Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Perbandingan/Pertentangan Teks Eksposisi | Bahasa Indonesia Kelas VIII (Revisi)



ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pengertian perbandingan dan pertentang dalam teks eksposisi lengkap dengan contohnya. Semoga apa  yang admin bagikan ini dapat membantu peserta didik dalam mencari referensi tentang pengertian dan contoh perbandingan dan pertentangan dalam teks eksposisi. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan anak didik di sekolah, khususnya materi teks eksposisi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Berikut ini adalah pengertian dan contoh perbandingan atau pertentangan. 


Perbandingan/Pertentangan Teks Eksposisi | Bahasa Indonesia Kelas VIII (Revisi)
www.ilmubindo.com

A. Pengertian Perbandingan/Pertentangan

Perbandingan/Pertentangan merupakan tipe analisis dengan menggunakan teknik pengembangan paragraf dari paragraf itu sendiri. Kalimat utama yang mengandung pokok pikiran dalam paragraf dapat dijelaskan dengan cara membandingkan dengan masalah lain. Aspek yang dipakai sebagai pembanding harus bersifat konkret atau paling tidak sudah diketahui oleh masyarakat umum.

B. Contoh Perbandingan/Pertentangan

Di bawah ini adalah beberapa contoh teks teks eksposisi perbandingan/pertentangan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Adapun beberapa contoh teks eksposisi tersebut adalah sebagai berikut.

1) Perbandingan/Pertentangan

Di banyak kota besar, kemacetan lalu lintas di jalan raya menjadi persoalan yang pelik. Sebenarnya, ini merupakan hal yang tidak aneh. Meskipun demikian, kemacetan lalu lintas merupakan keadaan yang menjengkelkan kita sebagai pengguna jalan. Jika diperhatikan, pada waktu-waktu tertentu lalu lintas di jalan-jalan tampak macet. Pada pagi hari, kemacetan lalu lintas mulai terasa ketika warga mulai berangkat ke tempat kerja dan para pelajar berangkat sekolah.

Penyebabnya diantaranya adanya persilangan dengan jalan kereta api, banyaknya kendaraan yang lalu lalang, banyak jalan yang digunakan sebagai parkir, dan polisi lalu lintas tidak tampak pada tempatnya saat lampu lalu lintas mati, dan sebagainya.

Dengan demikian, akibat kemacetan lalu lintas pun muncul seperti waktu yang terbuang percuma, polusi udara dan suara. Bahkan, dapat mengakibatkan stres.

2) Perbandingan/Pertentangan

Tibalah masa yang ditunggu-tunggu dengan dada berdebar-debar. Pertandingan sepak bola babak semifinal antara SMP  1 dan SMP Persada. Yunus sudah melakukan pemanasan di pinggir lapangan dengan sepatu Adidas putih, kaus seragam berwarna merah dengan nomor punggung 9, yang tentu saja tanpa nama. Anto juga terlihat makin gagah berbalut seragam tim. Barangkali siswi perempuan memang senggaja memilih warna merah agar serasi melekat di tubuh Jonatan yang keling atau aku yang sawo matang. Di dalam tim kami, ada empat orang yang bersepatu yakni, Arnol, Anto, Supomo, dan Yunus. Sedangkan Jonatan senasib denganku, nyeker.

Tim lawan SMP 2, sudah bersiap-siap di pinggir lapangan di seberang tim kami. Empat orang pemain utama mereka Tono, Agus, Toni, dan Andi adalah sitatap dengan denganku. Aku tahu tingkat kemampuan mereka karena rata-rata sekali seminggu aku bermain sepak bola bersama dengan mereka dengan tim kami. Laksana jauh panggang dari api atau bagaimana langit dan bumi. Kaus mereka seragam, warna Biru langit. Di bagian punggung, di bawah nomor punggung, nama mereka tercetak dengan jelas dan terbaca dari kejauhan. Dengan demikian, setiap ada bertukar kaus seperti yan terjadi, nanti pada tim kami. Celana mereka seragam putih mengkilap. Begitu juga dengan kaus kaki. Hanya sepatu yang beraneka ragam, tapi tetap lebih baik dari tim kami yang dua orang pemainnya masih nyeker. Sekali lagi membandingkan tim sepak bola "sekolah negara" ini tentu jauh berbeda dengan sekolah kami.

C. Contoh Teks Eksposisi

Berikut ini adakah contoh teks eksposisi tentang ekonomi yang berjudul "Perkembangan Ekonomi Indonesia" dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Adapun contoh teks eksposisi tersebut adalah sebagai berikut.

Perkembangan Ekonomi Indonesia

Perkembangan ekonomi Indonesia tetap menunjukkan hasil yang efektif walapun keadaan ekonomi dunia sedanh mengalami krisis. Peningkatan ekonomi tersebut kurang lebih 6,4% lebih baik dibandingkan tahun lalu. Hal tersebut dibuktikan berdasarkan catatan suku tahun. Perkembangan ekonomi Indonesia tercatat 57,5% untuk wilayah pulau Jawa. Hal tersebut membuat Pulau Jawa menjadi pusat perkembangan ekonomi. Jika dikumpulkan menjadi satu maka perkembangan semester 1 tahun 2015 yan hanya berkembang sebanyak 6,3%.

Walaupun demikian perkembangan ekonomi Indonesia mengalami ketidaknormalan. Hal tersebut dikemukakan oleh peneliti ekonomi Indonesia for global justice yang bernama Salamuddin Daeng. Salamuddin Daeng berpandangan bahwa perkembangan ekonomi yang terjadi di Indonesia tidak diimbangi dengan perkembangan kesejahteraan rakyat. Adapula faktor lain yang membuat perkembangan ekonomi Indonesia mengalami ketidaknormalan.

Faktor tersebut dapat dibagi menjadi empat yaitu perkembangan ekonomi dapat dipengaruhi oleh daya konsumsi rakyat yang berlebihan, semakin banyaknya hutang Indonesia yang bertujuan untuk mengembangkan perekonomian rakyat, sumber daya alam Indonesia semakin dikuasai oleh pihak asing karena banyaknya penanaman modal asing di negara Indonesia, maupun adanya ekspor bahan mentah keluar negeri yang semakin meningkat.

Selain Salamuddin Daeng ada pula peneliti ekonomi dari Universitas Gajah Mada bernama A Tony Prasetiantono yang berpendapat bahwa perkembangan ekonomi Indonesia ditopang oleh area dalam negeri. Namun akibat dari krisis global yang terjadi maka membuat ekspor pada suku ke tiga maupun keempat tahun ini menurun serta terjadinya penurunan angka perdagangan di Indonesia. Menurutnya hanya sedikit jumlah angka donatur ekspor terhadap PDB.

Dengan tingkat biaya yang lebih besar dengan tingkat aspirasi pemerintah yang cepat dapat mendukung perkembangan Indonesia sesuai pendapat dari A Tony. Hal tersebut dapat membuat indikator perubahan ekonomi menjadi kurang dari 5%. Jika jumlah inflasi menurun maka jumlah tunjangan akan semakin membesar.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang pengertian dan contoh teks perbandingan atau pertentangan dalam bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang teks eksposisi. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Perbandingan/Pertentangan Teks Eksposisi | Bahasa Indonesia Kelas VIII (Revisi)

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /