Contoh Soal Melengkapi dan Menentukan Kerangka Isi Sesuai Tema Karya Sastra (USBN 2019/2020)

ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh soal USBN bahasa Indonesia kelas 9 dengan indikator soal yang diujikan adalah anak didik mampu menentukan dan melengkapi kerangka isi sesuai dengan tema karya sastra. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang contoh soal USBN bahasa Indonesia kelas 9 dengan indikator soal yang diujikan adalah anak didik mampu menentukan dan melengkapi kerangka isi sesuai dengan tema karya sastra. Dan harapannya, apa yang admin bagika kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembang dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami contoh soal USBN bahasa Indonesia kelas 9 dengan indikator soal yang diujikan adalah anak didik mampu menentukan dan melengkapi kerangka isi sesuai dengan tema karya sastra.

Contoh Soal Melengkapi dan Menentukan Kerangka Isi Sesuai Tema Karya Sastra (USBN 2019/2020)
 www.ilmubindo.com

1.  Perhatikan kutipan teks berikut!
Bila saja dia berhenti untuk berpikir, dia akan tahu itu hanyalah bayangannya. Tapi anjing itutidak berpikir apa-apa dan malah menjatuhkan tulang yang dibawahnya dan langsung melompat ke dalam sungai. Anjing tersebut akhirnya dengan susah payah berenang menuju ke tepi sungai. Ketika dia selamat sampai di tepi sungai, dia hanya bisa berdiri termenung dan sedih karena tulang yang dibawanya malah hilang. Dia pun akhirnya menyesali apa yang baru saja terjadi lalu menyadari betapa bodohnya dirinya.

Tema yang terkandung dalam teks tersebut adalah ....
A. keserakahan
B. bayangan membawa penyesalan
C. berpikir itu penting
D. terburu-buru

2. Perhatikan cerpen berikut!
"Rumah kita kemasukan pencuri," sahut Bu Roni. Dia merasa sulit bernapas tatkala melihat isi lemari berantakan. Uang dan perhiasaanya telah lenyap. Juga televisi dan beberapa perlengkapan elektronik yang ada diruang tengah. Bu Roni terduduk lemas tatkala melihat catatan kecil di atas bantal, "Sekarang kalian tahu siapa pengirim karcis itu."

Tema kutipan cerpen di atas adalah ....
A. pemberian karcis pertunjukkan 
B. pencurian
C. catatan kecil
D. kehilangan uang

3. Sesungguhnya sungai banyak bermanfaat bagi masyarakat. Selain untuk mengairi areal persawahan, masih banyak manafaat yang lain seperti untuk sumber bahan baku air minum yang diolah oleh PAM dan sarana transportasi masyarakat. Bahkan, di beberapa daerah, sungai menjadi tempat objek wisata yang menarik. Tetapi karena kecerobohan masyarakat membuang sampah dan limbah sungai, menjadikan sungai sebagai penyebab terjadinya banjir yang menyengsarakan masyarakat. Seharusnya masyarakat ikut menjaga kelestarian air sungai dengan tidak membuang sampah ke sungai

Tema paragraf tersebut adalah ....
A. lingkungan
B. bencana alam
C. kehidupan
D. kesehatan

4. Cara yang umum dipakai untuk membuang sekam adalah dengan membakarnya di tempat terbuka atau di sawah-sawah. Namun, untuk membakarnya kita pun harus hati-hati. Kita harus terlebih dahulu mengetahui ke mana arah angin. Bila arah angin bertiup ke kampung-kampung, kita tidak boleh membakar sekam tadi. Karena hal itu dapat menyebabkan pencemaran udara bagi kampung-kampung tersebut.  Asap hitam adalah akibat pembakaran yang akan dibawa angin ke arah kampung-kampung bersangkutan.

Tema paragraf tersebut adalah ....
A. cara menghindari bahaya sekam
B. pembakaran sekam di sawah
C. cara membakar sekam yang benar
D. sekam sebagai bahan pencemaran

5. Mertua si Kabayan sangat jengkel kepada menantunya. Setiap hari si Kabayan hanya bermalas-malasan. Saat mertuanya meminta bantuan, si Kabayan selalu menolak dengan segala macam alasan. Semua nasihat mertuanya sedikit pun tidak mengubah sikap jeleknya itu. " Dasar Kabayan si Tebal Muka!" umpat mertuanya.

Tema cerita tersebut adalah ....
A. sikap jelek si Kabayan
B. penolakan si Kabayan
C. kemalasan si Kabayan
D. kejengkelan si Kabayan

6. Komputer sangat meringankan beban manusia dalam bekerja. Komputer dapat membantu manusia mengetik, menyimpan data, atau menganalisis data. Komputer tidak hanya membantu pekerjaan manusia. Komputer dapat memberi hiburan bagi manusia. Saat bosan manusia bisa mendengarkan musik dan bermain game dari komputer.

Paragraf tersebut mengandung tema ....
A. teknologi
B. pekerjaan 
C. pengolahan data
D. hiburan

7. Pada suatu senja dengan hati-hati aku utarakan permintaanku kepada ibu. Aku ingin, ibu membelikan aku sepeda baru. Ibu diam saja, tidak menolak, juga tidak mengiyakan. Ibu masuk kamar. Beberapa saat kemudian aku susul ibu ke kamar. Ternyata, ibu sedang menelungkup di ranjang sambil menangis tersedu-sedu. Aku kasihan melihat ibu menangis. Ibu mengucurkan air mata. Air mata mengucur sangat deras. Dengan terbata-bata ibu berbisik, "Anakku, Inu tidak punya uang." Hingga saat ini tangis ibu saat masih jelas teriang di telingaku.

Tema paragraf tersebut adalah ....
A. transportasi
B. budi pekerti
C. peristiwa
D. keluarga

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang contoh soal USBN bahasa Indonesia kelas 9 dengan indikator soal yang diujikan adalah anak didik mampu menentukan dan melengkapi kerangka isi sesuai dengan tema karya sastra. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam memahami contoh soal USBN bahasa Indonesia kelas 9 dengan indikator soal yang diujikan adalah anak didik mampu menentukan dan melengkapi kerangka isi sesuai dengan tema karya sastra. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

BUKA SOAL