Kumpulan 50+ Contoh Soal Prediksi Ujian Nasional Bahasa Indonesia Kelas 9 (No. 26-50)

ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh soal lanjutan prediksi soal UN bahasa Indonesia kelas 9 tahun ajaran 2019/2020. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang contoh soal lanjutan prediksi soal UN bahasa Indonesia kelas 9 tahun ajaran 2019/2020. Dan harapannya, apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami contoh soal lanjutan prediksi soal UN bahasa Indonesia kelas 9 tahun ajaran 2019/2020. Selamat belajar dan semoga sukses.

Kumpulan 50+ Contoh Soal Prediksi Ujian Nasional Bahasa Indonesia Kelas 9 (No. 26-50)
www.ilmubindo.com

26. Orang-orang film Indonesia memiliki potensial membuat film. Para sineas muda di negeri ini berpeluang besar membuat film-film alternatif yang cukup fenomena.
Perbaikan kata bercetak miring pada kutipan teks di atas adalah ....
A. film, potensi, fenomenal
B. perfilman, potensi, fenomenal
C. perfilman, berpotensi, fenomenal
D. perfilman, potensi, fenomena

Cermatilah teks laporan berikut untuk soal nomor 27 dan 28!
Puluhan ribu para transmigran yang tinggal di berbagai wilayah Kalimantan Selatan berbeda-beda nasibnya. Ada yang sukses, tetapi tidak sedikit yang gagal. Di antara mereka yang gagal, ada yang tetap bersabar sambil berusaha lebih keras memperbaiki kehidupan mereka. Bagi yang tidak mau bersabar, banyak yang kembali ke Jawa walaupun mereka tidak memiliki apa-apa lagi di daerah asalnya.
27. Kesalahan penggunaan kata dalam kalimat pertama teks laporan tersebut adalah ....
A. kata "berbeda-beda" seharusnya ditulis "berbeda
B. penggunaan kata "para" yang mubazir
C. kata "puluhan ribu" seharusnya di hilangkan
D. kata "tetapi" seharusnya diganti "namun"

28. Kesalahan ejaan pada kalimat terakhir teks laporan tersebut adalah ....
A. kata "kembali" seharusnya diganti pulang
B.  kata "walaupun" seharusnya diganti "meskipun"
C. kata "kembali" seharusnya diganti "dikembalikan"
D. kata "asalnya" seharusnya diganti "asal mereka"

29. Perhatikan kutipan cerita berikut!
Dan saat ia memandang ke langit, ia melihat sesuatu yang sangat indah. Kupu-kupu dengan sayap warna-warni terbang di atas tupai itu, kemudian menyapanya, "Halo teman, masih ingatkah kau padaku?"
Tupai itu hanya terkagum-kagum dengan keindahan kupu-kupu, "siapa kau, hei kupu-kupu cantik?"
"Aku adalah ulat bulu jelek yang dulu di atas pohon ini bersamamu",
Tupai terkejut, "Bagaimana mungkin?"
"Aku memiliki masa yang disebut metamorfosis, dan setelah itu aku akan berubah menjadi kupu-kupu. Setiap ulat bulu akan berubah seperti aku". Tupai terheran-heran, kemudian menyesal telah mengejek ulat bulu. Kemudian tupai meminta maaf akan kesalahannya dulu, dan ia tidak lagi suka mengejek orang lain.
Makna tersurat dari kutipan cerita tersebut adalah ....
A. Mintalah maaf kalau melakukan kesalahan
B. Jangan suka mengejek segala ciptaan Tuhan
C. Bertemanlah tanpa membeda-bedakan 
D. Kagumilah segala keindahan makhluk Tuhan

30. Perhatikan kutipan cerita berikut!
Mungkin bosan akibat terlalu lama bersatu dalam kedamaian, warga Rimba Nusa tiba-tiba terbelah menjadi tiga kelompok. Satu di pihak harimau, satunya di pihak ular belang, dan satunya lagi mengaku netral pencinta kedamaian. Gara-garanya sepele, tetapi senggaja dibesar-besarkan untuk memicu konflik perselisihan. Pada satu dari enam pohon bambu keramat Rimba Nusa, terdapat dua lubang yang dianggap menodai kemulusannya.
Makna tersurat kutipan cerita tersebut adalah ....
A. Masalah sepele yang dibesar-besarkan mengakibatkan warga Rimba Nusa terbelah menjadi tiga kelompok
B. Warga rimba Nusa yang terpecah akibat warga Rimba Nusa yang tidak bertanggung jawab menebar isu
C. Warga Rimba Nusa tidak ingin kedamaian makanya terbelah menjadi tiga kelompok akibat masalah sepele
D. Perselisihan antar kelompok yang terjadi di Rimba Nusa karena warganya bosan dengan cinta damai

31. Bacalah penggalan fabel berikut!
Hiduplah seekor Rusa pada zaman dahulu. Ia sangat sombong dan pemarah. Ia sering meremehkan kemampuan hewan lain. Pada suatu hari, si Rusa berjalan di pinggir danau. Ia bertemu dengan Kura-kura tersebut berwarna hitam dengan bintik biru bercahaya seperti mutiara. "Kura-kura, apa yang sedang Engkau lakukan di sini?"
Makna kata mutiara pada teks tersebut adalah ....
A. permata
B. kristal
C. batu
D. perhiasan

32. Bacalah cerpen berikut!
Dan lebaran pun datang lagi. Persoalannya belum bergerak. Harga kebutuhan pokok naik. Masyarakat panik. Heboh mudik. Korban jiwa di jalanan bikin galau dan arus balik dapat dipastikan akan tetap ruwet. Aku sendiri punya persoalan buntu, yang tak bisa dipecahkan.
Makna kata yang tercetak miring dalam kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. bingung
B. takut
C. kacau
D. malu

33. Bacalah teks berikut!
Para siswa membentuk kelompok berdasarkan kesamaan teman bermain. Bu Mira, guru kesenian itu, sudah hafal kecenderungan ini. Ia menerapkan aturan supaya tidak terjadi pengelompokkan seperti itu. Bu Mira pun memecah kelompok-kelompok yang sudah terbentuk.
Dengan komposisi siswa laki-laki lebih banyak dibanding siswa perempuan, setiap kelompok dibuat terdiri atas laki-laki dan dua perempuan. Beberapa kelompok lainnya terdiri atas dua laki-laki dan dua perempuan.
Arti kata komposisi dalam cerpen tersebut adalah ....
A. keselarasan 
B. gubahan
C. susunan
D. kesatuan

34. Bacalah kutipan berikut!
"Tiga per empat jam lagi," pikir Handa setelah melirik jam tangan, sambil secara tergesa-gesa mengikatkan dasi pada leher bajunya yang kian basah saja. Setengah sadar ia mendesiskan nama Tuhan, sepertinya memohon agar jalannya waktu bisa diperlambat atau malah sama sekali dicegat, agar ia bisa terhindar dari malapetaka yang menghadangnya.
Kata malapetaka dalam teks tersebut berarti ....
A. kebingungan
B. kesengsaraan
C. kecemasan
D. kesedihan

35. Perhatikan kutipan teks berikut!
Penguasaan yang mendalam mengenai bahasa merupakan tolok ukur keberhasilan seorang wartawan. Kemahiran berbahasa wartawan akan memudahkannya memanipulasi bahasa sesuai dengan tujuan yang ingin dicapainya. Pilihan kata yang tepat dapat membangkitkan emosi pembaca. Sebaliknya, pilihan kata yang ceroboh dapat menimbulkan reaksi yang tidak diharapkan.
Simpulan isi teks tersebut adalah ....
A. Wartawan memang menguasai bahasa
B. Wartawan pandai mengolah bahasa
C. Wartawan harus terampil mengolah bahasa
D. Wartawan pintar memanipulasi bahasa

36. Perhatikan kutipan teks berikut!
Akhir-akhir ini setiap kali ada demonstrasi di situ pula terjadi kekerasan. hal ini diperkuat dengan peristiwa hari Selasa, 16 Oktober 2012 di depan Istana Negara. Demonstrasi yang dilakukan para buruh ini menimbulkan bentrokan fisik antara buruh dengan aparat penegak hukum. Demonstrasi memang tergolong penting dalam penegakan demokrasi. Namun, jangan dimaknai bahwa demokrasi selalu berkaitan dengan kekerasan.

Simpulan paragraf tersebut adalah ....
A. Aparat penegak hukum tidak boleh melakukan kekerasan
B. Buruh harus melakukan demonstrasi dengan tertib
C. Masyarakat prihatin dengan para buruh di Istana Merdeka
D. Demokrasi Indonesia dicoreng dengan tindak kekerasan

37. Perhatikan kutipan teks berikut!
Sungai penting untuk kegiatan perikanan. Khususnya, di sungai besar yang menjadi tempat hidup beragam ikan dan hewan lainnya. Sungai besar ini menjadi tempat nelayan mencari mata pencahariaan. Manfaat sungai dalam pertanian juga tidak kalah penting, yakni sebagai sumber irigasi. Kawasan -kawasan pertanian yang subur mendapatkan pengairan dari sungai. Belakangan, manusia membendung sungai sebagai irigasi dan pembangkit tenaga listrik. Pembuatan bendungan itu sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Simpulan isi bacaan tersebut adalah ....
A. Sungai sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia
B. Sungai sumber pencaharian nelayan
C. Sungai sebagai sumber kehidupan sebagian manusia
D. Bendungan bermanfaat bagi kelangsungan hidup

38. Perhatikan kutipan teks berikut!
Acara wisuda Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), tidak dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Alasan ketidakhadiran presiden dalam acara itu disampaikan oleh Mendagri. Wisuda dipimpin Menteri Dalam Negeri, Mardiyanto, sekaligus mewakili presiden memimpin acara tersebut.

Simpulan isi teks tersebut adalah ....
A. IPDN mewisuda Prajanya
B. Mendagri menunda wisuda Praja IPDN
C. Presiden tidak hadir dalam wisuda Praja IPDN
D. Rektor memimpin wisuda Praja IPDN

39. Dalam rangka memperingati Hari Bumi Sedunia, sederet film asing mengenai lingkungan hidup di putar. Film-film tersebut mengupas berbagai kasus dan kondisi bumi saat ini serta orang-orang pelestari bumi yang penuh inspirasi. Sebagian besar film tersebut menceritakan sosok yang mengabdi secara total kepada alam. Mereka gigih merawat kondisi bumi di lingkungan masing-masing.
Ide pokok teks ulasan tersebut adalah ....
A. Pemutaran film dalam rangka memeringati Hari Bumi
B. Film yang mengupas proses pelestarian lingkungan
C. Film yang menceritakan pengabdian seorang pelestari bumi
D. Cara melestarikan lingkungan yang baik

40. Sungguh suatu kebahagiaan tersendiri, sebuah arsip atau karya film Indonesia di masa lampau, dalam hal ini karya Usmar Ismail, bisa kita saksikan dalam format yang telah direstorasi. Pentingnya sebuah karya film yang direstorasi itu sendiri adalah bagaimana kita bisa menyaksikan sebuah karya film-film produksi terdahulu dalam bentuk yang utuh. Hal ini tidak lain karena beberapa arsip film Indonesia yang diproduksi di masa lampau tidak mengalami perawatan yang memadai sehingga beberapa film klasik Indonesia tersebut tidak bisa disaksikan dalam kondisi utuh seperti kondisi awal ketika diproduksi. Setidaknya pengertian utuh di sini adalah perihal film dalam bentuk (form) asalnya sangat dipengaruhi oleh material film yang mengalami kerusakan karena usia dan perawatan yang tidak memadai.
Ide pokok teks ulasan tersebut adalah ....
A. Pentingnya sebuah karya film yang direstorasi itu sendiri adalah bagaimana kita bisa menyaksikan sebuah karya
B. Sebuah arsip atau karya film Indonesia bisa kita saksikan dalam format yang telah direstorasi
C. Sungguh suatu kebahagiaan tersendiri, sebuah arsip atau karya film Indonesia di masa lampau, dalam hal ini karya Usmar Ismail
D. Setidaknya pengertian utuh di sini adalah perihal film dalam bentuk (form) asalnya sangat dipengaruhi oleh material

41. Burung merpati memiliki beragam jenis warna, antara lain cokelat, putih, hitam, dan perpaduan dari beberapa warna tersebut. Merpati memiliki semacam sensor dalam hidungnya yang digunakan untuk mengenali bau-bau rumahnya. Inilah penyebab burung merpati dapat pulang kerumahnya setelah terbang jauh. Makanan burung ini adalah biji-bijian seperti jagung, beras, kacang hijau, dan lain sebagainya.
Ide pokok kutipan teks laporan tersebut adalah ....
A. Makanan burung merpati adalah biji-bijian
B. Burung merpati memiliki beragam jenis warna
C. Burung merpati memiliki sensor di hidungnya
D. Burung merpati dapat pulang ke rumahnya setelah terbang jauh

42. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Di tempat kakek, beduk juga bertalu. Aku takut sekali. Aku meringkuk di kursi ketika ia bersuara. "Ahmad, ayo ke masjid. Nanti kukenalkan dengan guru mengajimu yang baru ..."
Saat tangannya hendak merengkuhku, alu berteriak kencang sekali, "Aku tidak mau ke masjid!"
Berhari-hari, kakek tak henti-hentinya mengajakku seperti itu. Tetapi aku tidak mau. Aku teringat plang yang di robohkan, tembok yang dirobohkan, karpet masjid yang dibakar, genting yang dirontokkan. Juga kitab kecilku yang terlempar di halaman. Kalaun sudah seperti itu nenek menyuruh kakek pergi ke masjid sendirian. Lalu nenek memintaku salat bersamanya saja di rumah. Lagi-lagi aku menggelengkan kepala.
Penyebab konflik dalam kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. Tokoh Ahmad merasa setiap diajak ke masjid oleh tokoh Kakek
B. Tokok Kakek mengajak tokoh Nenek dan Ahmad pergi masjid bersama
C. Tokoh Ahmad teringat masa lalu mengenai keadaan masjid yang telah rusak
D. Tokoh Nenek menyuruh Kakek ke masjid dan mengajak tokoh Ahmad salat di rumah

43. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Beberapa saat kemudian sudah ada setumpuk batu di dermaga. Naro telah berpakaian dan tiduran berbantalkan tas sekolah. Istri memilih-milih batu yang dianggap bagus. Ia memasukkan ke dalam tasnya. Sisanya ia lemparkan kembali ke laut. Satu persatu
"Kamu tidak dicari ibumu, Isti?"
Naro bertanya sambil masih tiduran dan masih memejamkan mata.
"Biar saja dia mencari-cari."
"Nanti ibumu gelisah."
"Biar saja dia gelisah."
"Kamu tidak mau pulang."
"Aku tidak mau pulang."
Naro membuka matanya. Ia melihat wajah temannya yang perempuan itu tertunduk.
"Aku juga selalu tidak ingin pulang. Tapi akhirnya aku selalu pulang." kata Naro lagi.
Istri masih tetap menunduk. Ia duduk di salah satu tonggak dermaga.
"Aku tidak mau pulang." desahnya lirih.
Naro nyaris tidak mendengar. Di jalanan di muka-muka gedung-geung raksasa. Iringan truk gemuruh. Terdengar lengking kapal yang baru merapat. Matahari doyong ke barat. Cahaya membias di permukaan laut. Cemerlang.
Naro bangkit, membenahi tas dan pakaiannya 
"Aku mau pulang, Isti. Kamu juga harus pulang."
Isti menggelang tanpa mengangkat wajahnya.
"Kalau begitu aku pulang sendiri. Aku lapar."
Anak perempuan itu bergeming. Naro melangkah.
"Aku pulang sekarang. Besok masih sekolah?"
Isti mengangkat wajahnya, memandang Naro seperti ada sesuatu yang tertahan di dalm dadanya. Namun, Naro tidak melihatnya.
"Aku pulang dulu. Segeralah kamu pulang. Jangan lama-lama di sini."
Akibat konflik dalam kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. Tokoh Naro meninggalkan tokoh Isti sendirian di dermaga
B. Tokoh Naro menemani tokoh Isti hingga pulang ke rumah
C. Tokoh Isti tidak mau pulang ke rumahnya
D. Tokoh Isti tidak peduli dengan ibunya di rumah

44. Perhatikan kalimat berikut!
Kalila membeli novel Sikus Pohon, Catatan Juang, dan Bulan lewat situs belanja online
Alasan kesalahan penggunaan ejaan tersebut adalah ....
A. judul novel seharusnya diapit tanda petik
B. kata online seharusnya ditulis menggunakan huruf tegak
C. penulisan kata Kalila seharusnya diawali huruf kecil
D. judul novel seharusnya ditulis menggunakan huruf miring

45. Perhatikan paragraf berikut!
Pesepak bola muda Indonesia, Egi Maulana Vikri, merasakan latihan dilapangan bersalju untuk pertama kalinya sejak membela Lechia Gdanks. Latihan tersebut dilaksanakan pada Rabu: 28 November 2018 waktu setempat. Dalam latihan bersama tim utama Lechia-Egy terlihat mengenakan pakaian lebih tebal dari biasanya.
Perbaikan kesalahan penggunaan tanda baca pada paragraf tersebut adalah ....
A. Tanda titik koma (;) setelah kata Indonesia dan tanda-tanda hubung (-) setelah kata Rabu.
B. Tanda koma (,) setelah kata Rabu dan tanda koma (,) menggantikan tanda sambung (-)
C. Tanda titik dua (:) setelah kata Rabu dan tanda titik (.) menggantikan tanda sambung (-)
D. Tanda sambung (-) setelah kata Indonesia dan tanda titik dua (:) setelah kata Rabu

46. Perhatikan kalimat berikut!
Wakil wali kota Medan Ir. H. Ahkyor Nasution, M.Si. melakukan penanaman pohon mangrove di kelurahan Nelayan Indah. Kecematan Medan Deli, dalam rangka memperingati hari menanam Se-Indonesia.
Kalimat tersebut salah dalam penggunaan tanda baca karena ....
A. Penggunaan tanda pisah (-) diantara se dan Indonesia
B. Penggunaan tanda titik diantara gelar Ir dan H.
C. Penggunaan tanda titik setelah penulisan gelar M.Si.
D. Penggunaan tanda koma diantara nama orang dan gelar

47. Perhatikan paragraf berikut!
1) Dua ruas jalan di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, ambles akibat hujan lebat sejak selasa, 27 November 2018 siang. 2) Peristiwa ini disampaikan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas, Prasetyo Budi Widodo. 3) Berada di ruas jalan kabupaten yang menghubungkan Desa Kalikesur dan Desa Windujaya, Kecematan Kedungbanteng. 4) Selain itu, titik ambles berada di ruas jalan desa yang masuk wilayah Desa Windujaya.
Kalimat yang tidak tepat dalam paragraf tersebut ditunjukkan pada kalimat berangka ....
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)
48. Perhatikan kalimat berikut!
Kereta Api Joglosemarkerto relasi Yogyakarta- Solo - Semarang - Purwekerto resmi diluncurkan di Stasiun Solo Balapan Solo, Jawa Tengah. Acara peresmian peluncuran kereta api tersebut dilaksanakan pada Sabtu, 1 Desember 2018. Peluncuran dilakukan dengan prosesi pemecahan kendil dan pemotongan tali rangkaian bunga KA Joglosemarkerto.
Perbaikan kalimat bercetak miring tersebut adalah ....
A. Peluncuran KA Joglosemarkerto dilakukan dengan prosesi pemecahan kendil dan pemotongan tali rangkaian bunga.
B. Joglosemarkerto dilakukan peluncuran KA dengan prosesi pemecahan kendil dam pemotongan tali rangkaian bunga.
C. Dilakukan dengan peluncuran KA Joglosemarkerto prosesi pemecahan kendil dan pemotongan tali rangkaian bunga
D. Peluncuran KA Joglosemarkerto dilakukan pemecahan kendil dan pemotongan tali rangkaian bunga dengan prosesi

49. Penggunaan ejaan yang tidak tepat terdapat pada kalimat ....
A. Novel Laskar Pelangi karya Andra Hirarta merupakan novel favorit pilihan pembaca.
B. Api yang membakar hutan Gunung Lawu mendekati pemukiman warga sekitar.
C. SMP Insan Cendekia membentuk panitia untuk memperingati Hari Anti Narkoba.
D. Festival Nasional Seni Pertunjukan 2015 digelar di gedung pewayangan kautaman TMII.

50. Pemakaian tanda baca tidak tepat terdapat pada kalimat ....
A. Intan bertanya, "Siapakah yang akan mewakili lomba cerdas cermat se-Yogyakarta?"
B. Wawan menyelesaikan pendidikannya, pada Jurusan Antropologi Fakultas Ilmu Budaya.
C. Paman  menasihati anaknya,"Bekerjalah dengan rajin di negeri orang, Nak!"
D. Meskipun begitu, dia tidak pernah berlaku sombong kepada siapapun.