Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contoh Kalimat Penjelas Teks Deskripsi | Bahasa Indonesia Kelas VII



ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pengertian, ciri-ciri, dan kalimat penjelas dalam teks deskripsi bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang pengertian, ciri-ciri, dan kalimat penjelas dalam teks deskripsi bahasa Indonesia. Dan semoga apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami pengertian, ciri-ciri, dan kalimat penjelas dalam teks deskripsi bahasa Indonesia.

Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contoh Kalimat Penjelas Teks Deskripsi | Bahasa Indonesia Kelas VII
www.ilmubindo.com

1. Pengertian Kalimat Penjelas

Kalimat penjelas adalah kalimat yang isinya merupakan penjelasan, uraian, atau berupa perincian tentang kalimat utama suatu paragraf. Kalimat penjelas merupakan uraian mengenai kalimat yang berisi penjelasan atau rincian kalimat utama dalam suatu paragraf. Kalimat penjelas biasanya bersifat khusus, sehingga kalimat tersebut harus menjelaskan secara detil mengenai apa yang menjadi topik.

2. Ciri-Ciri Kalimat Penjelas

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri kalimat penjelas dalam teks deskripsi. Adapun beberapa ciri-ciri teks tersebut adalah sebagai berikut.
  1.  Berupa pendukung suatu kalimat utama yang menyajikan deskripsi, contoh, perbandingan, alasan, dan penjelasan mengenai topik yang di bahas.
  2. Merupakan kalimat yang tidak dapat berdiri sendiri.
  3. Kalimat-kalimat penjelas membutuhkan kata penghubung agar suatu paragraf menjadi koheren atau berkesinambungan.
  4. Merupakan pendukung gagasan pokok kalimat utama
  5. Kalimat tidak otonom
  6. Mendeskripsikan atau menjelaskan topik
  7. Memerlukan penghubung (bahkan, misalnya, contohnya) untuk tercapai keterkaitan antarkalimat.
3. Contoh Kalimat Penjelas

Di bawah ini adalah beberapa contoh kalimat penjelas dalam teks deksripsi. Adapun beberapa contoh kalimat penjelas tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Kanker serviks adalah penyakit yang banyak mengancam kaum wanita di dunia. Beberapa kasus kanker serviks terjadi pada wanita di usia yang masih produktif yaitu sekitar 20-30 tahun. Jumlah kasus kanker serviks di kawasan Asia mencapai kenaikan hingga 12% setiap tahunnya. Hal tersebut dikarenakan tingginya angka penularan penyakit beberapa kaum wanita. Selain itu fakor kurangnya sosialisasi kepada masyarakat akan bahayanya penyakit mematikan ini masih dinilai minim.
  2. Memasuki arus globalisasi, beberapa hal terkait IPTEK yang semakin canggih menjadi boomerang bagi masyarakat Indonesia. Sebagai contoh, saat ini kecanggihan koneksi internet yang semakin mudah diakses bisa menjadi ancaman bagi anak-anak. Wajib di waspadai bagi para orang tua khususnya. Hal tersebut dikarenakan mudahnya akses internet akhir-akhir ini sering disalahgunakan.
  3. Jerawat merupakan suatu kendala bagi sebagian besar remaja. Jika seorang remaja berjerawat, maka akan timbul rasa kurang percaya diri pada dirinya. Hal tersebut akan mengakibatkan seseorang menjadi minder dan malu. Alangkah baiknya jika ketika menginjak usia remaja untuk sering membersihkan wajah sebelum beranjak tidur, sehingga efek akibat radikal bebas dapat dicegah.
4. Contoh Teks Deskripsi

Berikut  ini adalah contoh teks deskripsi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Di dalam teks ini terdapat beberapa contoh kalimat penjelas. Adapun contoh teks deskripsi tersebut adalah sebagai berikut.

Ibuku

Ibuku adalah seorang yang sangat cantik. Tingginya sekitar 165 cm, ibuku memiliki rambut keriting yang berwarna hitam dan berkilau. Dia juga memiliki hidung yang mancung dan sebuah lesung pipi yang membuatnya cantik. Matanya berwarna cokelat seperti mataku. Ibuku memiliki warna kulit coklat muda seperti kebanyakan wanita-wanita Indonesia pada umumnya. Bibir merah dan gigi putihnya memberikan perpaduan sebuah senyuman yang sangat indah. Ibuku tidaklah gemuk dan juga kurus. Menurutku berat badannya cukup proposional. Berat badannya sekitar 55 kg.


Dia adalah orang yang sangat baik, ramah, dan sabar. Ibuku sangat mencintai keluarganya. Dia merupakan seorang ibu yang terbaik di dunia ini. Dia menjalani perannya sebagai ibu rumah tangga dengan baik dan tidak pernah melupakan tanggung jawabnya sebagai seorang ibu. Meskipun dia sangat sibuk bekerja, dia tidak pernah melupakan keluarganya. Ibuku sangat mencintai kebersihan. Dia selalu menjaga rumahnya agar tetap bersih dan sehat. Selain sebagai ibu yang baik, ibuku merupakan chef terhebat yang pernah ada. Dia sangat pintar membuat masakan yang enak. Aku sangat menyukai masakannya terutama ayam goreng buatannya.

Ibuku jug sangat baik dengan orang lain. Dia senang membantu teman dan tetangga kami yang sedang kesusahan. Karena dia memiliki jiwa sosial yang sangat tinggi. Ibuku selalu merasa kasihan melihat orang yang sedang mendapat musibah. Ibuku sangat disiplin dan keras mengenai agama. Dia sangat rajin beribadah dan selalu mengingatkan kami untuk terus beribadah. Banyak hal yang tak bisa aku ungkapkan tentang ibuku karena menurutku ibuku adalah ibu yang sempurna biat diriku dan keluargaku. Aku berharap bisa menemukan seorang ibu seperti dia untuk anak-anakku kelak.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang pengertian, ciri-ciri, dan contoh kalimat penjelas dalam teks deskripsi. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam memahami pengertian, ciri-ciri, dan contoh kalimat penjelas dalam teks deskripsi. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contoh Kalimat Penjelas Teks Deskripsi | Bahasa Indonesia Kelas VII

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /