Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Ciri-Ciri Umum Teks Persuasif | Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2 Revisi



ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan ciri-ciri umum teks persuasif dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas 8 semester 2 revisi terbaru. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang ciri-ciri umum teks persuasif dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami ciri-ciri umum teks persuasif dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

Ciri-Ciri Umum Teks Persuasif | Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2 Revisi
www.ilmubindo.com

Secara umum, teks persuasif memiliki beberapa ciri sebagai berikut.
  1. Bertujuan mengajak orang untuk melakukan sesuatu.
  2. Memiliki data berupa fakta, contoh, dan bukti yang digunakan untuk memperkuat alasan yang disampaikan oleh penulis berkaitan dengan tujuannya.
  3. Mengandung kata-kata ajakan, seperti ayo, marilah, dan laksanakanlah.
Perhatikan contoh teks persuasif berikut untuk mengetahui tujuan, fakta, dan kata ajakan yang terdapat dalam sebuah teks persuasif. Untuk lebih jelasnya silakan kalian simak berikut.
Yuk, Hilangkan Stres dengan Membaca!

Stres merupakan kekacauan mental dan emosional yang disebabkan oleh suatu hal di luar diri seseorang, seperti rasa tertekan dan terhimpit oleh keadaan tertentu. Stres menyebabkan ketegangan psikis dan fisik. Seseorang yang stres akan diliputi kecemasan, bahkan pada sesuatu yang belum terjadi. Hal ini sebaiknya tidak terjadi secara berlarut-larut karena akan semakin mengganggu kesehatan.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi atau mengatasi stres. Salah satu cara tersebut adalah membaca. Membaca dapat mengalihkan perhatian seseorang dari penyebab stres. Hal ini disebabkan kegiatan membaca membuat seseorang fokus pada sesuatu yang dibacanya. Secara tidak langsung, seseorang akan terhanyut dalam gagasan atau imajinasi penulis dan melupakan sejenak beban yang membuatnya stres. Hal tersebut telah terbukti dalam penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan Universitas Sussex pada tahun 2009.

Dengan demikian, jika kita mengalami stres sebaiknya luangkanlah waktu untuk membaca buku kesukaan. Begitu pula dengan orang lain yang juga mengalami stres, sarankan kepada orang tersebut untuk mengurangi stres dengan membaca.

Berikut ini adalah tujuan, fakta, dan contoh kata ajakan yang terdapat dalam teks persuasif di atas. Adapun contoh jawaban tersebut adalah sebagai berikut.
  1. Tujuan, mengajak orang untuk mengurangi stres dengan membaca.
  2. Fakta, penelitian yang dilakukan ilmuwan Universitas Sussex
  3. Kata ajakan, yuk, hilangkan, luangkanlah, dan sarankan.
Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang ciri-ciri umum teks persuasif dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam memahami ciri-ciri umum teks persuasif dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ciri-Ciri Umum Teks Persuasif | Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2 Revisi

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /