Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Langkah-Langkah Menulis Teks Eksplanasi | Materi Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2



Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan langkah-langkah menulis teks eksplanasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas 8 semester 1 revisi. Semoga langkah-langkah yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang langkah-langkah menulis teks eksplanasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami langkah-langkah menulis teks eksplanasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

Langkah-Langkah Menulis Teks Eksplanasi | Materi Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2
 www.ilmubindo.com

Teks eksplanasi adalah penjelasan tertulis yang berkaitan dengan fenomena alam, sosial, budaya, dan sebagainya. Berbagai peristiwa di lingkungan sekitar dapat menjadi bahan atau ide menulis teks eksplanasi. Penulisan teks eksplanasi sebaiknya tidak kalian lakukan dengan sembarangan karena dasar penulisan teks tersebut juga harus didukung oleh fakta-fakta. Adapun langkah-langkah menulis teks eksplanasi adalah sebagai berikut.

1. Mendata Peristiwa di Lingkungan Sekitar

Perisiwa sehari-hari di lingkungan sekitar dapat dijadikan bahan untuk menulis teks eksplanasi. Misalnya, tentang udara yang setiap hari kita rasakan, penyebab udara pada pagi hari terasa dingin, sedangka semakin siang udara semakin panas.

2. Mengamati Suatu Peristiwa

Setelah mendapat peristiwa di lingkungan sekitar, tentukan salah satu peristiwa yang akan kalian amati lebih lanjut. Berdasarkan pengamatan yang kalian lakukan akan muncul ide penulisan teks eksplanasi.

3. Mencatat Urutan Peristiwa

Dalam pengamatan, kalian sebaiknya mencatat juga hal sedang kalian amati. Urutan terjadinya suatu peristiwa penting diketahui dan dicatat untuk membuktikan kebenaran peristiwa tersebut.

4. Membuat Kerangka Teks Eksplanasi

Setelah mendapatkan data dan fakta berkaitan dengan peristiwa yang kalian amati, susunlah kerangka karangan teks. Dalam struktur teks eksplanasi, tentukanlah hal-hal yang akan kalian bahas dan jelaskan.

5. Menulis Teks Eksplanasi

Kerangka karangan yang kalian buat akan mempermudah penulisan teks. Berdasarkan kerang karangan, tulislah teks menggunakan bahasa yang komunikatif atau mudah dipahami.

Contoh Teks Eksplanasi Berikut!

Di bawah ini adalah contoh teks ekspalanasi lengkap dengan struktur teksnya. Adapun contoh teksnya adalah sebagai berikut.

a. Judul

Proses Terjadinya Siang dan Malam

b. Pernyataan Umum

Setiap hari kita mengalami perputaran waktu siang dan malam. Bumi mengalami masa terang dan gelap dalam waktu tertentu. Manusia menjalankan aktivitas setiap hari pada waktu-waktu tersebut, mulai terbit hingga terbenamnya matahari. Perputaran waktu tersebut bagi manusia adalah bagian dari perjalanan hidup di Bumi. Namun, banyak manusia yang tidak mau tahu tentang proses alami terjadinya perputaran waktu tersebut. Lalu, bagaimana sebenarnya peristiwa siang dan malam bisa terjadi?

c. Deretan Penjelas

Bumi merupakan salah satu planet yang terdapat dalam tata surya. Bumi melakukan dua perputaran sekaligus, yaitu berputar mengelilingi Matahari dan berputar pada porosnya. Bumi mengelilingi Matahari dalam satu putaran memerlukan waktu 36514 hari atau kurang lebih satu tahun. Berkaitan dengan  Matahari, Bumi berputar pada porosnya dalam satu putaran memelurkan waktu sekitar 24 menyebabkan terjadinya waktu siang dan malam di Bumi.

Selama 24 jam waktu Bumi berputar mengitari porosnya, ada kalanya sebagian wajah Bumi berhadapan dengan Matahari. Pada saat itulah bagian wajah Bumi mengalami peristiwa siang. Seiring dengan perputaran, wajah Bumi yang semula berhadapan dengan Matahari, kemudian berbalik dan membelakangi Matahari sehingga sisi wajah Bumi tersebut tidak disinari Matahari. Dengan demikian, bagian Bumi tersebut mengalami peristiwa malam.

Ada pula hal menarik pada perputaran Bumi tersebut. Manusia yang hidup di wilayah ekuator atau garis imajiner yang membelah bagian Utara dan Selatan Bumi mengalami panjang waktu siang dan malam hampir sama, yaitu rata-rata 12 jam. Berbagai lokasi di Bumi pada umumnya disinari Matahari selama 12 jam per hari. Namun, di tempat-tempat tertentu, panjang siang dan malam pada waktu tertentu di sepanjang tahun berbeda. Ada kalanya suatu tempat di bagian Utara atau Selatan garis ekuator mengalami waktu siang atau malam yang lebih panjang.

d. Interpretasi

Perbedaan panjang waktu siang dan malam ini juga disebabkan berputarnya Bumi terhadap matahari (revolusi). Hal yang perlu kita ketahui adalah poros atau sumbu Bumi ternyata memiliki kemiringan 23,50 terhadap Matahari. Kemiringan poros Bumi ini tidak hanya menyebabkan waktu siang atau malam yang lebih panjang di wilayah tertentu, tetapi juga berpengaruh pada terjadinya perubahan musim (panas, dingin, gugur, dan semi) di Bumi, terutama di wilayah yang berjauhan dengan garis ekuator. Begitulah proses alamiah terjadinya siang dan malam yang selalu kita rasakan dan alami setiap hari.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang langkah-langkah menulis teks eksplanasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam memahami langkah-langkah menulis teks eksplanasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Langkah-Langkah Menulis Teks Eksplanasi | Materi Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /