Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Kumpulan 10+ Contoh Teks Berita Terbaru 2019 | Bahasa Indonesia Kelas 8 (Revisi)



ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal teks berita dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas 8 revisi. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam memahami contoh soal teks berita. Dan harapannya  semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang beberapa contoh teks berita dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas 8 revisi terbaru. Adapun beberapa contoh teks berita adalah sebagai berikut.

Pemangkas Suku Bunga AS Bikin Rupiah Terkapar

Kumpulan 10+ Contoh Teks Berita Terbaru 2019 | Bahasa Indonesia Kelas 8 (Revisi)

Jakarta - Nilai tukar rupiah pada perdagangan pasar spot Kamis, (31/10) berada di posisi Rp14.042 per dolar AS (USD). Kurs mata uang garuda tercatat melemah 12 poin atau 0,09 persen dibandingkan perdagangan Rabu di level Rp14.030 per USD.

Sedangkan kurs referensi Bank Indonesia (BI) Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) menempatkan rupiah di posisi Rp14.008 per USD, atau melemah dibandingkan posisi Rabu (30/10), Rp14.044 per USD. Sore hari kemarin mayoritas mata uang di kawasan Asia menguat terhadap dolar AS. Tercatat, Peso Filipina menguat 0,39 persen, won Korea menguat 0,37 persen, yuan Tiongkok 0,13 persen, dan yen Jepang 0,42 persen. 

Selanjutnya, baht Thailand. dolar Singapura, dan ringgit Malaysia masing-masing menguat sebesar 0,10 persen. Sementara, pelemahan terjadi pada rupee India 0,11 persen, dan lira Turki yang melemah sebesar 0,28 persen terhadap dolar AS.

Di negara maju, mayoritas nilai tukar menguat terhadap dolar AS. Poundsterling Inggris menguat0,37 persen, dolar Australia 0,22 persen, dan euro keok 0,19 persen, sedangkan dolar Kanada turun tipis 0,05 persen.

Direktur PT Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi menilai pelemahan rupiah terjadi akibat pemangkasan suku bunga dari The Fed. Kemudian bank sentral AS juga mengisyaratkan bahwa mereka mungkin menghentikan rencana kenaikan suku bunga di masa depan. 

Pemkab Prioritaskan Proyek Pengendali Banjir

Kumpulan 10+ Contoh Teks Berita Terbaru 2019 | Bahasa Indonesia Kelas 8 (Revisi)

Tenggarong - Penanggulangan banjir di Tenggarong terus dilakukan. Pembersihan sedimentasi di parit-parit serta pembuatan saluran air baru mulai dikerjakan. Langkah taktis itu dikebut sambil memulihkan kembali fungsi Sungai Kejawi di Tenggarong.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kukar Muhammad Yamin didampingi Kasi Pemanfaatn Sungai Danau Waduk Rawa dan Pantai Dinas PU Kukar Syarifah Rositah mengatakan, sejumlah proyek untuk mengendalikan banjir di Tenggarong akan digarap hingga akhir tahun.

Tak hanya melakukan pengangkat sedimentasi di lokasi yang rawan, proyek pembuatan jalur pembuangan air baru terus dikerjakan. "Ada juga yang harus memotong jalan untuk mempercepat aliran air ke sungai," ujar Yamin.

Kegiatan pembuatan parit yang baru diantara berada di Jalan Ahmad Dahlan, Jalan AM Sangaji, hingga Jalan Imam Bonjol. Beberapa pelebaran parit dilakukan, menyesuaikan kebutuhan debit air. "Karena penganan debit air ini juga menjadi atensi Pemkab Kukar untuk segera diselesaikan. Ini akan terus berlanjut hingga 2020," tambahnya.

"Bupati sangat serius menangani banjir ini. Karena itu beliau turun langsung melihat parit-parit menjelang musim hujan. Bahkan sampai ikut membersihkan langsung bersama warga," ujarnya. Proses pengerjaan penanggulangan banjir ini terus berkelanjutan. Pada 2020, kata dia, pihaknya akan melakukan proyek pembuatan serta normalisasi saluran air secara masif. Dengan demikian, diharapkan satu tahun anggaran bisa tuntas persoalan banjir tersebut. 

Perkuat Industri Kelapa Sawit

Kumpulan 10+ Contoh Teks Berita Terbaru 2019 | Bahasa Indonesia Kelas 8 (Revisi)

Bali - Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan pertanian Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Musdalifah Mahmud menyampaikan saat ini rancangan peraturan tersebut sudah ditandatangani presiden "Ada tiga. Belum terbit, tapi sudah final, sudah di presiden, "ungkapnya, Kamis (31/10). 

Ia membeberkan, ketiga aturan tersebut perlu dibuat untuk melindungi industri sawit nasional dari tantangan yang cukup kompleks. Mulai dari kampanye negatif dari Uni Eropa hingga pemenuhan kebutuhan pasar global.

Aturan pertama akan berbentuk instruksi presiden (inpres) terkait rencana aksi nasional kelapa sawit berkelanjutan (RAN KSB), Beleid hukum itu akan berisi soal kebijakan penggunaan data dasar perkebunan kelapa sawit untuk mendukung tata kelola industri. Beleid tersebut juga akan berisi ketentuan pengembangan industri sawit berkelanjutan yang terlibat dalam industri sawit serta kebijakan di tiap tingkat pemerintahan.

Aturan kedua berbentuk peraturan presiden (perpres) terkait ISPO. Beleid hukum ini akan memperkuat pelaksanaan ISPO yang sudah berjalan ini. Penguatan aturan ISPO menyangkut beberapa hal, misalnya penunjukkan badan/lembaga indenpenden dalam rangka pelaksanaan ISPO. Di Indonesia, pelaksaan ISPO saat ini masih berada di bawah Kementerian Pertanian (Kementan) dengan koordinasi bersama Kemenko Perekonomian.

Aturan ketiga berupa peraturan pemerintah (pp) terkait riset perkebunan nusantara. Regulasi ini akan mengatur soal pembentuka program riset di anak usaha PT Perkebunan Nusantara III (Persero). "Ini dalam rangka memperkuat riset dan penyediaan bibit benih unggul ke depan, " ujarnya.

UMK Diprediksi Naik Lagi

Kumpulan 10+ Contoh Teks Berita Terbaru 2019 | Bahasa Indonesia Kelas 8 (Revisi)

Penajam - Upah minimum kabupaten (UMK) penajam Paser Utara saat ini menjadi yang tertinggi kedua Kaltim, setelah Berau. Nilainya Rp3.100.000, naik sebesar Rp311.000 pada 2018, dari sebelumnya Rp2.789.000. Diprediksi untuk 2020 bakal menggalami kenaikan lagi. 

Dikatakan, pembahasan kenaikan UMK akan dilakukan dalam waktu dekat. Setelah edaran upah minimum provinsi (UMP) mereka terima. "Sejauh ini kami masih menunggu edaran dari Samarinda. Ketika sudah ditetapkan maka akan jadi rujukan. Kemungkinan 1 November sudah kami terima. Jadi, saat ini kami belum bisa memastikan berapa kenaikan UMK, "katanya, kemarin.

Dia merincikan, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) telah mengeluarkan edaran soal kenaikan UMP dan UMK 2020 sebesar 8,51 persen. Kenaikan tersebut berdasarkan data insflasi dan pertumbuhan ekonomi nasional 2019. Keputusan tersebut pun tertuang dalam edaran nomor B-m/308/HI.01.00/X/2019 tentang penyampaian data tingkat inflasi nasional dan pertumbuhan produk domestik bruto 2019.


"Berdasarkan edaran Menteri pada 15 Oktober 2019, inflasi nasional sebesar 3,39 persen. Dan pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,12 persen. Jadi, kenaikan UMK PPU masih menunggu sidang dewan pengupahan. Itu bisa dilaksanakan setelah UMP ditetapkan," lanjutnya.

Anggota dewan pengupahan sendiri meliputi, Disnaker, Disperindagkop, Apindo, Kahutindo, dan Badan Statistik.


Satlinmas Pemilu Diserahkan Kembali

Kumpulan 10+ Contoh Teks Berita Terbaru 2019 | Bahasa Indonesia Kelas 8 (Revisi)

Tanah Paser - Pemilihan umum pada April 2019 telah berlalu. Mereka yang terpilih pun, para wakil rakyat dan presiden wakil presiden, sudah dilantik. Di Kabupaten  Paser, pemilu berlangsung kondusif dan lancar. Dan dengan berakhirnya proses pemilu ini maka petugas yang terlibat secara resmi dikembalikan.

Dipimpin Kapolres Paser AKBP Roy Satya Putra, sebanyak 2,475 personel gabungan yang disebut Satuan Pelindung Masyarakat (Satlinmas), resmi dikembalikan kepada pemerintah daerah. "Terima kasih atas pengabdian seluruh petugas yang sudah berhasil mengamankan proses hingga berakhirnya pemilu serentak. Selanjutnya kita harus bersiap menyambut pemilu serentak untuk kepala daerah tahun depan," ujar Kapolres, saat memimpin apel serah terima, Kamis (31/10).

Sekretaris Kabupaten Paser Katsul Wijaya yang menerima penyerahan personel, memberi apresiasi kepada petugas yang telah berjuang tak kenal lelah dan tak kenal waktu mengamankan jalannya pemilu serentak. Hingga akhirnya berjalan kondusif hingga pelantikan pejabat legislatif di Paser.

"Akan ada tugas berat kita selanjutnya, yakni mengamankan pilkada. Dari sekarang kita harus bersama-sama tetap menjaga kamtibmas, kendati pesta Katsul.

Dari 2.476 personel yang dilibatkan untuk untuk pengamanan, terdiri dari Linmas cadangan umum kecematan sebanyak 110 personel. Linmas cadangan umum kelurahan sebanyak 35 personel dan Linmas PAM TPS sebanyak 1.586 personel. Mereka bertugas di 793 TPS.

Penertiban Pedagang Semrawut, Komitmen Pertahankan Adipura

Kumpulan 10+ Contoh Teks Berita Terbaru 2019 | Bahasa Indonesia Kelas 8 (Revisi)

Tanjung Redeb - Kepala Seksi Penyelidikan dan Penyidikan Satpol PP Berau Dwi Heri Priyono menuturkan, penertiban adalah kegiatan rutin. " Sasarannya area Taman Sanggam. Kawasan itu sempit. Ada lapak pedagang di area tersebut. Jualannya di badan jalan, otomatis pembelinya parkir di situ juga," ujarnya kepada Berau Post (jaringan Kaltim Post Group), kemarin (31/10).

Hal itu dianggap mengganggu lalu lintas. Tidak hanya itu, kawasan tembusan Jalan Milono itu akan diwacanakan program penertiban berkala. "Untuk 2020 sudah ada arahan Bupati. Beberapa titik nantinya dilakukan pembangunan seperti di Makassar, Pantai Losari. Jadi, penertiban yang dilakukan merupakan bagian dari sosialisasi menjalankan amanah tersebut," ungkapnya.

Satpol PP juga menegakkan peraturan daerah (perda)  walau diketahui sifatnya pre-emtif. Kalau memang diizinkan pemkab, pihaknya berencana merelokasi pedagang ke dalam Taman Sanggam. Di tata sebaik mungkin. Mekanismenya bisa bekerja sama dengan PPKAD. "Ketika nanti masuk di taman, ada sistem sewa seperti di GOR saat ini," tambah Dwi.

Tertera dalam Perda No 13/2012 tentang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat, yang diantaranya mengenai ketertiban jalan dan ketertiban jalur hijau. Hal itu sejalan dengan moto Kabupaten Berau dan Satpol PP juga berkomitmen mempertahankan Adipura Kabupaten Berau untuk tahun depan. 

Mulai Naikkan Target

Kumpulan 10+ Contoh Teks Berita Terbaru 2019 | Bahasa Indonesia Kelas 8 (Revisi)

Jakarta - Ada yang berbeda dari pembawaan Praveen Jordan dan Melati  Daeva Oktaviati setelah menjuarai Denmark Open dan French Open 2019. Tak hanya lebih ceria, tetapi aura yang ditunjukkan pasangan itu lebih akrab dan positif. Baik Praveen maupun Melati lebih sering menebar senyum.

Dua hari setelah kepulangan mereka ke Indonesia, kemarin (31/10), para pemain menjalani sesi latihan perdana di pelatnas Cipayung. Hanya ada Melati yang hadir dalam latihan pagi itu. Praveen tidak terlihat batang hidungnya. Dia baru muncul setelah latihan berakhir. Masih capek dan baru bangun, kata Praveen. Tetapi, kali ini, hal itu tidak dipermasalahkan oleh pelatih kepala ganda campuran, Richard Mainaky.

Ditemui secara terpisah, Melati maupun Praveen mengaku lega. Hampir dua tahun berpasangan, akhirnya mereka bisa meraih gelar. Dari dua turnamen bergengsi pula. "Aku benar-benar senang baget. Biasanya runner-up terus, akhirnya tembus. Jadi lebih plong, enjoy, dan makin percaya diri," tutur Melati, lantas tersenyum. Memamerkan gingsulnya yang manis.

Kemenangan di Denmark terasa spesial. Selain menjadi gelar perdana, itu juga menjadi pembuktian buat Pramel (sebutan Praveen/Melati).

Dulu Ronaldo, Kini Rashford

Kumpulan 10+ Contoh Teks Berita Terbaru 2019 | Bahasa Indonesia Kelas 8 (Revisi)

London - Penyerang Manchester United Marcus Rasford meludah lalu mengambil enam langkah mundur. Ditatapnya gawang Chelsea yang dijaga Willy Caballero sejauh 40 meter di depannya itu.

Setelah wasit Paul Tierney meniup peluit, Rasford berlari kecil ke depan dan mengeksekusi perekik akibat pelanggaran penyerang Chelsea Pedro kepada gelandang United Fred. Eksekusi perekik Rash ford itu meluncur keras ke arah kanan atas gawang Caballero dan tak bisa dibendung kiper Argentina tersebut.

"Seperti gol Cristiano (Ronaldo) bukan? Anak ini memiliki mental sekuat baja, menjadi algojo penalti dengan sempurna," kata pelatih United Ole Gunnar Solskjaer setelah laga kepada ESPN kemarin (31/10).

Kans Marquez Pecahkan Rekor Poin

Kumpulan 10+ Contoh Teks Berita Terbaru 2019 | Bahasa Indonesia Kelas 8 (Revisi)

Sepang - Marc Marques sudah memastikan gelar MotoGP 2019. Tetapi, dia tidak mau mengendurkan gas motornya. Jagoan Repsol Honda tersebut berupaya keras tampil konsisten dalam dua balapan tersisa. Musim ini Marquez tidak pernah lepas dari podium 1 dan 2. Hanya sekali dia kehilangan podium setelah retired dari GP Amerika lantaran terjatuh menjelang lap terakhir.

Pembalap 26 tahun itu punya kans besar mengukir rekor point di pentas MotoGP. Balapan di Malaysia akhir pekan ini (3/10) menjadi momentum penting buatnya. Kini dia mengumpulkan 375 poin, terpaut delapan poin dari rekor poin milik Jorge Lorenzo yang tercipta pada musim 2010.

Untuk memecahkan rekor tersebut, dia hanya membutuhkan finis ketujuh dan mengemas sembilan poin. "Aku tidak terlalu peduli dengan rekor itu. Aku tidak akan mengubah strategi.

Lewatkan Momen Jadi Si Manis

Kumpulan 10+ Contoh Teks Berita Terbaru 2019 | Bahasa Indonesia Kelas 8 (Revisi)

Film - Masih ingat teror arwah gentanyangan Mariam dalam film Si Manis Jembatan Ancol pada era 1990-an?  Kini film tersebut hadir kembali di bawah naungan rumah produksi MVP Pictures dan disutradarai Anggy Umbara. Pada 6 Oktober lalu, trailer film itu dirilis di YouTube.

Ada yang berbeda. Tidak ada wajah Diah Permatasari, Pemeran ikonik sosok Mariam. Ternyata, perempuan kelahiran Surakarta tersebut memang tidak terlibat. Aduh, sayang banget. "Kemarin-kemarin aku ditawarin main film itu, tapi aku tolak. Sudah enggak muda lagi, kan, " kata Diah Permatasari, lantas tertawa saat ditemui di Plaza Indonesia kemarin siang (30/10).

Selain faktor usia, dia menyatakan bahwa jadwal syuting filmnya sedang padat. "Aku main di empat film tahun ini. Yang paling dekat tayang Imperfect," tambah aktris 48 tahun itu.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang kumpulan beberapa contoh teks berita terbaru. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi teks berita. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami contoh-contoh teks berita. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kumpulan 10+ Contoh Teks Berita Terbaru 2019 | Bahasa Indonesia Kelas 8 (Revisi)

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /