Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Teks Tanggapan Deskriptif | Menyusun, Menelaah, dan Meringkas (Revisi)


Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan materi teks tanggapan deskriptif yang meliputi langkah-langkah menyusun, menelaah, dan meringkas teks tersebut. Harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang teks tanggapan deskriptif yang meliputi langkah-langkah menyusun, menelaah, dan meringkas. Dan semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami teks tanggapan deskriptif yang meliputi langkah-langkah menyusun, menelaah, dan meringkas.

Teks Tanggapan Deskriptif | Menyusun, Menelaah, dan Meringkas (Revisi)
www.ilmubindo.com

Teks tanggapan deskriptif adalah teks yang menggambarkan seseorang dengan serinci-rincinya dan pembaca dibuat seolah-seolah membayangkan langsung objek yang dideskripsikan tersebut dalam teks. Teks tanggapan deksriptif memiliki ciri-ciri sebagai berikut. Menyajikan keadaan waktu, peristiwa, tempat, benda, dan orang. Menimbulkan kesan-kesan tertentu kepada pembaca. Memungkinkan terjadinya imajinasi bagi pembaca. dan yang terakhir adalah banyak menggunakan kata yang bermakna keadaan atau sifat. Nah, bagaimana menyusun, menelaaah, dan meringkas teks tanggapan, silakan kalian simak baik-baik penjelasan di bawah ini.

A. Langkah-Langkah Menyusun Teks Tanggapan Deskriptif

Secara umum, teks tanggapan deksriptif ditulis dengan langkah-langkah sebagai berikut
  1. Tentukan objek yang akan dideskripsikan . Objek tersebut bisa berupa orang, tempat, benda, binatang, suasana, dan lain-lain.
  2. Tentukan perincian topik atas objek yang akan digambarkan.
  3. Susun topik-topik itu menjadi pola yang sistematis: berdasarkan urutan, waktu, tempat, dan pola lainya.
  4. Kembangkan topik menjadi teks deskripsi yang padu dan utuh.
  5. Revisi teks yang telah dibuat, Perhatikan keefektifan kalimat, kepaduan hubungan antarkalimat dan antarparagraf, dan ketepatan penggunaan ejaan yang disempurnakan.
B. Menelaah Teks Tanggapan Deskriptif

Kegiatan menelaah dan merevisi disebut penyuntingan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, sunting berarti menyiapkan naskah siap cetak atau siap untuk diterbitkan dengan memperhatikan segi sistematika penyajian, isi, dan bahasa. Dengan demikian, kegiatan menyunting adalah memeriksa tulisan sebelum diterbitkan, baik itu dari segi penyiapan, isi, maupun bahasanya.

Penyuntingan bertujuan menyempurnakan suatu karangan dan mengurangi kesalahan yang mungkin ada dalam karangan tersebut. Dalam kegiatan kewartawanan, penyuntingan merupakan tanggung jawab redaksi. Wartawan yang baik, sebelum menyerahkan hasil tulisannya pada redaksi, akan menyunting lebih dulu tulisan itu. Dalam pelajaran karang-mengarang, penyuntingan dilakukan sebelum suatu karangan diserahkan pada guru di kelas. Untuk lebih jelasnya silakan kalian simak penjelasannya di bawah ini.

Perhatikan kutipan teks berikut!
Ada seekor burung elang melayang-layang di atas lereng perkebunan teh. Sepertinya ia sedang mencari sesuatu. Tiba-tiba beliau menukik cepat menyambar ke tanah. Ada apa? Ketika elang itu kembali melayang, terlihat seekor ular sudah berada di paruhnya. Yes! Pertunjukkan spektakuler baru saja terjadi. Kami semua bertepuk tangan melihatnya. Itu dia namanya burung elang ular.

Dalam teks tersebut terdapat dua kesalahan. Kesalahan pertama penggunaan kata beliau untuk menggantikan kata-kata seekor burung elang. Kata beliau seharusnya untuk menggantikan orang ketiga tunggal dan bukan untuk binatang. Dengan demikian, kata beliau harus diganti dengan kata-kata yang sesuai, yakni burung itu. Kesalahan kedua penggunaan kami semua. Kata kami sudah bermakna jamak, sehingga tidak perlu diikuti kata semua.

C. Meringkas Teks Tanggapan Deskriptif


Meringkas adalah cara untuk membuat suatu karangan panjang menjadi lebih singkat. Ringkasan dibuat dengan membuang bagian yang dapat dibuang dan hanya mengambil bagian-bagian yang penting dalam karangan tersebut. Meskipun begitu, ringkasan tetap mempertahankan pikiran penulis secara pendekatan teks aslinya.

Langkah-langkah membuat ringkasan teks tanggapan deskriptif umumnya sama dengan cara membuat ringkasan untuk teks lainnya. Adapun langkah-langkah meringkas teks tanggapan deskriptif adalah sebagai berikut.
  1. Baca teks asli untuk mengetahui maksud dan apa yang digambarkan dalam teks
  2. Catat gagasan utama atau topik-topik yang ada
  3. Susun kembali topik-topik tersebut menjadi karangan yang singkat
Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat ringksan teks tanggapan deskriptif adalah struktur dan keterwakilan ringkasan. Ringkasan teks tanggapan deskriptif harus mengikuti struktur yang dimulai dari identifikasi topik dan dilanjutkan dengan bagian yang menyatakan deskripsi. Ringkasan yang sudah dibuat tidak boleh menyimpang dari karangan yang sebenarnya. Isinya harus tetap mewakili isi karangan asli sehingga pembaca dapat mengerti objek yang dideskripsikan.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang teks tanggapa deskriptif seputar langkah menyusun, menelaah, dan meringkas. Semoga apa yang admin bagikan kali ini bermanfaat buat kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi teks tanggapan deskripsi. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Teks Tanggapan Deskriptif | Menyusun, Menelaah, dan Meringkas (Revisi)

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /