Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Langkah-Langkah Menelaah Struktur dan Kebahasaan Teks Berita : Bahasa Indonesia Kelas 8 (Revisi Part 2)


Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan tentang langkah-langkah menelaah struktur dan kebahasaan teks berita. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang langkah-langkah menelaah struktur dan kebahasaan teks berita. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami langkah-langkah menelaah struktur dan kebahasaan teks berita. Untuk lebih jelasnya silakan kalian perhatikan di bawah ini.

Langkah-Langkah Menelaah Struktur dan Kebahasaan Teks Berita : Bahasa Indonesia Kelas 8 (Revisi Part 2)
www.ilmubindo.com

A. Menelaah struktur Teks Berita

Secara umum, berita memiliki struktur sebagai berikut.

1. Kepala Berita (headline)
Kepala berita  yaitu judul berita utama yang biasanya ditulis besar-besar.

2. Teras (lead)
Teras berita yaitu satu paragraf pembuka yang memuat intisari berita yang yang paling menarik (berisi beberapa poin dari unsur berita 5W + 1H).

3. Tubuh (body)
Tubuh yaitu bagian isi uraian lengkap yang menjelaskan seluruh unsur berita 5W + 1H.

4. Kaki (leg)
Kaki bagian penutup yang berupa simpulan atau penegasan ulang.

B. Contoh Telaah Teks Berita

Berikut ini adalah hasil telaah dari teks berita dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas 8 revisi. Adapun contoh telaah itu adalah sebagai berikut.

Telaah 1

Judul Berita (headline)

Pemangkas Suku Bunga AS Bikin Rupiah Terkapar

Teras Berita (Lead)

Jakarta - Nilai tukar rupiah pada perdagangan pasar spot Kamis, (31/10) berada di posisi Rp14.042 per dolar AS (USD). Kurs mata uang garuda tercatat melemah 12 poin atau 0,09 persen dibandingkan perdagangan Rabu di level Rp14.030 per USD.

Tubuh Berita (lead)

Sedangkan kurs referensi Bank Indonesia (BI) Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) menempatkan rupiah di posisi Rp14.008 per USD, atau melemah dibandingkan posisi Rabu (30/10), Rp14.044 per USD. Sore hari kemarin mayoritas mata uang di kawasan Asia menguat terhadap dolar AS. Tercatat, Peso Filipina menguat 0,39 persen, won Korea menguat 0,37 persen, yuan Tiongkok 0,13 persen, dan yen Jepang 0,42 persen. 

Selanjutnya, baht Thailand. dolar Singapura, dan ringgit Malaysia masing-masing menguat sebesar 0,10 persen. Sementara, pelemahan terjadi pada rupee India 0,11 persen, dan lira Turki yang melemah sebesar 0,28 persen terhadap dolar AS.

Di negara maju, mayoritas nilai tukar menguat terhadap dolar AS. Poundsterling Inggris menguat0,37 persen, dolar Australia 0,22 persen, dan euro keok 0,19 persen, sedangkan dolar Kanada turun tipis 0,05 persen.

Kaki Berita (leg)

Direktur PT Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi menilai pelemahan rupiah terjadi akibat pemangkasan suku bunga dari The Fed. Kemudian bank sentral AS juga mengisyaratkan bahwa mereka mungkin menghentikan rencana kenaikan suku bunga di masa depan. 

Telaah 2

Judul Berita (headline)

Pemkab Prioritaskan Proyek Pengendali Banjir

Teras Berita (Lead)

Tenggarong - Penanggulangan banjir di Tenggarong terus dilakukan. Pembersihan sedimentasi di parit-parit serta pembuatan saluran air baru mulai dikerjakan. Langkah taktis itu dikebut sambil memulihkan kembali fungsi Sungai Kejawi di Tenggarong.

Tubuh Berita (lead)

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kukar Muhammad Yamin didampingi Kasi Pemanfaatn Sungai Danau Waduk Rawa dan Pantai Dinas PU Kukar Syarifah Rositah mengatakan, sejumlah proyek untuk mengendalikan banjir di Tenggarong akan digarap hingga akhir tahun.

Tak hanya melakukan pengangkat sedimentasi di lokasi yang rawan, proyek pembuatan jalur pembuangan air baru terus dikerjakan. "Ada juga yang harus memotong jalan untuk mempercepat aliran air ke sungai," ujar Yamin.

Kegiatan pembuatan parit yang baru diantara berada di Jalan Ahmad Dahlan, Jalan AM Sangaji, hingga Jalan Imam Bonjol. Beberapa pelebaran parit dilakukan, menyesuaikan kebutuhan debit air. "Karena penganan debit air ini juga menjadi atensi Pemkab Kukar untuk segera diselesaikan. Ini akan terus berlanjut hingga 2020," tambahnya.

Kaki Berita (leg)

"Bupati sangat serius menangani banjir ini. Karena itu beliau turun langsung melihat parit-parit menjelang musim hujan. Bahkan sampai ikut membersihkan langsung bersama warga," ujarnya. Proses pengerjaan penanggulangan banjir ini terus berkelanjutan. Pada 2020, kata dia, pihaknya akan melakukan proyek pembuatan serta normalisasi saluran air secara masif. Dengan demikian, diharapkan satu tahun anggaran bisa tuntas persoalan banjir tersebut.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang langkah-langkah menelaah struktur dan kebahasaan teks berita. Semoga apa yang admin bagikan kali dapat membantu anak didik dalam memahami langkah-langkah menelaah struktur dan kebahasaan teks berita. Semoga bermanfaat dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Langkah-Langkah Menelaah Struktur dan Kebahasaan Teks Berita : Bahasa Indonesia Kelas 8 (Revisi Part 2)

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /