Contoh Soal Melengkapi Kata pada Bagian Teks Nonsastra (USBN SMP 2019/2020)

ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh soal USBN bahasa Indonesia kelas 9 dengan indikator soal yang diujikan adalah anak didik mampu melengkapi kata pada bagian teks nonsastra. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang contoh soal USBN bahasa Indonesia kelas 9 dengan indikator soal yang diujikan adalah anak didik mampu melengkapi kata pada bagian teks nonsastra. Dan harapannya apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami contoh soal USBN bahasa Indonesia kelas 9 dengan indikator soal yang diujikan adalah anak didik mampu melengkapi kata pada bagian teks nonsastra.

Contoh Soal Melengkapi Kata pada Bagian Teks Nonsastra (USBN SMP 2019/2020)
www.ilmubindo.com

1. Cermatilah paragraf rumpang berikut!
Pak Aris adalah pemilik [...] Sumber Waras. Dalam penyusunan jenis obat, beliau selalu lakukan dengan cara yang [...]. Misalnya dengan membuat urutan secara [...]. Jenis dan kelompok obat dikelompokkan sesuai abjad. Selain itu, Pak Aris juga memisahkan antara obat generik dengan obat paten. Hal ini akan mempermudah pelayanan kepada pelanggan.

Kata  baku yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A. apotik, sistimatis, alfabet
B. apotik, sistematis, alfabetis
C. apotik, sistematik, alfabetis
D. apotek, sistematis, alfabetik

Pembahasan: 
Agar membentuk paragraf padu, bagian-bagian rumpang tersebut harus diisi dengan kata-kata baku yang tepat. Kata-kata baku yang tepat adalah apotek, sistematik, dan alfabetis. Kata apotik tidak baku. Sementara itu, kata sistematis dan alfabet tidak tepat untuk melengkapi kalimat dalam paragraf tersebut. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

2. Cermatilah paragraf rumpang  berikut!
Era globalisasi dan [...] menuntut kita untuk bertindak cepat, mudah, efektif, hingga [...]. Globalisasi mendidik kita untuk mencapai tujuan sesempurna mungkin, bahkan dengan menghalalkan segala cara. Oleh karena itu, manusia modern cenderung [...].

Kata serapan yang tepat penulisannya untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A. modernisasi, instant, individualistik
B. modernisasi, instan, individualis
C. modern, instan, individualis
D. modernisasi, istant, individualis

Pembahasan: 
Bagian rumpang tersebut dapat diisi dengan kata serapan modernisasi, instan, dan individualistik tidak tepat penulisannya. Jadi, jawaban yang tepat terdapat pada pilihan jawaban B.

3. Cermatilah paragraf rumpang berikut!
Keluarga kami tinggal di lingkungan yang terdiri atas berbagai suku bangsa. Rumah-rumah warga  yang tinggal di lingkungan kami diberi cat [...]. Anak-anak suka bermain di taman yang disediakan. Buku-buku dan surat kabar yang tersedia di perpustakaan desa menjadi bacaan rutin [...] di desa kami. Sikap [...] merupakan kebiasaan warga yang selalu terpelihara di desa kami.

Kata ulang yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A. warna-warni, muda-mudi, tolong-menolong
B. warna-warna, muda-mudi, tolong-tolong
C. warna-warni, muda-muda, tolong-ditolong
D. warna-warna, muda-mudi, tolong-menolong

Pembahasan:
Kata ulang yang tepat untuk mengisi bagian rumpang tersebut adalah warna-warni,muda-mudi, dan tolong-menolong. Kata ulang warna-warna, muda-muda, tolong-tolong dan tolong-ditolong tidak tepat untuk mengisi kalimat rumpang tersebut. Jadi, jawaban benar terdapat pada pilihan jawaban A.

4. Cermatilah paragraf rumpang berikut!
Era globalisasi membawa banyak perubahan terhadap gaya hidup masyarakat. Salah satunya adalah kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi mencipatakan berbagai macam peralatan yang membantu manusia dalam bekerja [...]. Bermain adalah salah satu jenis hiburan pilihannya. Dengan berkembang nya teknologi yang mencakup banyak aspek, jenis-jenis dari permainan pun mendapatkan pengaruhnya. Aspek tersebut menyebabkan munculnya istilah permainan modern.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah ....
A. permainan modern merupakan jenis permainan yang memanfaatkan teknologi di dalamnya
B. kemajuan pengetahuan dan teknologi juga memberikan hiburan ketika manusia ingin bersantai
C. jenis permainan modern menberikan banyakdampak negatif terhadap perkembangan anak
D. oleh karena itu, diperlukan kebijaksanaan orang tua dalam menyikapi masalah tersebut.

Pembahasan: 
Kalimat pengisi bagian rumpang dapat ditentukan berdasarkan kalimat-kalimat sebelum dan sesudah bagian rumpang. Bagian rumpang tersebut harus  diisi dengan kalimat tepat agar paragraf tersebut padu. Kalimat tepat untuk melengkapi bagian rumpang paragraf tersebut adalah Kemajuan pengetahuan dan teknologi juga memberikan hiburan ketika manusia ingin bersantai. Kalimat pada pilihan A, C, dan D tidak tepat untuk melengkapi paragraf.

5.  Bacalah kutipan teks berikut!
Dalam program pemulihan ... ini, aneka tumbuhan diberi kesempatan bernapas lega. Begitu juga binatang untuk dapat tumbuh dan berkembang biak dengan baik." Dalam program ini juga dilakukan pembersihan sampah terutama sampah plastik," ujar dia.

Kata yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang teks di atas adalah ....
A. ekologi
B. ekosistem
C. habitat
D. biotik

Pembahasan:
Dalam keempat pilihan jawaban kata yang paling tepat adalah ekosistem karena arti kata ekosistem adalah keanekaragaman suatu komunitas dan lingkungannya yang berfungsi sebagai satu satuan ekologi di alam. Arti tersebut sesuai dengan konteks kalimat dalam teks.

6. Bacalah paragraf rumpang berikut!
Minat baca masyarakat Indonesia harus [...] dan buta aksara harus terus diberantas. Peningkatan minat baca perlu dilakukan karena pada masa perkembangan teknologi, masyarakat disuguhi informasi di berbagai media. Media itu harus di manfaatkan masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan.

Kata yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah ....
A. dinaikkan
B. diharuskan
C. ditingkatkan
D. diwujudkan

Pembahasan: 
Kata tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah ditingkatkan. Kata dalam pilihan jawaban A, B, dan D tidak sesuai dengan konteks paragraf tersebut. Kata ditingkatkan ini dipertegas oleh kalimat berikutnya dengan kata peningkatan.

7. Bacalah teks rumpang berikut!
PETUNJUK CARA MENGKRITIK SESUATU
(1) Miliki pengetahuan yang cukup tentang hal yang akan dikritik.
(2) (....).
(3) Buat catatan objektif tentang kelebihan dan kekurangan
(4) (....).
(5) Sampaikan kritik dengan bahasa yang santun

Bagian nomor (2) dan (4) pada petunjuk tersebut tepat dilengkapi dengan kalimat ....
A. (2) Mengkritik berarti memberikan penilain yang objektif.
(4) Bila mendapat kritikan terima dengan hati yang lapang.
B. (2) Pelajari dengan cermat karya yang akan dikritik.
(4) Pikirkan kembali sebelum dikritik disampaikan
C. (2) Berikan bantahan jika kritikan tidak sesuai dengan fakta.
(4) Pikirkan kembali sebelum kritik disampaikan.
D. (2) Mengkritik berarti menilai dengan objektif dan masuk akal.
(4) Kekurangan yang tidak objektif, dapat kita bantah.

Pembahasan:
Kalimat-kalimat tersebut merupakan urutan ketika kita akan menyampaikan kritik. Oleh karena urutan (1) menyampaikan konsep kritik, maka urutan (2) menjelaskan konsep tersebut, yaitu menjelaskan kegiatan mengkritik. Berdasarkan pilihan jawaban tersebut yaitu mengkritik berarti menilai dengan objektif dan masuk akal. Kemudian, karena urutan (3) menjelaskan langkah, yaitu membuat catatan objektif tentang kekurangan dan kelebihan, maka urutan (4) menjelaskan catatan objektif tentang kelebihan ataupun kekurangan yang tidak objektif, dapat kita bantah. Jadi, pilihan jawaban yang benar adalah D.

8. Bacalah kutipan teks berikut!
Burhan Addurahman menyadari bahwa momentum ini dapat diperdayakan untuk mendongkrak pariwisata wilayahnya. [....] dia dan jajarannya sudah menyiapkan aneka festival serta mengenalkan berbagai tujuan wisata. "Harapan kami tahun ini menjadi momentum kebangkitan wisata Ternate," katanya.

Konjungsi antarkalimat yang tepat untuk mengisi bagian rumpang teks di atas adalah ....
A. sedangkan
B. namun
C. oleh karena itu
D. jadi

Pembahasan:
Hubungan isi antara kalimat pertama dan kedua merupakan hubungan penyebaban. Kalimat pertama membicarakan momentum yang dapat diberdayakan mendongkrak pariwisata maka pada pada kalimat kedua dituliskan tentang persiapan yang mendukung pemberdayaan untuk mendongkrak pariwisata tersebut.

9. Bacalah teks berikut!
Tak hanya Ternate dan Tidore yang menyiapkan acara yang meriah. Belasan kota di 12 provinsi lain juga bersiap menyambut gerhana ini dengan sangat [...]. Padahal, 33 tahun yang lalu, tatkala gerhana matahari total melintasi Jawa Tengah saat itu, masyarakat dicekam kecemasan dan ketakutan. Masyarakat terdiam di rumah masing-masing. Minimal, sejak setahun lagu, pemerintah pusat daerah sudah berkoar-koar berjualan menikmati sensasi peristiwa langka ini. Aneka festival disiapkan dalam paket perjalanan bagi para pelancong.

Kata yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang teks di atas adalah ....
A. antusias
B. spektakuler
C. gegap-gempita
D. meriah

Pembahasan:
Sesuai dengan konteks kalimat di atas maka kata yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang adalah kata antusias. Antusias berarti bersemangat atau bergairah.

10. Teh kayu manis hangat atau pisang kepok goreng sebagai makanan penutup dihidangkan serta api unggun mulai dinyalakan. Setiap orang seakan-akan terbius suasana di sore hari yang sempurna itu. Kami terdiam, -entah bahkan takjub entah hanya kekenyangan-memandangi matahari senja berwarna merah membara yang mulai merambat turun. Aneka burung laut, seperti kedidi atau trinil, beterbangan menuju peraduannya di hutan di belakang kami.

Kata penghubung yang tepat untuk memperbaiki kata penghubung yang dicetak miring pada paragraf tersebut adalah ....
A. atau, tetapi, sebab
B. yaitu, bahkan, bahwa
C. serta, yakni, dan
D. dan, saat, karena

Pembahasan:
Konjungsi dan, saat, dan karena tepat karena sesuai dengan konteks isi kalimat dan sesuai dengan arti ketiga konjungsi tersebut.

Demikianlah contoh soal USBN bahasa Indonesia kelas 9 dengan indikator soal yang diujikan adalah anak didik mampu melengkapi kata pada bagian teks nonsastra. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam memahami contoh soal USBN bahasa Indonesia kelas 9 dengan indikator soal yang diujikan adalah anak didik mampu melengkapi kata pada bagian teks nonsastra. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

BUKA SOAL