Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contoh Cerita Inspirasi | Bahasa Indonesia Kelas 9 (Revisi)


Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pengertian, ciri-ciri dan contoh teks cerita inspirasi dalam pembelajaran pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam memahami pengertian, ciri-ciri dan contoh teks cerita inspirasi dalam pembelajaran pembelajaran bahasa Indonesia. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami pengertian, ciri-ciri dan contoh teks cerita inspirasi dalam pembelajaran pembelajaran bahasa Indonesia.

Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contoh Cerita Inspirasi | Bahasa Indonesia Kelas 9 (Revisi)
www.ilmubindo.com

A. Pengertian Cerita Inspirasi

Teks cerita inspirasi adalah cerita yang mampu mengilhami, menggugah kesadaran, dan membuka pencerahan pembaca agar terjadi perubahan menuju kebaikan. Melalui teks cerita inspirasi, pembaca akan belajar untuk lebih peka terhadap peristiwa yang terjadi di sekitar. 

B. Ciri-Ciri Cerita Inspirasi

Di bawah ini adalah beberapa ciri-ciri dari cerita inspirasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Adapun ciri-ciri dari cerita inspirasi adalah sebagai berikut.
  1. Memiliki judul
  2. Cerita sistematis
  3. Bentuk cerita tidak terlalu panjang
  4. Isi cerita mengandung simpati, kepedulian, atau empati
  5. Ide cerita bisa muncul dari fenomena dalam masyarakat
  6. Cerita mampu menggugah pembaca untuk melakukan perubahan yang lebih baik
  7. Pesan yang disampaikan secara implisit dan disampaikan dengan memilih kata-kata yang menyentuh hati
  8. Menarik dan mudah dimengerti
C. Contoh Cerita Inspirasi
Di bawah ini adalah contoh cerita inspiratif dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga contoh teks yang admin bagikan ini dapat membantu kalian dalam memahami contoh teks cerita inspirasi. Adapun contoh teks tersebut adalah sebagai berikut.
Seorang Pengusaha yang Berhutang
pada Seorang Rentenir Tua
Ada seorang pengusaha yang berhutang pada rentenir tua. Rentenir itu diketahui tertarik dengan anak perempuan di pengusaha. Suatu hari, ia datang dengan sebuah penawaran kepada si pengusaha. Ia bersedia mengikhlaskan hutang si pengusaha asal diperbolehkan menikahi anaknya.

Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contoh Cerita Inspirasi | Bahasa Indonesia Kelas 9 (Revisi)

Si pengusaha pun menolak tawaran si rentenir. Tapi, rentenir itu tidak menyerah dan mengajukan sebuah penawaran baru. Ia akan mengambil dua batu dan dimasukkannya ke dalam kantung, si pengusaha dipersilakan mengambil satu batu dari kantung itu. Jika ternyata yang diambil batu hitam, mata hutang si pengusaha akan dihapus tapi anak perempuannya akan dinikahi si rentenir.

Si pengusaha pun menyetujui usulan tersebut. Mereka kemudian mengambil batu dari pekarangan. Saat mengambil batu, pengusaha itu melihat si rentenir memasukkan dua batu hitam ke kantung. Pengusaha lalu berpikir keras untuk keluar dari situasi yang tak menguntungkan itu. Saat kantung disodorkan, ia mengambil satu batu lalu ia pura-pura tersandung dan menjatuhkan batunya.

"Aduh, maafkan kecerobohanku, Tuan. Aku tadi sudah mengambil batu tapi terjatuh. Mungkin kita bisa melihat warna batu yang tersisa, saya karena saya pasti mengambil batu yang sebaliknya," kata di pengusaha. Pengusaha cerdik itu menjatuhkan batu yang digenggamnya agar tidak sempat di periksa dan mengatakan jika mengambil batu yang berlawanan dengan ada di kantung. Sebab, pasti batu yang tersisa berwarna hitam. Sehingga ia selamat dari perangkap licik si rentenir.
  
Jiwa Besar, Berkah Besar

Seorang anak yang mengalami cacat tubuh dari lahir, kondisi fisiknya sejak kecil hingga saat berusia 15 tahun ini, sangatlah lemah. Berjalan pun harus menggunakan penyangga tubuh bahkan kursi roda selalu dipersiapkan disekitarnya bila tubuhnya tidak lagi memiliki kekuatan untuk melakukan aktivitas.
Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contoh Cerita Inspirasi | Bahasa Indonesia Kelas 9 (Revisi)

Walaupun begitu, si pemuda kecil itu tidak pernah menampakkan raut muka yang sedih. Senyuman selalu menyungging di setiap kata-kata yang terlontar dari bibirnya. Keluarganya saling menyayangi dan bergantian memberi dukungan baik fisik maupun semangat.
Di suatu senja, saat berdua menikmati matahari kembali ke peraduannya, si kakak membuka pembicaraan, "Dik, kita berandai-andai nih, kalau bisa atau kalau boleh memilih atau kalau ada yang kamu inginkan dan ada yang mau memberi, apa yang ingin kamu ubah di kehidupanmu sekarang?"
Sambil tersenyum santai si adik menjawab " Tidak ada."
"Jangan buru-buru menjawab. Pikir baik-baik dulu. Jika kamu diperbolehkan mengubah, apapun itu, apa yang kamu ingin kamu ubah?" Si kakak penasaran mengulang pertanyaan yang sama.
"Tidak ada Kak! Tidak ada yang ingin aku ubah. Dan mengapa aku harus mengubahnya?" Tanyanya balik.
"Kamu tidak ingin bisa berjalan sendiri? Kamu tidak ingin terlepas dari tongkat penyanggami dan kursi roda itu?" balas si kakak dengan nada sengit.
"Ah, tidak mau. Dengan tongkat peyangga dan kursi roda ini, aku tidak perlu capek berjalan dan mengantre di mana pun. He he he. Kakak sendiri tahu kan, aku sudah bermain bola dari kursi roda dan teman-temanku juga senang bermain denganku. Pokoknya tidak ada apa pun yang ingin aku ubah!" serunya.
Setelah berdiam beberapa saat, si adik terus meneruskan bicaranya, "Kak, jangan marah dulu ya. Sungguh Kak, tidak ada yang ingin aku ubah di kehidupanku sekarang. Karena aku tahu dan sadar, aku tidak mungkin bisa mengubah kondisi tubuhku yang lemah ini. Tetapi aku bahagia dan sangat beryukur yaitu memiliki ayah, ibu, dan kakak yang sangat mencintaiku. Memiliki keluarga dan teman-teman yang baik, telah lebih dari cukup yang bisa aku harapkan. Dan aku tidak ingin merubah semua ini dan menggantikannya dengan apa pun."
Segera si kakak berbalik dan memeluk adiknya sambil berbisik sayang. "Terima kasih Dik, kakak selalu menyayangimu."
Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang pengertian, ciri-ciri dan contoh teks cerita inspirasi dalam pembelajaran pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan ini bermanfaat buat kemajuan belajar anak didik dalam memahami pengertian, ciri-ciri dan contoh teks cerita inspirasi dalam pembelajaran pembelajaran bahasa Indonesia. Selamat belajar dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contoh Cerita Inspirasi | Bahasa Indonesia Kelas 9 (Revisi)

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /