Kumpulan 25+ Contoh Ungkapan dalam Teks Puisi dan Teks Cerpen

ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan beberapa contoh soal ungkapan yang terdapat dalam teks puisi dan teks cerpen pembelajaran bahasa Indonesia kelas 8 dan 9. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari soal-soal terbaru seputar teks puisi dan teks cerpen. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami contoh soal ungkapan dalam teks puisi dan teks cerpen.

Kumpulan 25+ Contoh Ungkapan dalam Teks Puisi dan Teks Cerpen
www.ilmubindo.com

Di bawah ini adalah beberapa contoh soal ungkapan yang terdapat dalam teks puisi dan teks cerpen. Contoh soal kali dilengkapi dengan kunci jawaban. Adapun beberapa contoh soal tersebut adalah sebagai berikut.

A. Pilihlah Salah Satu Jawaban yang Paling Tepat!

1. Gunawan, Cristi, Agung, dan Muku akan mengerjakan tugas kelompok bersama. Mereka diberi tugas membuat kerajinan tangan dari bambu. Mereka sudah menyepakati tugas masing-masing. Gunawan dan Agung mendapat tugas membawa pisau dapur, Cristi dan Muku bertugas membawa sepotong bambu. Gunawan, Cristi, dan Agung membawa tugas masing-masing. Namun, Amar tidak membawa bambu yang ditugasinya. Bahkan, saat ditanya oleh teman-temannya, Muku berkata bahwa dia tidak mendapatkan tugas apa pun.
Berdasarkan ilustrasi cerita tersebut, watak Muku dapat disamakan dengan ungkapan ....
A. lepas tangan
B. panjang tangan
C. ringan tangan
D. tangan kanan

2. Charin termasuk anak yang cerdas di kelasnya. Setiap hari, ia membuka internet untuk belajar selain dari buku pelajaran yang ada. Melalui internet, ia menemukan cara membuat roket air. Pengetahuannya di kembangkan menjadi sebuah karya tulis ilmiah dan dilombakan. Charin pun berhasil menjadi pemenang. Naskah yang ditulisnya itu dikirim ke majalah remaja. Hasil karya Charin dibaca banyak orang dan ia juga mendapat honir dari tulisannya. Meski demikian, Charin tidak pernah sombong atas prestasinya.
Ungkapan yang tepat untuk Karin dalam llustrasi tersebut adalah ....
A. tinggi hati
B. rendah hati
C. kepala dingin
D. luas hati

3. Giovan berasal dari keluarga yang berkecukupan dan terpandang di kampungnya. Namun demikian, ia tidak berisikap sombong dan merendahkan orang lain. Ia juga berteman dengan siapa saja tanpa membeda-bedakan.
Ungkapan yang sesuai dengan ilustrasi cerita di atas adalah ....
A. hati putih
B. besar hati
C. rendah hati
D. lapang hati

4. Setiap hari Radit terlambat datang ke sekolah. Ia tidak suka memakai seragam dengan rapi. Berulang-ulang Radit mendapat peringatan. Radit pun sering mendapat bimbingan dari guru konseling. Akan tetapi, Radit belum bisa mengubah kebiasaan buruknya. Hingga suatu hari orang tua Radit dipanggil ke sekolah. Setelah mengetahui perbuatan Radit, emosi orang tua Radit naik. Akan tetapi, guru kelas Radit dapat meredam emosi orang tua Radit.
Ungkapan yang tepat berdasarkan hal yang dialami orang tua Radit dalam ilustrasi cerita di atas adalah ....
A. naik pangkat
B. naik darah
C. naik daun
C. naik haji

5. Tidak ada anak yang mau berteman dengan Reno. Bukan karena badan Reno yang sangat tambun, Reno sering membuat teman-temannyan bosan dengan bualannya. Tidak jarang ia mengarang cerita hebat tentang dirinya padahal sama sekali tidak benar adanya. Jika teman-temannya meminta Reno membuktikkannya ucapannya, Reno selalu berkilah ....
Ungkapan yang sesuai dengan sifat Reno dalam ilustrasi cerita tersebut adalah ....
A. besar mulut
B. besar kepala
C. keras hati
D. keras kepala

6. Adikku mempunyai seorang teman, ia bernama Anton. Anton orang anak kaya. Orang tuanya sangat memanjakannya, apapun keinginannya selalu dituruti. Akibatnya, Anton suka membanggakan kekayaan orang tuanya.
Ungkapan yang sesuai dengan ilustrasi cerita di atas adalah ....
A. besar hati
B. anak mama
C. besar mulut
D. tinggi hati

7. Wati adalah orang desa yang mendadak terkenal karena ikut audisi menyanyi di televisi. Sekarang ia menjadi kaya raya. Gaya hidupnya berlebih-lebihan dan suka menghambur-hamburkan uang. Ia tidak menyadari bahwa sebelumnya ia hanya anak desa yang miskin. Ia bahkan kini tidak memedulikan keluarganya yang miskin di desa.
Ungkapan yang tepat sesuai dengan ilustrasi tersebut di atas adalah ....
A. naik daun
B. tinggi hati
C. muka tebal
D. lupa daratan

8. Pak Saleh seorang buruh bangunan. Ia selalu bekerja keras untuk menghidupi keluarganya. Hujan dan panas tidak dapat menghalanginya untuk bekerja. Keringat yang membasahi tubuhnya, tidak membuatnya putus asa dalam menjalani kehidupannya.
Ungkapan yang sesuai dengan ilustrasi di atas adalah ....
A. kepala dingin
B. banting tulang
C. keras kepala
D. naik pitam

9. Banyak orang yang heran klub itu memenangkan pertandingan itu karena selama ini klub hanya dipandang remeh.
Ungkapan yang tepat sesuai dengan ilustrasi tersebut di atas adalah ....
A. kuda hitam
B. lembah hitam
C. kambing hitam
D. kupu hitam

10.  Danu bukan anak pandai, tapi dia menyukai sepak bola. Setiap hari ia berlatih. Ia bahkan masuk dalam tim inti futsal di sekolahnya. Berbagai perlombaan sering diikuti Danu dan timnya. Sampai akhirnya Danu menjadi sosok yang dikenal dalam dunia sepakbola. Kehadirannya dalam setiap pertandingan selalu dinanti-nantikan oleh para pecinta sepakbola.
Ungkapan yang tepat untuk ilustrasi cerita di atas adalah ....
A. naik daun
B. bintang lapangan
C. naik pitam
D. hijau daun

11. Bima ingin meminum teh botol. Tutupnya yang terbuat dari logam sangat sulit dilepas dari botolnya yang terbuat dari kaca. Walaupun sudah memakai tuas untuk melepasnya, ia masih kesulitan untuk melepas tutup tersebut. Akhirnya, ia memanaskan sebentar tutup botol itu di atas kompor gas yang menyala. Tutup botol itu memuai, kemudian dengan mudah Bima dapat melepasnya menggunakan tuas.
Ungkapan yang tepat sesuai dengan ilustrasi cerita di atas adalah ....
A. panjang akal
B. otak encer
C. akal bulus
D. berpikir jernih

12. Hendrik mempunyai kesaktian. Kesaktian itu tidak ada yang mampu menandingi. Karena merasa mempunyai kesaktian, Hendrik tidak pernah mau menghargai orang lain. Ia merasa paling perkasa.
Sifat yang dimiliki Hendrik dalam ilustrasi cerita di atas adalah .....
A. tinggi hati
B. lemah hati
C. keras hati
D. rendah hati

13. Devi merupakan anak yang pintar di kelasnya. Ia selalu menjadi juara kelas. Ayah Devi adalah seorang pengusaha yang sangat kaya. Akan tetapi, Devi selalu baik terhadap semua temannya. Devi tidak pernah memamerkan kelebihan yang ia miliki. Ia berteman dengan semua orang tanpa membeda-bedakan.
Ungkapan yang tepat untuk menggambarkan ilustrasi cerita di adalah ....
A. tinggi hati
B. bangga diri
C. rendah diri
D. rendah hati

14. Pak Rofinus sudah puluhan tahun menjadi pembantu di keluarga Pak Borong. Untuk itu, Pak Rofinus sudah sangat dipercayai oleh Pak Borong. Tak jarang, Pak Borong meminta bantuan Pak Rofinus untuk memecahkan urusan yang penting.
Kalimat yang berisi ungkapan yang tepat sesuai dengan ilustrasi tersebut di atas adalah ....
A. Pak Borong adalah tangan kanan Pak Rofinus
B. Pak Rofinus adalah tangan kanan Pak Borong
C. Pak rofinus adalah kambing hitam Pak Borong
D. Pak Borong adalah kambing hitam Pak Rofinus

15. Pak Hendro seorang buruh bangunan. Ia selalu bekerja keras untuk mencukupi kebutuhan keluarga. Setiap hari, ia harus basah kuyup oleh tetesan keringatnya sendiri. Dalam hati ia berkata "Hanya inilah yang dapat aku lakukan." Harapannya hanya ingin mendapat rezeki yang berlimpah. "Inilah yang akan dipersembahkan kepada keluargaku."
Ungkapan yang sesuai dengan sikap Pak Hendro adalah ....
A. memeras keringat
B. memeras otak
C. beradu dengkul
D. berkerut kening

16. Dani tidak pernah menyerah menghadapi masalah. Dia selalu mempunyai cara untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi. Ada-ada saja cara yang digunakan untuk mengatasi masalah.
Ungkapan yang tepat untuk ilustrasi cerita di atas adalah ....
A. panjang tangan
B. panjang angan
C. panjang akal
D. panjang langkah

17. Angel banyak teman. Dia supel dan suka membantu. Dengan senang hati dia membantu teman yang membutuhkannya. Bahkan tanpa diminta pun, ia sering membantu orang lain.
Ungkapan yang sesuai dengan sikap Angel dalam cerita adalah ....
A. kaki tangan
B. tangan hampa
C. ringan tangan
D. tangan panjang

18. Adi anak orang kaya. Ia rajin ibadah dan pandai. Tak heran kalau dia selalu menjadi juara kelas. Namun demikian dia tidak pernah pilih-pilih teman dan tidak sombong. Temannya sangat menyayanginya.
Ungkapan yang sesuai dengan sikap Adi dalam ilustrasi di atas adalah ....
A. memikat hati
B. rendah hati
C. ringan tangan
D. berbesar hati

19. Sungguh kasihan nasib Pak Arman. Dia dipecat dari perusahaannya. Penyebabnya adalah dia dituduh menggelapkan sejumlah uang perusahaan. Padahal Pak Arman tidak melakukannya. Ada orang lain yang melakukannya, tetapi dia yang menjadi korban.
Berdasarkan ilustrasi cerita di atas ungkapan yang tepat untuk Pak Arman adalah ....
A. panjang tangan
B. kambing hitam
C. anak buah
D. gelap mata

20. Surya, Wisnu, Rama, dan Lintang tergabung dalam regu piket hari Rabu. Wisnu selalu datang terlambat ke sekolah sehingga jarang melaksanakan piket pagi. Saat teman-temannya sibuk membersihkan kelas, Wisnu juga tidak mau membantu.
Ungkapan yang tepat untuk menunjukkan sifat Wisnu adalah ....
A. berat tangan
B. angkat tangan
C. ringan tangan
D. cuci tangan

Kunci Jawaban:
1A, 2B, 3C, 4B, 5A, 6D, 7D, 8B, 9A, 10B, 11A, 12A, 13D, 14B, 15A, 16C, 17C, 18B, 19B, 20A.

B. Isilah Titik Berikut dengan Ungkapan Tepat!

21. Akibat tidak ada yang membeli barang dagangannya, pengusaha itu ....
A. banting tulang
B. gulung tikar
C. panjang tangan
D. tebal muka

22. Di kelasku sering terjadi kehilangan barang, karena ada si .... di antara kami.
A. bunga desa
B. bintang kelas
C. panjang tangan
D. anak emas

23. Janganlah menjadi orang yang .... karena semua manusia sama di mata Tuhan.
A. tinggi hati
B. muka tembok
C. panjang akal
D. rendah hati

24. Sejak ayahnya meninggal, Charli sudah menjadi .... keluarga sejak dia tamat dari DMP.
A. anak emas
B. banting tulang
C. tulang punggung
D. ringan tangan

25. Akibat suaminya yang ...., sang istri babak belur.
A. rendah hati
B. banting tulang
C. tulang punggung
D. ringan tangan

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang contoh soal ungkapan yang terdapat dalam teks puisi dan teks cerpen pembelajaran bahasa Indonesia kelas 8 dan 9. Semoga apa yang admin bagikan ini bermanfaat buat kemajuan belajar anak didik dalam memahami contoh soal ungkapan yang terdapat dalam teks puisi dan teks cerpen pembelajaran bahasa Indonesia kelas 8 dan 9. Semoga bermanfaat dan terima kasih.