Contoh Soal Melengkapi Kerangka Isi Sesuai Judul | USBN Bahasa Indonesia Kelas 9 (Tahun 2019/2020)

ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh soal USBN bahasa Indonesia kelas 9 lengka dengan kunci jawaban. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang contoh soal USBN bahasa Indonesia kelas 9 lengka dengan kunci jawaban. Dan harapannya apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami contoh soal USBN bahasa Indonesia kelas 9 lengka dengan kunci jawaban dan pembahasan. 

Contoh Soal Melengkapi Kerangka Isi Sesuai Judul | USBN Bahasa Indonesia Kelas 9 (Tahun 2019/2020)
www.ilmubindo.com

1. Perhatikan teks berikut!
Banyuwangi memang fenomenal di bidang wisata. Banyak sekali destinasi wisata yang ditawarkan di kabupaten yang luasnya 5.782,50 km². Asal tahu saja, kabupaten Banyuwangi merupakan kabupaten terluas di Pulau Jawa. Bahkan luasnya melebihi luas Pulau Bali. Letaknya yang berhadapan langsung dengan Pulau Bali menjadikan kota Banyuwangi merupakan pintu utama menuju Pulau Bali melalui Pelabuhan Ketapang. Banyuwangi memiliki bandara udara Belimbing  Sari yang memiliki jalur penerbangan Denpasar.

Struktur teks laporan tersebut adalah ....
A. deskripsi manfaat
B. deskripsi bagian
C. definisi bagian
D. definisi umum

2.  Bacalah teks berikut!
Jika ketagihan akan sesuatu hal, seperti belanja, makan, games, menimbulkan masalah sesudahnya, Anda mulai perlu mengontrol diri. Kontrol pikiran menjadi solusi ampuh untuk mengatasi berbagai masalah ini. Pikiran menjadi sumber utama dan dengan berpuasa lima menit, Anda dapat menahan diri dari segala godaan yang datang.

Struktur teks eksposisi tersebut adalah ....
A. tesis
B. deksripsi
C. argumentasi
D. penegasan ulang

3. Bacalah teks berikut!
Film "Tiga Dara" yang diproduksi pada 1956, diputar lagi dibioskop sejak 11 Agustus 2016. Film lawas ini pantas menjadi kenangan sepanjang masa. Kita mau mengenang apa atau siapa? Sekian orang mengenang dan mengagumi para pemeran dalam film itu. Sanjungan kepada sutradara Usmar Ismail tentu tak lupa diberikan lewat tepuk tangan sejenak. Penonton mungkin terkesima melihat busana dan berbagai benda dari masa lalu di sana.

Struktur teks ulasan tersebut adalah ....
A. rangkuman
B. evaluasi
C. tafsiran
D. orientasi

4. Bacalah kutipan teks tersebut!
Bahan:
1 cup susu kental manis
1 cup susu cair UHT
4 cup air
2,5 gr bubuk agar-agar
Garam secukupnya
Selai cokelat
Kacang tanah sangrai, potong kecil

Struktur teks prosedur tersebut adalah ....
A. penutup
B. bahan-bahan dan alat
C. langkah-langkah
D. tujuan

5. Bacalah teks berikut!
Sebaiknya kita sebagai orang tua mengawasi atau memantau penggunaan ponsel pintar yang dipakai oleh anak-anak di bawah umur, sehingga tidak akan sampai terjadi hal-hal yang berdampak negatif pada anak-anak di bawah umur. Justru sebaliknya, penggunaan telepon genggam tersebut harus dapat meningkatkan kecerdasan anak-anak di bawah umur tersebut.

Struktur teks tanggapan tersebut adalah ....
A. orientasi
B. evaluasi
C. deskripsi teks
D. Penegasan ulang

6. Bacalah teks berikut!
Aceh Singkil merupakan daerah yang kaya dengan potensi wisata. Apalagi, daerah ini memiliki tiga lokasi suaka alam yang potensial menjadi objek wisata alam, yakni Suaka Margasatwa Rawa Singkil, Taman Wisata Alam Laut Pulau Banyak, dan Taman Wisata Alam Pulau Banyak.

Struktur teks tersebut adalah ....
A. deskripsi manfaat
B. definisi umum
C. deskripsi penjelas
D. deskripsi bagian

7.  Bacalah teks berikut!
Kementerian Ketegakerjaan RI (Kemenaker) menandatangani kerja sama lintas kementerian dan pameran kesempatan kerja (job fair). Langkah tersebut dilakukan untuk mewujudkan terget dua juta penempatan tenaga kerja Indonesia setiap tahunnya.

Struktur teks eksposisi tersebut adalah ....
A. tesis
B. argumentasi
C. definisi umum
D. penegasan ulang

8. Bacalah paragraf rumpang berikut!
Minat baca masyarakat Indonesia harus [...] dan buta aksara harus terus diberantas. Peningkatan minat baca perlu dilakukan karena pada masa perkembangan teknologi, masyarakat disuguhi informasi di berbagai media. Media itu harus di manfaatkan masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan.

Kata yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah ....
A. dinaikkan
B. diharuskan
C. ditingkatkan
D. diwujudkan

9. Bacalah teks rumpang berikut!
PETUNJUK CARA MENGKRITIK SESUATU
(1) Miliki pengetahuan yang cukup tentang hal yang akan dikritik.
(2) (....).
(3) Buat catatan objektif tentang kelebihan dan kekurangan
(4) (....).
(5) Sampaikan kritik dengan bahasa yang santun

Bagian nomor (2) dan (4) pada petunjuk tersebut tepat dilengkapi dengan kalimat ....
A. (2) Mengkritik berarti memberikan penilain yang objektif.
(4) Bila mendapat kritikan terima dengan hati yang lapang.
B. (2) Pelajari dengan cermat karya yang akan dikritik.
(4) Pikirkan kembali sebelum dikritik disampaikan
C. (2) Berikan bantahan jika kritikan tidak sesuai dengan fakta.
(4) Pikirkan kembali sebelum kritik disampaikan.
D. (2) Mengkritik berarti menilai dengan objektif dan masuk akal.
(4) Kekurangan yang tidak objektif, dapat kita bantah.


10. Bacalah kutipan teks berikut!
Burhan Addurahman menyadari bahwa momentum ini dapat diperdayakan untuk mendongkrak pariwisata wilayahnya. [....] dia dan jajarannya sudah menyiapkan aneka festival serta mengenalkan berbagai tujuan wisata. "Harapan kami tahun ini menjadi momentum kebangkitan wisata Ternate," katanya.

Konjungsi antarkalimat yang tepat untuk mengisi bagian rumpang teks di atas adalah ....
A. sedangkan
B. namun
C. oleh karena itu
D. jadi

11. Bacalah teks berikut!
Tak hanya Ternate dan Tidore yang menyiapkan acara yang meriah. Belasan kota di 12 provinsi lain juga bersiap menyambut gerhana ini dengan sangat [...]. Padahal, 33 tahun yang lalu, tatkala gerhana matahari total melintasi Jawa Tengah saat itu, masyarakat dicekam kecemasan dan ketakutan. Masyarakat terdiam di rumah masing-masing. Minimal, sejak setahun lagu, pemerintah pusat daerah sudah berkoar-koar berjualan menikmati sensasi peristiwa langka ini. Aneka festival disiapkan dalam paket perjalanan bagi para pelancong.

Kata yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang teks di atas adalah ....
A. antusias
B. spektakuler
C. gegap-gempita
D. meriah

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang contoh soal USBN bahasa Indonesia kelas 9 lengka dengan kunci jawaban. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam memahami contoh soal USBN bahasa Indonesia kelas 9 lengka dengan kunci jawaban. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

BUKA SOAL