Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Langkah-Langkah Menulis Teks Cerita Inspiratif Lengkap dengan Contohnya


Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com | Tuliskan langkah-langkah dalam menulis teks cerita inspiratif! Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan langkah-langkah dalam menulis teks cerita inspiratif dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang langkah-langkah dalam menulis teks cerita inspiratif dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami langkah-langkah dalam menulis teks cerita inspiratif dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

Langkah-Langkah Menulis Teks Cerita Inspiratif Lengkap dengan Contohnya
www.ilmubindo.com

A. Menulis Teks Cerita Inspiratif 

Berikut ini adalah langkah-langkah yang tentunya bisa kalian gunakan sebagai referensi dalam membuat teks cerita inspiratif yang  baik dan benar. Adapun beberapa langkah-langkah yang bisa kalian tempuh dalam membuat contoh teks cerita inspiratif adalah sebagai berikut.
1. Tentukan tema dan amanat cerita terlebih dahulu.
2. Buat kerangka isi cerita kalian.
3. Buat paragraf awal yang tentunya harus menarik.
4. Ending atau akhir cerita harus istimewa atau luar biasa.
5. Libatkan emosi yang secukupnya saja.
6. Gunakanlah bahasa yang komunikatif dan ringan serta mengalir
7. Pemilihan judul sangat penting, jadi pilihlah judul yang menurutmu menarik.

B. Contoh Teks Cerita Inspiratif

Di bawah ini adalah beberapa contoh teks cerita inspiratif yang bisa kalian gunakan sebagai referensi di dalam membuat cerita inspiratif yang menarik dan yang pastinya dapat menginspirasi orang-orang yang membacanya. Adapun contoh teks cerita inspiratif tersebut adalah sebagai berikut.

Teks Cerita Inspirasi 1

Mencari Jodoh yang Terbaik

Pada suatu hari di sebuah perguruan silat, seorang murid bertanya kepada gurunya. Murid ini adalah murid terbaik dan paling disayang oleh sang guru. "Guru, sekarang saya sudah makin dewasa, tolong ajarkan saya satu ilmu yang baru."

Lalu gurunya berkata, "Hmm, besok pagi kamu bertemu dengan saya ya, di ladang jagung di tepi hutan sebelah sana. Saya akan ajarkan kamu satu ilmu baru." Sang murid pun setuju saja untuk bertemu dengan gurunya.

Keesokan harinya, sang murid bertemu dengan gurunnya di tepi hutan, di mana ada ladang jagung yang sangat luas. Sepanjang mata memandang hanya ada ladang jagung. Si murid bertanya, "Guru, apa yang akan kita lakukan di sini?"

Kata gurunya, sekarang kamu saya berikan tugas, kamu masuk ke ladang jagung, dan kamu pilih 1 jagung yang terbaik untuk dibawa pulang. Syarat pertama adalah, kamu sudah jalan, kamu tidak boleh balik lagi dan waktu kamu cuma 1 jam.

Kata muridnya, baik guru, saya akan mencari jagung terbaik yang paling besar, yang paling segar, yang saya benar-benar suka. Lalu dimulailah jalan, dia melihar satu per satu jagung. Sampai dia melihat satu jagung yang agak besar. Lalu dia bergumam dalam hati. "Wah apa ini jagungnya ya? Tapi saya cuma boleh bawa satu jagung, jangan-jangan di depan sana ada jagung yang lebih besar. Ya sudahlah, yang di sana saja, pasti di sana ada jagung lain yang lebih besar.

Lalu dia berjalan dan mencari lagi, tak lama kemudian ia menemukan yang lebih besar. Lalu dia kembali bergumam, "Nah ini, benar ternyata, ada yang lebih besar. Tapi, jangan-jangan di sana nanti ada yang lebih besar lagi."

Akhirnya dia tinggalkan lagi, dan mencari yang lain di sana, betul saja, apa yang diharapakan benar terjadi. Dia mendapatkan buah jagung yang lebih besar lagi dari jagung pertama dan kedua itu.  Tetapi dia masih penasaran dengan jagung yang masih banyak di depannya. Sampai akhirnya di tiba di ujung ladang jagung dan di sana dia berpikir, "Sepertinya justru jagung yang paling bagus adalah jagung pertama yang saya temui."

Sayangnya, ladang jagungnya sudah terlanjur lewat dan waktunya sudah terlanjur habis. Akhirnya dia kembali ke gurunya dan tidak membawa satu jagung pun. Kemudian gurunya berkata, "Seperti itulah perumpamaan kamu mencari jodoh atau memilih jalan hidup."

Teks Cerita Inspirasi 2

Di bawah ini adalah contoh cerita inspirasi yang berjudul "Laut Ini Penuh Marabahaya" dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas 9. Adapun contoh teks cerita insirasi tersebut adalah sebagai berikut.

Laut Ini Penuh Marabahaya

Seorang pemuda kehilangan sepatunya di laut, lalu dia menulis di pinggir pantai "Laut ini maling" 

Tak lama kemudian datanglah nelayan yang membawa hasil tangkapan ikan yang begitu banyak, lalu menulis di pantai: "Laut ini baik hati"

Seorang pemuda tenggelam di lautan lalu ibunya menulis di pantai: "Laut ini pembunuh" 

Tak lama datanglah seorang lelaki yang menemukan sebongkah mutiara di dalam lautan, lalu dia menulis di pantai:"Laut ini penuh berkah"

Seorang di atas perahu dan di hantam badai, lalu dia menulis di pantai, "Laut ini penuh marahbahaya"

Sementara lautan dan seisinya tak pernah mengeluh sedikit pun.

Kemudian datanglah ombak dan menghapus semua tulisan dipantai itu tanpa sisa. 

Maka, jangan risaukan omongan orang, karena setiap orang membaca dunia dengan pemahaman dan pengalaman yang berbeda.

Teruslah melangkah, selama engkau di jalan yang baik. Meski terkadang kebaikan tidak senantiasa dihargai.

Teks Cerita Inspirasi 3

Berikut ini adalah contoh teks cerita inspirasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas 9. Adapun contoh dari teks cerita inspirasi ini bisa kalian simak berikut ini.

Belenggu Keyakinan

Pada suatu hari yang cerah di sebuah kota, seorang pria berencana pergi ke tempat pertunjukkan sirkus dengan membawa anak dan istrinya. Niatnya sederhana, ingin memberikan hiburan kepada keluarga di hari libur sekolah.

Sebelum sampai ke tempat pertunjukkan, pria tersebut harus melewati sebuah perkemahan dengan tenda yang berukuran besar berisi gajah-gajah sirkus. Gajah-gajah dengan ukuran besar berdiri melamun dengan kondisi satu kaki yang diikat oleh rantai kecil.

Tidak ada pagar sama sekali, setiap gajah hanya diikat dengan rantai kecil di salah satu kakinya dan tidak ada yang berusaha untuk kabur, semuanya terdiam. Sepanjang perjalan pria tersebut terus memandangi gajah-gajah tersebut dengan mimik wajah yang kebingungan.

Mengapa?

Pria tersebut berpikir, mengapa sang gajah dengan ukuran sebesar itu tidak menggunakan seluruh kekuatan yang dia miliki untuk memutuskan rantai kecil yang mengikat salah satu kakinya kemudain lari dari perkemahan tersebut.

Namun sebaliknya, setiap gajah hanya berdiri terdiam tidak melakukan apapun. Dengan wajah yang masih kebingungan pria tersebut menghampiri sang pawang yan dari tadi juga berdiri di sekitar perkemahan gajah tersebut.

Pria tersebut bertanya, "Mengapa para gajah itu hanya terdiam dan berusaha untuk kabur padahal hanya diikat dengan rantai kecil di salah satu kakinya?"

Sang pawang pun tersenyum kemdian menjawab, "Ketika mereka masih sangat muda dan berukuran jauh lebih kecil dari sekarang kami menggunakan rantai dengan ukuran yang sama untuk mengikat mereka, dan pada usia itu, cukup untuk menahan mereka."

"Seiring mereka tumbuh dewasa mereka dikondisikan untuk percaya bahwa mereka tidak dapat melepaskan diri. Karena sampai sekarang mereka masih percaya bahwa rantai masih bisa menahan mereka, sehingga mereka tidak pernah mencoba membebaskan diri.

Teks Cerita Inspirasi 4

Berikut ini adalah contoh teks cerita inspirasi yang berjudul "Seorang Pengusaha yang Berhutang pada Seorang Rentenir Tua" dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas 9. Adapun contoh teksnya adalah sebagai berikut.

Seorang Pengusaha yang Berhutang
pada Seorang Rentenir Tua

Ada seorang pengusaha yang berhutang pada rentenir tua. Rentenir itu diketahui tertarik dengan anak perempuan di pengusaha. Suatu hari, ia datang dengan sebuah penawaran kepada si pengusaha. Ia bersedia mengikhlaskan hutang si pengusaha asal diperbolehkan menikahi anaknya.

Si pengusaha pun menolak tawaran si rentenir. Tapi, rentenir itu tidak menyerah dan mengajukan sebuah penawaran baru. Ia akan mengambil dua batu dan dimasukkannya ke dalam kantung, si pengusaha dipersilakan mengambil satu batu dari kantung itu. Jika ternyata yang diambil batu hitam, mata hutang si pengusaha akan dihapus tapi anak perempuannya akan dinikahi si rentenir.

Si pengusaha pun menyetujui usulan tersebut. Mereka kemudian mengambil batu dari pekarangan. Saat mengambil batu, pengusaha itu melihat si rentenir memasukkan dua batu hitam ke kantung. Pengusaha lalu berpikir keras untuk keluar dari situasi yang tak menguntungkan itu. Saat kantung disodorkan, ia mengambil satu batu lalu ia pura-pura tersandung dan menjatuhkan batunya.

"Aduh, maafkan kecerobohanku, Tuan. Aku tadi sudah mengambil batu tapi terjatuh. Mungkin kita bisa melihat warna batu yang tersisa, saya karena saya pasti mengambil batu yang sebaliknya," kata di pengusaha. Pengusaha cerdik itu menjatuhkan batu yang digenggamnya agar tidak sempat di periksa dan mengatakan jika mengambil batu yang berlawanan dengan ada di kantung. Sebab, pasti batu yang tersisa berwarna hitam. Sehingga ia selamat dari perangkap licik si rentenir.

Teks Cerita Inspirasi  5

Berikut ini adalah contoh teks cerita inspirasi yang berjudul "Jiwa Besar, Berkah Besar" dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas 9. Adapun contoh teksnya adalah sebagai berikut.
 
Jiwa Besar, Berkah Besar

Seorang anak yang mengalami cacat tubuh dari lahir, kondisi fisiknya sejak kecil hingga saat berusia 15 tahun ini, sangatlah lemah. Berjalan pun harus menggunakan penyangga tubuh bahkan kursi roda selalu dipersiapkan disekitarnya bila tubuhnya tidak lagi memiliki kekuatan untuk melakukan aktivitas.

Walaupun begitu, si pemuda kecil itu tidak pernah menampakkan raut muka yang sedih. Senyuman selalu menyungging di setiap kata-kata yang terlontar dari bibirnya. Keluarganya saling menyayangi dan bergantian memberi dukungan baik fisik maupun semangat.
Di suatu senja, saat berdua menikmati matahari kembali ke peraduannya, si kakak membuka pembicaraan, "Dik, kita berandai-andai nih, kalau bisa atau kalau boleh memilih atau kalau ada yang kamu inginkan dan ada yang mau memberi, apa yang ingin kamu ubah di kehidupanmu sekarang?"
Sambil tersenyum santai si adik menjawab " Tidak ada."
"Jangan buru-buru menjawab. Pikir baik-baik dulu. Jika kamu diperbolehkan mengubah, apapun itu, apa yang kamu ingin kamu ubah?" Si kakak penasaran mengulang pertanyaan yang sama.
"Tidak ada Kak! Tidak ada yang ingin aku ubah. Dan mengapa aku harus mengubahnya?" Tanyanya balik.
"Kamu tidak ingin bisa berjalan sendiri? Kamu tidak ingin terlepas dari tongkat penyanggami dan kursi roda itu?" balas si kakak dengan nada sengit.
"Ah, tidak mau. Dengan tongkat peyangga dan kursi roda ini, aku tidak perlu capek berjalan dan mengantre di mana pun. He he he. Kakak sendiri tahu kan, aku sudah bermain bola dari kursi roda dan teman-temanku juga senang bermain denganku. Pokoknya tidak ada apa pun yang ingin aku ubah!" serunya.
Setelah berdiam beberapa saat, si adik terus meneruskan bicaranya, "Kak, jangan marah dulu ya. Sungguh Kak, tidak ada yang ingin aku ubah di kehidupanku sekarang. Karena aku tahu dan sadar, aku tidak mungkin bisa mengubah kondisi tubuhku yang lemah ini. Tetapi aku bahagia dan sangat beryukur yaitu memiliki ayah, ibu, dan kakak yang sangat mencintaiku. Memiliki keluarga dan teman-teman yang baik, telah lebih dari cukup yang bisa aku harapkan. Dan aku tidak ingin merubah semua ini dan menggantikannya dengan apa pun."
Segera si kakak berbalik dan memeluk adiknya sambil berbisik sayang. "Terima kasih Dik, kakak selalu menyayangimu."

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang langkah-langkah dalam menulis teks cerita inspiratif dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam memahami langkah-langkah dalam menulis teks cerita inspiratif dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Langkah-Langkah Menulis Teks Cerita Inspiratif Lengkap dengan Contohnya

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /