Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Kumpulan 5+ Contoh Singkat Teks Persuasi Dilengkapi Strukturnya (Terbaru 2020)


Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh teks persuasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas delapan revisi. Harapannya, contoh soal yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang contoh teks persuasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas delapan revisi. Dan semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak psoitif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami contoh teks persuasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas delapan revisi. Adapun contoh teksnya adalah sebagai berikut.

Contoh 1
Mencintai Lingkungan

Kumpulan 5+ Contoh Singkat Teks Persuasi Dilengkapi Strukturnya (Terbaru 2020)

Pembukaan
Lingkungan adalah kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber adaya alam seperti tanah, air, energi surya, mineral. serta flora dan fauna yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam lautan, dengan kelembagaan yang meliputi ciptaan manusia seperti keputusan bagaimana menggunakan lingkungan fisik tersebut. Lingkungan juga dapat diartikan menjadi segala sesuatu yang ada disekitar manusia dan mempengaruhi perkembangan kehidupan manusia.

Tesis
Seperti kita tahu bahwa lingkungan adalah tempat manusia berinteraksi dan melakukan kegiatan lingkungan bertujuan membuat semua kegiatan atau interaksi menjadi lebih baik. Salah satu penerapan untuk menjaga lingkungan, misalnya di sekolah, di rumah, dan masyarakat.

Tujuan dari lingkungan yaitu terciptanya hubungan keselarasan antarmanusia dan dapat menyusun atau mengembangkan pola tata ruang dan mekanisme pengelolaan untuk berbagai kegiatan pemanfaatan air, tanah, dan sumber daya alam lainnya untuk lingkungan hidup yang lebih baik.

Lingkungan yang terpelihara akan membawa dampak positif bagi kita yang melakukan kegiatan atau pun berinteraksi. Dengan lingkungan yang bersih kita dapat melakukan kegiatan dan berinteraksi dengan baik. Kita pun merasa bangga melihat lingkungan di sekitar kita bersih dan indah. Lain halnya dengan lingkungan yang kotor dan tidak terawat, lingkungan tersebut akan cenderung rusak. Dengan demikian, kita harus membiasakan diri kita untuk menjaga dan memelihara lingkungan sekitar kita.

Argumen
Adapun kekurangan di sekitar lingkungan kita adalah tidak tercapainya keselarasan hubungan antarmanusia dengan lingkungan hidup, tidak terkendalinya pemanfaatan sumber daya secara bijaksana, dan tidak terwujudnya manusia Indonesia sebagai pembina lingkungan hidup. Kebijakan penataan dan pemanfaatan lingkungan, pengembangan dan pemeliharaan lingkungan, pemulihan, pengawasan dan pengendalian lingkungan untuk kepentingan generasi sekarang dan mendatang.

Rekomendasi
Lingkungan hendaknya terpelihara dan terjaga dengan baik oleh masyarakat, karena lingkungan juga sangat penting bagi manusia dengan dengan adanya lingkungan manusia dapat memenuhi kebutuhan dan dapat berinteraki antara satu sama lain, namun saat ini pun masih banyak manusia yang tidak peduli terhadap lingkungannya. Hal ini disebabkan karena pengaruh dari lingkungan luar dan orang-orang yang tidak berwawasan dan tidak berpendidikan, oleh karena itu kita harus menjaga lingkungan kita dengan sebaik-baiknya agar tetap terpelihara dengan baik.

Contoh 2
Tata Krama

Kumpulan 5+ Contoh Singkat Teks Persuasi Dilengkapi Strukturnya (Terbaru 2020)

Pembukaan
Tata krama ialah suatu sikap yang menunjukkan sopan santun terhadap sesama. Tata krama dapat dilihat dari seseorang yang mampu menghargai dan sopan terhadap sesama. Tata krama ini dapat dipaparkan baik dalam bentuk tertulis maupun tidak tertulis. Tata krama yang dapat mempengaruhi sikap seseorang dalam berperilaku secara baik dan buruk.

Tesis
Seperti yang telah kita ketahui, bahwa tata krama dapat menjadi salah satu sikap yang biasanya termasuk dalam penilaian karakter bagi setiap orang. Misalnya pada budaya Jawa, kebanyakan orang-orang di sana memiliki sikap sopan santun yang sangat tinggi. Penerapan tata krama dalam kehidupan sehari-hari mampu membuat seseorang menjadi lebih terbiasa untuk menjaga sopan santun, sehingga seseorang dapat dipandang baik oleh orang lain.

Argumen
Tata krama juga sangat penting untuk dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Seseorang dapat disebut sebagai seorang yang bertata krama apabila ia mampu menjaga sopan-santun, hormat, dan menghargai sesama. Tata krama dapat didengar mudah untuk dilaksanakan sebagai kebiasaan yang dapat memampukan seseorang menjadi terbiasa dalam bertata krama dengan baik. Perilaku tata krama juga terdapat dalam norma.

Jika dilihat dalam kehidupan sehari-hari masyarakat masih kurang bijaksana dalam menyikapi arti yang sebenarnya daripada tata krama. Banyak contoh yang nyata yang juga mampu membuktikan pernyataan atau penelitian tersebut seperti perilaku negatif diantaranya melawan sesama yang sebenarnya lebih dewasa, sikap egoisme yang mampu mengakibatkan pecah-belah. Melakukan kekerasan pada sesama. Mengucapkan bahasa atau perkataan yang dapat menyinggung perasaan orang. Melakukan pembicaraan tanpa menjaga wibawa.

Rekomendasi
Begitu pentingnya tata krama, oleh sebab itu marilah kita sebagai makhluk yang berwibawa, kita laksanakan perilaku bertata krama dengan baik. Kita dapat melakukannya dimulai dari orang terdekat hingga sesama lainnya. Dengan demikian, kita dapat dipandang baik di mata sesama dan menuai komentar positif dari perilaku tata krama yang telah kita lakukan.

Contoh 3
Teknologi dalam Dunia Modern

Kumpulan 5+ Contoh Singkat Teks Persuasi Dilengkapi Strukturnya (Terbaru 2020)

Pembukaan
Teknologi adalah kemampuan teknik yang berlandaskan pengetahuan ilmu eksakta yang berdasarkan proses teknis. Dalam dunia modern ini, teknologi sudah berkembang dengan sangat pesat seiring dengan berjalannya waktu. Para ilmuwan telah menemukan dan menciptakan berbagai macam teknologi yang sangat canggih. Teknologi-teknologi tersebut bahkan dapat mengerjakan berbagai pekerjaan manusia dengan sempurna.

Tesis
Robot merupakan salah satu contoh teknologi yang sangat canggih. Robot adalah mesin yang dapat melaksanakan tugas dengan sedikit kendali dari manusia atau pun tanpa kendali sama sekali. Kebanyakan robot berbentuk lengan mekanik untuk membuat produk di pabrik. Meski demikian, hingga saat ini para ilmuwan masih berusaha menciptakan robot yang dapat melihat, mendengar, belajar, dan membuat keputusan.

Argumen
Teknologi yang sangat canggih seperti robot tentu memiliki dampak positif maupun dampak negatif bagi kehidupan manusia.  Adapun dampak positif yang ditimbulkan oleh adanya robot yaitu membantu dan mempermudah pekerjaan manusia serta dapat membantu penyandang disabilitas dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Adapun dampak negatif yang ditimbulkan dari robot yaitu timbulnya permasalahan masyarakat kecil yang kurang sejahtera.

Banyak tempat khususnya fasilitas umum yang menggunakan robot untuk membantu manusia seperti restauran yang menggunakan robot sebagai pramusaji dan juga bandara yang menggunakan robot sebagai pembersih lantai, dan juga sebagai pusat informasi. Akibatnya, tenaga dan isi kepala manusia sudah jarang dibutuhkan karena telah digantikan oleh robot-robot tersebut sehingga lapangan pekerjaan menjadi lebih sempit. Kalau pun ada lapangan pekerjaan gaji yang diberikan juga pastinya tergolong kecil.

Rekomendasi
Oleh karena itu, kita perlu menjadi manusia yang unggul dengan kemampuan otak yang tinggi serta kreatif. Jika tidak, maka pekerjaan manusia akan tergeser oleh  kemajuan teknologi ini. 

Contoh 4
Hindari Buku-Buku Fanatik

Kumpulan 5+ Contoh Singkat Teks Persuasi Dilengkapi Strukturnya (Terbaru 2020)

Pembukaan
Buku jenis apapun, termasuk buku-buku religi, hakikatnya mempunyai daya dalam membentuk karakter anak. Diantaranya memberi anak wawasan empati, kemampuan berbahasa, dan estetika karena itu spesial sastra anak, Dr. Murti Bunanta. SS.MA selalu menekankan perlunya sejak dini anak-anak diperkenalkan pada buku-buku bermutu.

Tesis
Dalam memilih bacaan religi untuk anak tidaklah berarti melulu memberikan buku-buku yang hanya menitikberatkan pada pelajaran agamanya sendiri. Sebab, hal ini sudah diberikan dalam pelajaran agama di sekolah masing-masing. Orang tua perlu jeli memilihkan buku-buku yang memperlihatkan bagaimana moral dan ajaran agama hadir dalam kehidupan tokoh-tokoh dalam cerita.

Argumen
Namun sebaliknya, orang tua tidak hanya memilihkan buku-buku cerita dan agama yang mereka anut saja. Justru dengan memberikan buku-buku cerita bernuansa agama lain, anak-anak akan belajar mengerti agama lain, mereka akan bertambah wawasan dan belajar toleran. 

Buku yang baik tidak akan membuat orang yang beragama lain merasa risih membacanya. Dan yang penting, semua yang membacanya  bisa memperoleh "pencerahan dan isi ceritanya, hindarilah buku-buku religi atau buku-buku cerita yang dikemas dengan fanatik. Buku yang dikemas dengan kefanatikan terhadap agama tertentu akan menimbulkan konflik agama, karena mengajarkan sentimen pada agama lain. Seharusnya buku atau majalah yang bernuansa agama bersifat objektif, netral, dan bijaksana.

Rekomendasi
Untuk memperluas wawasan pengetahuan agama, sebaiknya orang tua juga menyediakan buku-buku tentang perkembangan atau sejarah agama. Buku-buku atau cerita anak-anak yang bertujuanmemperteguh iman, bisa dikemas dengan berbagai cara. Dengan membaca buku agama lain, anak-anak belajar bersikap toleran. Jadi, mari kita hindari buku-buku fanatik.

Contoh 5
Energi Listrik

Kumpulan 5+ Contoh Singkat Teks Persuasi Dilengkapi Strukturnya (Terbaru 2020)

Pembukaan
Seperti yang kita ketahui bahwa listrik adalah salah satu kebutuhan manusia yang bisa dibilang cukup penting bagi kehidupan sehri-hari. Alat ini sering digunakan untuk menerangi ruangan pada waktu malam hari dan bukan hanya itu saja kegunaannya listik juga berfungsi untuk menghidupkan alat-alat teknologi lain dan sebagainya.

Tesis
Sekarang ini, kebanyakan pembangkit listrik yang digunakan berbahan bakar minyak bumi (solar) yang termasuk dalam sumber tak terbarui. Jika kita menggunakan  energi listrik yang cukup banyak, maka dibutuhkan bahan yang banyak pula untuk menghasilkan energi listrik tersebut tanpa bisa menonton TV, mendengarkan lagu kesayangan di radio bahkan harus gelap-gelapan di kala malam menjelang. Tentu kalian mau hidup seperti itu. Karenannya, marilah kita membiasakan diri untuk hemat dalam menggunakan listrik karena dengan hemat dalam menggunakan energi listrik secara tidak langsung kita pun ikut menghemat dalam pemakaian bahan bakar.

Argumen
Coba kalian bayangkan jika minyak bumi sebagian bahan bakar pembangkit listrik telah habis, apa yang akan terjadi? Tentu saja tidak akan ada pasokan listrik tersebut, dan di masa sekarang listrik sudah memiliki jenis contohnya antaralain energi cahaya, energi suara, dan lain sebagainya.

Rekomendasi
Maka begitu pentingnya listrik bagi kehidupan kita. Marilah untuk selalu hidup dengan menghemat listrik, bukan hanya hidup dengan hemat kita dapat juga mengurangi pemanasan global di bumi kita ini supaya kita hidup dengan nyaman dan damai.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang contoh singkat teks persuasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga contoh teks yang admin bagikan kali kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang contoh teks persuasi. Kiranya bermanfaat dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kumpulan 5+ Contoh Singkat Teks Persuasi Dilengkapi Strukturnya (Terbaru 2020)

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /