Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Soal Latihan AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) Bahasa Indonesia Kelas 9



ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) mata pelajaran bahasa Indonesia kelas 9 terbaru. Semoga contoh soal yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi soal-soal terbaru seputar mata pelajaran bahasa Indonesia. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami dan mengerjakan contoh soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) mata pelajaran bahasa Indonesia yang diujikan. Adapun contoh soalnya adalah sebagai berikut.

Soal Latihan AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) Bahasa Indonesia Kelas 9
www.ilmubindo.com

Soal
1) Bahasa Inggris itu MUDAH dan MURAH
2) Hanya 500 ribu sampai bisa 
3) Tersedia tiga level
4) Untuk semua level, gratis pengulangan
5) Lokasi di Jalan Pantai Indah Tanjung Pinang
Kalimat opini pada iklan tersebut ditandai nomor ....
A. 3,4
B. 1,2
C. 2,4
D. 3,5

Soal
Industri rokok baik golongan besar, menengah, maupun kecil kini tengah dirundung keresahan terhadap regulasi rokok. Pengaturan yang akan diterbitkan sebagai turunan atas Undang-Undang No. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan berdampak mengebiri industri rokok.
Gagasan utama paragraf tersebut adalah ....
A. dampak merokok bagi kesehatan
B. peraturan regulasi rokok
C. keresahan perusahaan rokok
D. diberlakukannya UU No. 36 tahun 2009

Soal
Monpera atau Monumen Perjuangan Rakyat merupakan salah satu bangunan kebanggaan warga Palembang. Monumen yang memajang patung garuda di dinding depannya ini, dibangun untuk mengenang perjuangan rakyat Sumatera Selatan saat melawan penjajah pada masa revolusi fisik yang kemudian dikenal dengan istilah Pertempuran Lima Hari Lima Malam. Di sinilah basis para pejuang untuk menggalang kekuatan dalam pertempuran melawan penjajah Belanda.
Gagasan pokok paragraf tersebut adalah ....
A. perjuangan rakyat Sumatera Selatan melawan penjajah Belanda
B. bangunan kebanggaan warga Palembang
C. patung garuda pada Monumen Perjuangan Rakyat
D. basis para pejuang menggalang kekuatan

Soal
Idrus lahir di Padang tanggal 21 September 1921. Pria berpendidikan sekolah menengah ini pernah bekerja di Balai Pustaka dan Persatuan Perkumpulan Sandiwara. Idrus dikenal giat dan cerdas dalam menekuni suatu pekerjaan. Pada tahun 1949 ia menjadi redaktur majalah Kebudayaan Indonesia. Pengalaman menjadi Kepala bagian Propoganda GIA dan aktifis di Radio Republik Indonesia (RRI) pun pernah ia jalani. Idrus sebagai sastrawan dikenal dengan gaya bahasanya yang keras dan tajam, kalimat-kalimat pendek dan berisi, yang kemudian meloncat ke sinisme dan sarkasme. Menurut Dr. A. Teeuw, Idrus dikatakan sebagai pengarang prosa yang pertama dari Angkatan 45, dengan karya-karyanya yang legendaris seperti prosa berjudul Surabaya dan Corat-coret di Bawah Tanah.
Hal yang istimewa dari kutipan biografi  tokoh tersebut adalah ....
A. sastrawan yang memiliki karya-karya legendaris
B. bekerja di Balai Pustaka dan Persatuan Perkumpulan Sandiwara
C. menjadi Kepala bagian propoganda GIA dan aktifis di RRI
D. menjadi pengarang prosa yang pertama dari Angkatan 45

Soal
Kebanyakan sakit tenggorokan disebabkan oleh virus. Biasanya, terkait dengan tanda-tanda penyakit saluran nafas lainnya. Seperti hidung tersumbat atau batuk. Kebanyakan sakit tenggorokan dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, untuk membantu merasa lebih nyaman ketika sakit, dapat diringankan dengan minum perasan air jeruk lemon dan madu. Atau cobalah dengan berkumur dengan air hangat yang diberi garam.
Simpulan paragraf tersebut yang tepat adalah ....
A. usaha meringankan rasa sakit ketika menderita sakit tenggorokan
B. sakit tenggorokan dapat dikurangi dengan minum air jeruk lemon atau air garam
C. penyakit tenggorokan disebabkan oleh virus
D. tanda-tanda penyakit nafas adalah hidung tersumbat

Soal
(1) Pengangguran merupakan salah satu fenomena sosial yang berkaitan dengan aspek ketenagakerjaan yang menjadi masalah di masyarakat. (2) Seperti sebuah penyakit, yang secara kronik menyerang segi kehidupan masyarakat. (3) Sudah banyak formula penanganan yang diambil, tetapi permasalahan ini belum juga tuntas. (4) Tidak hanya di Indonesia, permasalahan pengangguran ini ditemukan di hampir semua negara. (5) Setiap pemerintah di dunia, menjadikan permasalahan pengangguran menjadi agenda utama.
Kalimat utama teks tersebut ditandai nomor ....
A. (2)
B. (3)
C. (4)
D. (5)

Soal
Novel Rudy, Kisah Masa Muda Sang Visioner berkisah tentang masa kecil dan masa muda B. J. Habibie atau yang biasa dipanggil Rudy. Kisah Rudy yang penuh rasa ingin tahu, berbeda dengan anak kebanyakan yang senang bermain. Rudy lebih senang berpikir dan mencari jawaban akan rasa ingin tahunya. Selalu ada pertanyaan di benak Rudy dan jika ia tidak bisa mendapatkan jawabannya dari Papi (Alwi Abdul Jalil Habibie) atau dari buku-buku yang dibawakan Papi, Rudy akan melakukan eksperimen sendiri untuk mendapatkan jawabannya. Sebagai bahan bacaan dan hiburan, buku ini banyak memberikan nasihat bahwa cita-cita memang harus diperjuangkan.
Keunggulan novel sesuai teks tersebut adalah ....
A. Tokoh-tokoh yang ditampilkan dalam cerita memiliki keteladanan.
B. Novel ini menarik karena pendeskripsian tokoh dan peristiwanya terasa hidup.
C. Keunikan novel terletak pada banyaknya tokoh yang dihadirkan oleh pengarang.
D. Pengarang selalu mengangkat cerita tempo dahulu menjadi sebuah cerita yang menarik.

Soal
Bung Hatta sangat aktif melaksanakan tugasnya sebagai bendahara di suatu perkumpulan pemuda Sumatera di Padang. Perkumpulan tersebut bernama Jong Sumatranen Bond. Namun, selain aktif dalam pergerakan daerah, ia juga memikirkan penderitaan rakyat akibat penjajahan.
Hal yang dapat diteladani dari tokoh pada teks tersebut adalah ....
A. Aktif di organisasi daerah dan melaksanakan tugas negara dengan baik.
B. Organisasi yang diikuti adalah Jong Sumatranen Bond.
C. Selalu memikirkan penderitaan rakyat.
D. Akitf berorganisasi dan memikirkan rakyatnya yang menderita.

Soal
Merasa iba dengan nasib pengarang tua itu, kita berniat untuk menghiburnya agar ia tak kesepian ataupun bersedih lagi. Lalu kita membayangkan diri kita sebagai sesosok makhluk yang jenaka seperti badut misalnya, dengan hidung besar berwarna merah, dan muka yang menggemaskan. Lalu di depannya kita akan membuat sebuah pertunjukkan sirkus yang tidak terlalu serius tapi jenaka. Dan kita membayangkannya ketika pengarang tua itu tertidur pulas setelah sebelumnya ia menangis karena foto wanita yang kita simpulkan sebagai istrinya. Aku yang memulai mengatakan ide itu kepadamu sebelum kita membayangkan hal itu bersama-sama.
Watak tokoh aku dalam kutipan tersebut adalah ....
A. mudah khawatir
B. sensitif
C. pemberani
D. mudah berempati

Soal
Sebuah kasus medis yang cukup unik terjadi di India. Tim dokter di Kota Nagpur, Negara Bagian Maharashtra, sukses mengangkat janin yang sudah menjadi kerangka. Janin yang tinggal kerangka itu berusia sekitar 36 tahun. Para dokter di N.K.P Salve Institute of Medical Sciences menyatakan kasus tersebut sebagai kehamilan ektopik terlama di dunia.
Pernyataan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah ....
A. Tengkorak bayi dalam perut menjadi topik pembicaraan di India.
B. Dokter di India meneliti kerangka janin yang menjadi tengkorak.
C. Penemuan kasus kehamilan di India ditangani oleh seorang dokter.
D. Tim dokter di India mengangkat kerangka janin yang berusia 36 tahun.

Soal
Teks I
Bercocok tanam di rumah sangat menyenangkan dan bermanfaat. Selain menghijaukan rumah, kita juga bisa mengambil manfaat dari buah atau sayuran yang kita tanam. Hidroponik merupakan cara yang cocok untuk bertanam sayuran di rumah. Tanaman hidroponik tidak memerlukan lahan dan tempat yang luas.
Teks II
Menghias ruang dengan tanaman hijau kini menjadi pilihan praktis yang ramah lingkungan lho. Sayangnya, tidak semua tanaman memiliki perawatan yang mudah. Memelihara tanaman di dalam rumah sedikit sulit karena kelembaban ruangan dan cahaya kadang tidak ideal. Akibatnya, tanaman cepat layu. Sebagai alternatif, Anda bisa mencoba mendekorasi ruangan dengan terarium lho. Ini adalah metode penanaman dalam wadah kaca bening. Metode ini sudah dikenal sejak 1842, namun belakangan ini menjadi tren di tengah isu pemanasan global.
Perbedaan penggunaan bahasa kedua kutipan teks tersebut adalah ....
A. Teks I: ragam bahasa resmi
Teks II: ragam bahasa tidak resmi
B. Teks I: ragam bahasa tidak resmi
Teks II: ragam bahasa resmi
C. Teks I: menggunakan kata penghubung sebab
Teks II: menggunakan kata penghubung dan
D. Teks I: menggunakan kata penghubung dan
Teks II: menggunakan kata penghubung sebab.

Soal
Meski sudah belajar dan membaca semalaman sebelum ujian, terkadang begitu membaca soal kita gagal mengingat apa yang sudah dipelajari. Kemungkinan hal itu terjadi karena tekhnik menghapal Anda salah. Ada banyak cara untuk meningkatkan memori. Salah satu tekhnik yang paling sering dipakai adalah menggaris bawahi atau membaca dan membaca berulang-ulang teks yang harus dihapal. Sayangnya, cara ini kurang efektip pada sebagian besar orang.
Informasi tersirat berdasarkan teks tersebut adalah ....
A. Menggarisbawahi atau membaca dan membaca berulang-ulang sebuah teks yang harus dihapal adalah cara yang paling efektif.
B. Meski sudah belajar dan membaca semalaman sebelum ujian, terkadang begitu membaca soal, kita gagal mengingat apa yang sudah dipelajari.
C. Ada banyak cara untuk meningkatkan memori.
D. Ada cara yang lebih efektif daripada mengharisbawahi dan membaca berulang-ulang teks yang harus dihafal.

Soal
Kucing malang itu memang salah. Dari awal dia sibuk menyombongkan diri. Padahal, dia adalah pendatang di hutan itu. Dari cara berjalannya, berbicara, hingga tindakannya, selalu merendahkan hewan lain. Masyarakat hutan yang berprinsip saling menghargai dan menghormati tentu merasa risih dengan sikap kucing.
moral yang terdapat dalam kutipan fabel tersebut adalah ....
A. Janganlah bersikap sombong dan merendahkan orang lain.
B. Bantulah teman yang mengalami kesulitan.
C. Janganlah merasa risih kepada teman.
D. Janganlah berbicara yang tidak baik kepada teman.

Soal
(1) Behel logam mengandung tembaga, nikel, dan kromium.
(2) Diperkirakan 30 persen pasien ortodontik memiliki alergi terhadap logam yang dapat menimbulkan rasa sakit dan telinga tersumbat.
(3) Bahkan, ada kemungkinan pasien yang tidak memiliki riwayat alergi dapat menjadi alergi setelah memasang behel.
(4) Kabar gembiranya, dampak negatif tembaga, nikel, dan kromium pada umumnya sangat mudah sekali diatasi dengan mengubah bahan logam yang digunakan dalam behel.
Kalimat yang tidak efektif ditandai nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

Soal
Sepulang sekolah, dia mengikuti jejak temannya mengantarkan koran. Seperti saat itu, Rudi mengambil koran harian sore dan mengantarkan ke rumah para pelanggannya. Selesai mengantarkan koran, Rudi langsung pulang. Namun, sebelum sampai di rumah, hujan turun dengan deras. Dia berteduh di emperan toko. Saat itu, ia melihat ada anak yang tergelincir dan masuk ke selokan. Rudi menolong anak itu dan membawanya ke rumah sakit.
"Siapa namamu?" Tanya Rudi.
"Namaku Tomi," jawab anak itu.
Sesampainya di rumah sakit, Rudi membawa Tomi ke ruang gawat darurat.
Tindakan terpuji tokoh Rudi adalah ....
A. Setelah mengantarkan koran, Rudi langsung pulang.
B. Mengantarkan koran ke para pelanggan.
C. Berteduh di emperan tokoh karena hujan deras.
D. Menolong anak yang tergelincir dan masuk selokan.

Soal
(1) Di ufuk timur, matahari belum tampak. Udara pada hari terasa dingin. Alam pun masih diselimuti empun pagi. Seorang anak mengayuh sepedanya di tengah jalan yang masih lengang. Siapakah gerangan anak itu? ia adalah seorang penjual koran, yang bernama Rahmat.
(2) Ketika Rahmat sedang mengayuh sepedanya, tiba-tiba ia dikejutkan dengan sebuah benda. Benda tersebut adalah sebuah bungkusan plastik berwarna hitam. Rahmat jadi gemetaran. Benda apakah itu? Ia ragu-ragu. Namun pada akhirnya, ia mencoba membuka bungkusan tersebut.
(3) "Wah, apa isinya ini?" Tanyanya dalam hati. Rahmat segera membuka bungkusan dengan hati-hati. Alangkah terkejutnya ia, karena di dalamnya terdapat kalung emas dan perhiasan lainnya. "Wah apa ini?" Tanyanya dalam hati. Milik siapa, ya?" Rahmat membolak-balik cincin dan kalung yang ada di dalam kardus. Ia makin terperanjat lagi karena ada kartu kredit di dalamnya. "Lho,... ini kan milik Pak Edison. Kasihan sekali Pak Edison, rupanya ia telah kecurian," gumamnya dalam hati.
(4) Apa yang diperkirakan Rahmat itu memang benar. Rumah Pak Edison telah dimasuki maling tadi malam. Karena pencuri tersebut terburu-buru, bungkusan perhiasan yang telah dikumpulkannya terjatuh. Rahmat dengan segera memberitahukan Pak Edison karena perhiasan milik istrinya telah kembali. Ia menceritakan apa yang terjadi dan ia temukan. Betapa senangnya Pak Edison karena perhiasan milik istrinya telah kembali. Ia sangat bersyukur, perhiasan itu jatuh ke tangan orang yang jujur.
(5) Sebagai ucapan terima kasihnya, Pak Edison memberikan modal kepada Rahmat untuk membuka kios di rumahnya. Kini Rahmat tidak lagi harus mengayuh sepedanya untuk menjajakan koran. Ia cukup menunggu pembeli datang untuk berbelanja.
Amanat kutipan cerita tersebut yang tepat adalah ....
A. Jangan sampai kamu menyesal dimudian hari
B. Jadilah orang yang jujur karena akan mendatangkan kebahagiaan.
C. Berbuat baiklah kepada semua orang.
D. Maafkanlah kesalahan orang lain.

Soal
Ia bahkan enggan berbicara padaku. Sementara dari matanya, aku melihat sketsa-sketsa acak-acakan yang sangat mengganggu pikirannya. Menurut penuturan istrinya, ia berniat berhenti menjadi tukang cukur semenjak dua bulan sebelumnya, hanya saja istrinya memaksanya untuk tetap membuka kiosnya dan ia hanya kuat satu bulan. Bulan berikutnya, ia terasa sangat berat. Dan akhirnya, lelaki dengan tanda lahir di lengan kanannya itu memutuskan untuk menutup kiosnya.
Latar suasana yang tergambar pada kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. santai
B. riang
C. sedih
D. sepi

Soal
Hari ini Dr. Indi dikukuhkan menjadi Guru Besar bidang Sosiologi.
Kesalahan penggunaan ejaan pada kalimat tersebut adalah ....
A. Penggunaan huruf kapital pada kata Dr.
B. Penggunaan huruf kapital pada kata Guru Besar.
C. Penggunaan huruf kapital pada kata Sosiologi.
D. Penggunaan huruf kecil pada kata indi.

Soal
Menabunglah untuk masa depanmu anak-anak, nasihat Bu Guru.
Perbaikan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut adalah ....
A. Menabunglah untuk masa depanmu anak-anak! nasihat Bu Guru.
B. "Menabunglah untuk masa depanmu anak-anak!", nasihat Bu Guru.
C. "Menabunglah untuk masa depanmu anak-anak"!, nasihat Bu Guru.
D. "Menabunglah untuk masa depanmu anak-anak!" nasihat Bu Guru.

Soal
"Dia selalu mementingkan urusannya dengan April daripada belajar bersama dengan kita," ketus Chika kecewa. Chika memang tidak suka mendengar ataupun melihat Ajeng bersama April. "Jangan berbicara seperti itu Chika! Mungkin saja mereka ada keperluan yang sangat penting, tadi dia juga sudah minta maaf. Tanpa Ajeng, kita masih bisa belajar bersama, ya, kan?" Icha mencoba berpikir positif dan menenangkan keadaan. Dari wajah Chika sudah terlihat aura kekecewaan terhadap Ajeng. Sementar itu, Dhea tidak mengeluarkan sedikit kata pun di sela pembicaraan dan merasa tenang-tenang saja.
Konflik pada cerita tersebut adalah ....
A. Chika dan Ajeng akan belajar kelompok.
B. Chika kecewa kepada Ajeng karena tidak dapat belajar kelompok.
C. Ajeng selalu mementingkan  urusan dengan April
D. Ajeng ingin belajar kelompok, tetapi ada urusan yang mendadak.

Soal
Seperti kebiasaan-kebiasaannya, setelah matahari tidak begitu terik, ibunya akan meminta pembantu rumah tangga mereka untuk memasang kursi pantai dan dengan berkaca mata hitam dan sebuah buku, ibunya akan duduk berselonjor di kursi itu sambil membaca buku. Biasanya jika ia sudah berulah hiperaktif menyemburkan air ke sana kemari, ibunya meneriakinya sesekali atau cuma tersenyum memandanginya.
Latar waktu dari kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. sore hari
B. pagi hari
C. siang hari
D. malam hari

Soal
Kamar yang berukuran 3 x 4 itu, bekas gudang Tuannya. Gudang butut itu, hanya terdiri dari satu dipan dan almari yang sudah pecah kacanya. Sebuah televisi yang separuh gambarnya hilang, tanpa remote. Di satu sisi tembok kamar ada jendela menghadap ke jalan, Sehingga Mimin bisa melihat pokok pohon trembesi yang tumbuh berjajar-jajar sepanjang jalan depan rumah Tuannya.
Lewat jendela itulah, Mimin melihat, betapa di luar sana, anak-anak sebayanya  asyik bermain. Sementara ia harus bekerja membanting tulang, bersama emaknya. Ia hanya bisa melihat dari balik jendela dengan tatapan mata berbinar.
Makna membanting tulang pada kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. kerja sebagai buruh
B. bekerja keras
C. bekerja berdagang
D. bekerja setiap hari

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang contoh soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga contoh soal yang admin bagikan ini bermanfaat buat kemajuan belajar anak didik dalam memahami soal-soal yang diujikan. Selamat belajar dan semoga sukses.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Soal Latihan AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) Bahasa Indonesia Kelas 9

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /