Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Langkah-Langkah Meringkas Isi Teks Eksplanasi | Materi Bahasa Indonesia Kelas 8 Revisi 2017



ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan langkah-langkah meringkas teks eksplanasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas 8 semester 2 revisi. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang langkah-langkah meringkas teks eksplanasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami langkah-langkah meringkas teks eksplanasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. 

Langkah-Langkah Meringkas Isi Teks Eksplanasi | Materi Bahasa Indonesia Kelas 8 Revisi 2017
www.ilmubindo.com

A. Langkah Meringkas Teks Eksplanasi

Di bawah ini adalah beberapa langkah-langkah yang kalian bisa gunakan dalam meringkas isi teks eksplanasi. Adapun langkah-langkah tersebut adalah sebagai berikut.

1. Sediakan 1 contoh teks eksplanasi (fenomena alam, sosial, dan budaya)
2. Membaca teks secara intensif dan saksama dengan penuh perhatian.
3. Mencatat gagasan umum atau pokok pikiran dalam setiap paragraf.
4. Menyimpulkan gagasan umum setiap paragraf menjadi gagasan umum teks
5. Menyusun atau menuliskan gagasan umum teks menjadi paragraf sesuai pemahaman kalian.
6. Hasil ringkasan teks eksplanasi telah selesai dikerjakan.

B. Contoh Teks Eksplanasi

Berikut ini adalah salah satu contoh teks eksplanasi dalam bahasa Indonesia kelas 8 semester 2. Adapun contoh teks eksplanasi tersebut adalah sebagai berikut.

Proses Terjadinya Pelangi

Pelangi adalah fenomena alam yang berupa optik dan meteorologi yang memiliki warna-warni indah yang sejajar yang ada di langit. Pelangi terbentuk melewati proses pembelokkan cahaya atau yang disebut dengan pembiasan, proses pembiasan pada pelangi akan tertata secara struktur dan akan menghasilkan warna-warni indah pada pelangi.

Pelangi akan terjadi apabila cahaya mengalami pembiasan ketika cahaya Matahari terkena hujan. Pelangi hanya dapat dilihat pada saat hujan dan disertai cahaya Matahari ada dibelakang pengamat sehingga akan terjadi garis lurus antara Matahari, pengamat, dan busur pelangi dan akan terbentuklah menjadi pelangi dari hasil proses pembiasan tadi.

Bagaimana warna-warni pelangi bisa terbentuk? Prosesnya berawal dari cahaya Matahari karena cahaya Matahari tersebut dinamakan polikromatik. Cahaya yang akan ditangkap oleh kasat mata manusia ada 7 warna yaitu merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu yang akan muncul pada langit yang disebut dengan cahaya tampak. Menurut ilmu Fisika cahaya tampak merupakan gelombang elektromagnetik yang terjadi akibat adanya medan magnet dan medan listrik. Cahaya tampak memiliki panjang yang berbeda-beda dimulai dari 4000 A sampai 7000 A dan tampak cahaya juga memiliki frekuensi 4,3 x 1014 Hz.

Mengapa urutan warna pelangi selalu sama? Hal ini disebabkan karena cahaya warna merah bagian dari spektrum cahaya tampak yang memiliki frekuensi paling rendah atau memiliki panjang gelombang paling panjang bila dibandingkan dengan cahaya tampak yang lainnya dan cahaya ungu memiliki frekuensi paling tinggi serta panjang gelombang paling pendek. Maka dari hal ini yang menyebabkan warna merah dan ungu tidak akan saling bertemu. Warna merah berada paling ujung pelangi dan warna ungu berada paling bawah pelangi dan diantara warna merah dan ungu dikelilingi dengan warna, jingga, kuning, hijau, biru, nila sehingga warna pelangi akan menjadi sempurna.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang langkah-langkah meringkas teks eksplanasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam memahami langkah-langkah meringkas teks eksplanasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Langkah-Langkah Meringkas Isi Teks Eksplanasi | Materi Bahasa Indonesia Kelas 8 Revisi 2017

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /