaya). Ini kelompok ludruk yang berdiri di barisan revolusi.

Namun, pasca peristiwa G.30 S, ludruk agak surut. Banyak pemain ludruk yang di cap PKI. Di bawah Orba, ludruk dipakai penguasa untuk kepentingan mereka.

Dengan bahasa yang sederhana, lugas, dan egaliter, ludruk bisa menjangkau rakyat banyak. Drama yang diangkat oleh ludruk terkadang satire dan berbau protes sosial.

Teks Eksposisi 5

Berikut ini adalah contoh teks eksposisi yang berjudul "Fakta Hukum di Indonesia" dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Adapun contoh teks eksposisi tersebut adalah sebagai berikut.

Fakta Hukum di Hukum

Semestinya hukum di negara Indonesia sebagaimana yang telah diatur dalam Undang-Undang Dasar 1945 sudah secara tegas mengatur hukuman untuk para pelaku tindak kejahatan. 

Kumpulan 6 Contoh Teks Eksposisi Terbaru | Bahasa Indonesia Kelas VIII (Revisi)

Akan tetapi pada faktanya kerapkali terjadi ketidakadilan terhadap hukum yang bisa merugikan banyak orang. Hukum bisa saja tegasm akan tetapi menjadi mendadak tumpul ketika dihadapkan dengan uang. Itulah yang terjadi pada saat ini.

Bukan menjadi rahasia umum jika para koruptor di Indonesia menerima hukuman yang tingkatnya terbilang sangat ringan, bahkan ada pula koruptor yang mendapatkan tunjangan berupa fasilitas yang sangat ewah padahal sudah dianggap merugikan masyarakat dan negara.

Hukum di Indonesia dibilang hanya tegas dihadapan rakyat kecil. Contohnya kasus yang pernah menimpa Nenek Asyani. Kasusnya hanya karena diduga mencuri beberapa kayu. Ia terancam dengan hukuman selama kurang lebih 5 tahun penjara. Sungguh sangat ironis dan tidak adil. Apabila dibandingkan dengan hukuman para koruptor yang tidak sebanding dengan apa yang telah diperbuatnya terhadap negara.

Teks Eksposisi 6

Berikut ini adalah contoh teks eksposisi tentang lingkungan. Adapun contoh teks eksposisi tersebut adalah sebagai berikut.

Kebersihan Lingkungan Sekolah

Kebersihan lingkungan sekolah adalah salah satu faktor penting untuk menciptakan kenyamana dalam proses KMB. Selain untuk menciptakan kenyamanan dalam proses KBM (Kegiatan Belajar Mengajar), kebersihan diperlukan untuk menjaga kesehatan para siswa. Siswa akan lebih senang belajar dalam suasana yang asri dan bersih.

Kumpulan 6 Contoh Teks Eksposisi Terbaru | Bahasa Indonesia Kelas VIII (Revisi)

Namun, masih banyak siswa yang kurang menjaga kebersihan sekolah. Di laci meja kelas biasanya banyak ditemukan sampah bekas makanan dan minuman. Siswa masih kurang kesadaran dalam menjaga kebersihan lingkungan. Masih banyak yang membuang sampah tidak pada tempatnya.

Penyebab mereka tidak menjaga kebersihan salah satunya adalah mereka malas, dan kurang kesadaran menjaga kebersihan. Padahal di setiap titik lingkungan sekolah sudah disediakan tempat sampah. Kurang kesadaran akan kebersihan dan malas itulah penyakit siswa-siswi sekolah pada saat ini.

Akibat tidak menjaga kebersihan lingkungan sekolah, lingkungan sekolah menjadi bau, kotor, serta banyak serangga. Laci-laci meja kelas yang banyak sampah akan menjadi sarang nyamuk da serangga. Ruang kelas yang tidak dibersihkan akan kotor dan menimbulkan ketidaknyamanan dalam proses belajar mengajar. Sampah yang berserakan atau tempat sampah yang tidak dibersihkan akan menimbulkan bau yang menyengat dan penyakit-penyakit baru.

Alasan lain adalah para siswa berpikiran bahwa, kebersihan sekolah merupakan tanggung jawab penjaga dan perawat sekolah sehingga mereka dengan enaknya membuang sampah sembarangan. Padahal kebersihan sekolah merupakan tanggung jawab seluruh warga sekolah.

Menjaga kebersihan di lingkungan sekolah perlu dilakukan. Dengan cara reboisasi, membersihkan kelas dan sekolah, lingkungan sekolah akan terasa nyaman untuk ditinggali warganya. Perlu diberikan sanksi yang tegas kepada siswa yang membuang sampah sembarangan. Selain itu, diadakan bersih sekolah setiap bulan yaitu kerja bakti warga sekolah untuk membersihkan sekolahnya agar siswa-siswi memiliki tanggung jawab dan rasa memiliki terhadap sekolahnya.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang 6 contoh teks eksposisi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga contoh teks eksposisi yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari contoh teks eksposisi. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kumpulan 6 Contoh Teks Eksposisi Terbaru | Bahasa Indonesia Kelas VIII (Revisi)

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /