Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Langkah-Langkah Menyunting Teks Eksposisi | Bahasa Indonesia Kelas VIII (Revisi)


Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang langkah-langkah menyunting teks eksposisi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang langkah-langkah menyunting teks eksposisi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan belajar anak didik dalam memahami langkah-langkah menyunting teks eksposisi dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

Langkah-Langkah Menyunting Teks Eksposisi | Bahasa Indonesia Kelas VIII (Revisi)
www.ilmubindo.com

Penyuntingan merupakan langkah pasca penulisan sebuah teks. Langkah tersebut bertujuan untuk memperoleh tulisan yang baik. Aspek-aspek yang perlu disunting dalam teks eksposisi berkaitan dengan isi, struktur, dan kaidah bahasanya.

A. Aspek Teks Eksposisi

Berikut ini adalah beberapa aspek dalam menyunting teks eksposisi. Adapun beberapa aspek dalam menyunting teks eksposisi adalah sebagai berikut.
  1. Aspek ini berkaitan dengan daya tarik isu, kelugasan argumen, dan kelengkapan fakta. Aspek isi berkaitan pula dengan keakuratan atau ketepatan penggunaan fakta di dalamnya.
  2. Aspek struktur penyajian berkaitan dengan kelengkapan dan ketepatan susunan antarbagian teks. Kalian perlu mencermati bagian-bagian teks, seperti tesis, rangkaian argumen, dan penegasan ulang.
  3. Aspek kebahasaan berkaitan dengan ketepatan penggunaan kata sesuai dengan karakteristik teks eksposisi. Penyuntingan aspek kebahasaan difokuskan pada keektifan kalimat-kalimatnya, penggunaan kata, dan penggunaan ejaan.
B. Menyunting Teks Eksposisi

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam menyunting teks eksposisi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Adapun langkah-langkah dalam menyunting teks eksposisi adalah sebagai berikut.
  1. Sediakan 1 (satu) buah teks eksposisi yang akan kita sunting.
  2. Baca dengan cermat dan saksama teks eksposisi yang akan kita bahas.
  3. Sebelum melakukan kegiatan penyuntingan, kalian harus menyiapkan satu buah Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).
  4. Carilah kesalahan-kesalahan yang terdapat dalam teks eskposisi tersebut. 
  5. Tentukanlah kesalahan dalam teks eksposisi tersebut dengan memerhatikan kesalahan penggunaan ejaan, tanda baca, dan pilihan kata.
  6. Setelah kalian menemukan beberapa kesalahan tersebut, segeralah lakukan perbaikan untuk mendapatkan teks eksposisi yang sempurna
  7. Kegiatan menyunting telah selesai dan siap di kumpulkan kepada Bapak dan Ibu Guru untuk diberi nilai.
C. Contoh Teks Eksposisi

Berikut adalah contoh teks eksposisi yang berjudul "Peningkatan Pendidikan" dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Adapun contoh teksnya adalah sebagai berikut.

Peningkatan Pendidikan

Pendidikan adalah hal yang paling efektif dalam memperbaharui dunia. Hal tersebut dikarenakan pendidikan dapat digunakan sebagai batu loncatan untuk mengetahui segala informasi serta ilmu yang ada.

Banyak sekali upaya yang dilakukan oleh pihal pemerintah contohnya Indonesia dalam melakukan pembangunan gedung sekolah bahkan sampai melakukan kegiatan bebas biaya sekolah atau sekolah gratis. Di Indonesia peningkatan upaya pendidikan memang tergolong lumayan baik. Selain itu hal yang paling utama ialah harus ada minat siswa untuk berprestasi dan belajar. Hal tersebut akan mempermudah pemerintah agar tingkat pendidikan pada siswa semakin meningkat. Sehingga para penerus bangsa dapat memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negaranya.

Jika peserta didik semakin aktif serta diimbangi dengan fasilitas yang baik dapat melakukan kerja sama maka akan meningkatkan martabat Indonesia dikalangan negara-negara di dunia. Jika hal tersebut terjadi maka akan menarik perhatian investor asing untuk menanamkan modalnya di negara semakin meningkat. Peningkatan pendidikan tersebut harus diimbangi dengan kompetensi maupun kualitas guru yang bagus.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang langkah-langkah menyunting teks eksposisi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Mudah-mudahan apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam memahami langkah-langkah menyunting teks eksposisi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Selamat belajar dan semoga bermanfaat. Terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Langkah-Langkah Menyunting Teks Eksposisi | Bahasa Indonesia Kelas VIII (Revisi)

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /