Langkah-Langkah Menyimpulkan Teks Cerita Inspirasi | Bahasa Indonesia Kelas 9 (Revisi)

ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang langkah-langkah menyimpulkan teks cerita inspirasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas 9 revisi. Semoga langkah-langkah menyimpulkan teks cerita inspirasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang langkah-langkah menyimpulkan teks cerita inspirasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami langkah-langkah menyimpulkan teks cerita inspirasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

Langkah-Langkah Menyimpulkan Teks Cerita Inspirasi | Bahasa Indonesia Kelas 9 (Revisi)
www.ilmubindo.com

Pengertian Simpulan 

Simpulan adalah sesuatu hal yang disimpulkan, hasil dari menyimpulkan, kesimpulan. Simpulan adalah kesudahan pendapat (pendapat yang terakhir dari sebuah uraian sebelumnya) ataupun kesimpulan yang didapat dari cara berfikir induktif dan deduktif.

Pengertian Kesimpulan

Kesimpulan adalah suatu proposisi (kalimat yang disampaikan) yang diambil dari beberapa premis (ide pemikiran) dengan aturan-aturan inferensi (yang berlaku). Kesimpulan merupakan sebuah gagasan yang tercapai pada akhir pembicaraan. Dengan kata lain, kesimpulan adalah hasil dari suatu pembicaraan.

Langkah Menyimpulkan Teks Cerita Inspirasi

Berikut ini adalah langkah-langkah menyimpulkan teks cerita inspirasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Adapun langkah-langkah dalam menyimpulkan teks cerita imajinasi adalah sebagai berikut.
  1. Ambillah satu buah cerita inspirasi (Nonfiksi, fiksi, tokoh terkenal, sufi, dan binatang).
  2. Bacalah dengan saksama dan cermat teks cerita inspirasi tersebut.
  3. Pahami maksud dan isi dalam cerita tersebut.
  4. Tentukan garis besar atau inti cerita teks cerita inspirasi tersebut.
  5. Tentukan nilai-nilai pelajaran yang dapat dipetik dalam cerita tersebut sebagai simpulan ceritanya.
  6. Suntinglah hasil simpulan kalian untuk mendapatkan hasil simpulan yang baik dan benar.
Contoh Teks Cerita Inspirasi

Di bawah ini adalah contoh teks cerita insprasi yang berjudul "Mencari Jodoh yang Terbaik" dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Adapun contoh teks cerita inspirasinya bisa kalian baca dan simak berikut ini.

Mencari Jodoh yang Terbaik

Pada suatu hari di sebuah perguruan silat, seorang murid bertanya kepada gurunya. Murid ini adalah murid terbaik dan paling disayang oleh sang guru. "Guru, sekarang saya sudah makin dewasa, tolong ajarkan saya satu ilmu yang baru."

Lalu gurunya berkata, "Hmm, besok pagi kamu bertemu dengan saya ya, di ladang jagung di tepi hutan sebelah sana. Saya akan ajarkan kamu satu ilmu baru." Sang murid pun setuju saja untuk bertemu dengan gurunya.

Keesokan harinya, sang murid bertemu dengan gurunnya di tepi hutan, di mana ada ladang jagung yang sangat luas. Sepanjang mata memandang hanya ada ladang jagung. Si murid bertanya, "Guru, apa yang akan kita lakukan di sini?"

Kata gurunya, sekarang kamu saya berikan tugas, kamu masuk ke ladang jagung, dan kamu pilih 1 jagung yang terbaik untuk dibawa pulang. Syarat pertama adalah, kamu sudah jalan, kamu tidak boleh balik lagi dan waktu kamu cuma 1 jam.

Kata muridnya, baik guru, saya akan mencari jagung terbaik yang paling besar, yang paling segar, yang saya benar-benar suka. Lalu dimulailah jalan, dia melihar satu per satu jagung. Sampai dia melihat satu jagung yang agak besar. Lalu dia bergumam dalam hati. "Wah apa ini jagungnya ya? Tapi saya cuma boleh bawa satu jagung, jangan-jangan di depan sana ada jagung yang lebih besar. Ya sudahlah, yang di sana saja, pasti di sana ada jagung lain yang lebih besar.

Lalu dia berjalan dan mencari lagi, tak lama kemudian ia menemukan yang lebih besar. Lalu dia kembali bergumam, "Nah ini, benar ternyata, ada yang lebih besar. Tapi, jangan-jangan di sana nanti ada yang lebih besar lagi."

Akhirnya dia tinggalkan lagi, dan mencari yang lain di sana, betul saja, apa yang diharapakan benar terjadi. Dia mendapatkan buah jagung yang lebih besar lagi dari jagung pertama dan kedua itu.  Tetapi dia masih penasaran dengan jagung yang masih banyak di depannya. Sampai akhirnya di tiba di ujung ladang jagung dan di sana dia berpikir, "Sepertinya justru jagung yang paling bagus adalah jagung pertama yang saya temui."

Sayangnya, ladang jagungnya sudah terlanjur lewat dan waktunya sudah terlanjur habis. Akhirnya dia kembali ke gurunya dan tidak membawa satu jagung pun. Kemudian gurunya berkata, "Seperti itulah perumpamaan kamu mencari jodoh atau memilih jalan hidup."

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang langkah-langkah menyimpulkan teks cerita inspirasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat bermanfaat buat kemajuan belajar anak didik dalam memahami langkah-langkah menyimpulkan teks cerita inspirasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Selamat belajar dan terima kasih.