Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Contoh Penggunaan Tanda Baca pada Teks (Teks Deskripsi dan Teks Cerpen)


Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan pengunaan tanda baca dalam sebuah teks seperti teks deskripsi, teks cerpen, teks fabel, teks persuasif, dan masih banyak lagi teks yan terdapat dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Dan semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang penggunaan tanda baca pada sebuah teks. Dan harapannya apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami penggunaan tanda baca dalam teks. 

Contoh Penggunaan Tanda Baca pada Teks (Teks Deskripsi dan Teks Cerpen)
www.ilmubindo.com

Perhatikan penggunaan tanda baca dalam teks di bawah ini!
Upacara bendera merupakan kegiatan sekolah yang dilaksanakan setiap Senin. Kegiatan ini tidak hanya sekadar sebagai kegiatan rutin belaka, tetapi juga dimaksudkan untuk menanamkan nilai-nilai kedisiplinan. Melalui kegiatan ini, para siswa diharapkan bisa belajar menanamkan kedisiplinan sejak dini sehingga kelak setelah dewasa menjadi sebuah budaya.

Demikian juga di sekolah kami, Pada Senin pagi itu, semua guru, karyawan dan karyawati sekolah, serta seluruh siswa datang lebih awal. Dengan mengenakan seragam putih-biru, berdasi, dan bertopi, barisan para siswa tampak gagah dan rapi. Dengan sikap sempurna, mereka siap mengikuti upacara bendera dengan khidmat. Ketika lagu "Indonesia Raya" berkumandang untuk mengiringi Sang Saka Merah Putih hingga ke puncak tiang, semua peserta upacara menunjukkan sikap takzim untuk menghormati bendera yang dulu diperjuangkan dengan tumpahan dan air mata oleh para pahlawan. Tak lama kemudian, suara langkah sepatu yang rancak dan serempak dari petugas bendera yang hendak kembali ke tempat seperti menggetarkan seisi lapangan.

Setelah pembacaan teks Pancasila, Komanda Upacara tiba-tiba memberikan aba-aba dengan suara lantang. "Semua pasukan, istirahat di tempaaaaaat, grakkkk!" 

Mendengarkan aba-aba itu, semua peserta upacara secara serempak beristirahat di tempat dengan merenggangkan kaki dan posisi tangan menyilang di belakang.

Ada beberapa tanda baca yang digunakan pada di atas. Adapun tanda baca yang digunakan tersebut adalah sebagai berikut.
  1. Tanda hubung dipakai untuk menyambung unsur kata ulang, seperti dalam kalimat: Kegiatan ini tidak hanya sekadar sebagai kegiatan rutin belaka, tetapi juga dimaksudkan untuk menanamkan nilai-nilai kedisiplinan.
  2. Tanda petik ("...") dipakai untuk mengapit petikan langsung yang berasal dari pembicaraan langsung yang berasal dari pembicaraan, seperti pada kalimat: "Semua pasukan, istirahat di tempaaaaaat, grakkkk!" 
  3. Tanda titik (.) dipakai pada akhir kalimat pernyataan. Jadi, setiap akhir kalimat pernyataan harus selalu diakhiri dengan tanda titik (.).
  4. Tanda koma (,) digunakan di antara unsur-unsur dalam suatu pemerincian atau pembilangan, seperti dalam kalimat: Pada Senin pagi itu, semua guru, karyawan dan karyawati sekolah, serta seluruh siswa datang lebih awal.
Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang berbagai jenis teks. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam memahami tentang penggunaan tanda baca dalam sebuah teks. Kiranya bermanfaat dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Penggunaan Tanda Baca pada Teks (Teks Deskripsi dan Teks Cerpen)

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /