Langkah-Langkah Menceritakan Kembali Isi Teks Narasi (Cerita Imajinasi)

ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan langkah-langkah menceritakan kembali isi teks narasi yaitu teks imajinasi. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang langkah-langkah menceritakan kembali isi teks narasi yaitu teks imajinasi. Dan harapannya apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami langkah-langkah menceritakan kembali isi teks narasi yaitu teks imajinasi. Adapun langkah-langkah menceritakan kembali isi teks narasi yaitu teks imajinasi adalah sebagai berikut.

Langkah-Langkah Menceritakan Kembali Isi Teks Narasi (Cerita Imajinasi)
www.ilmubindo.com

Menceritakan kembali isi cerita imajinasi dengan kalimat sendiri merupakan langkah awal untuk berlatih menulis kreatif. Berikut beberapa hal yang perlu kalian perhatikan dalam menulis kembali isi cerita yang akan kalian buat.
  1. Pencerita berposisi sebagai orang ketiga.
  2. Cerita tersebut sesuai dengan isi cerita dan jangan menambah dengan ide kalian sendiri.
  3. Cerita sesuai dengan alur/urutan peristiwa cerita yang kalian baca.
  4. Kalimat hendaknya yang runtut dan mudah dipahami oleh orang lain.
Adapun  langkah-langkah yang dapat kalian lakukan untuk menceritakan kembali cerita imajinasi adalah sebagai berikut.
  1. Membaca atau mendengarkan cerita imajinasi tersebut dengan saksama.
  2. Mencatat hal-hal penting sesuai dengan urutan (kronologi) cerita.
  3. Mengembangkan hal-hal penting tersebut menjadi sebuah narasi dengan kalimat sendiri, baik secara lisan maupun tulisan.
Untuk lebih jelasnya silakan kalian simak contohnya berikut ini.Kronologi cerita imajinasi yang berjudul "Bayangan dalam Cahaya" adalah sebagai berikut.
  1. Ada suara geledek menyambar-nyambar yang membuat warga ketakutan.
  2. Jozu melihat bayangan di balik kilatan guntur tersebut.
  3. Dia mencari tahu sebenarnya tentang bayangan tersebut. Dalam buku yang berjudul Legend of a Miracle, dia menemukan legenda tentang bayangan dalam cahaya.
  4. Dalam mimpi-mimpinya, Jozu selalu mendapatkan pesan rahasia 
  5. Tanpa disadari kini dia telah memiliki kekuatan yang dahsyat.
  6. Setelah menyadari kekuatannya. Ia menobatkan dirinya sebagai "The Thunderstorm" yang artinya Si Pengendali Guntur.
Setelah kalian menyusun beberapa kronologi tersebut. Kalian bisa selanjutnya mengembangkan hal-hal tersebut secara naratif dengan kalimat kalian sendiri tentunya. Untuk lebih jelasnya kalian bisa melihat di bawah ini hasil pengembangan dari beberapa point penting di atas.

Ketika terdengar geledek menyambar, semua orang keluar dari rumahnya. Mereka menyaksikan sebuah lubang besar akibat sambaran geledek tersebut. Josu berteriak melihat kelebat bayangan di balik kilatan. Namun, sang kakek berpikir bahwa Josu hanyalah takut pada peristiwa itu.

Dia berusaha mencari tahu tentang apa sebenarnya bayangan tersebut. Akhirnya, dia menemukan sebuah buku yang berjudul Legend of a Miracle. Dalam buku tersebut, dikisahkan bahwa setiap 100 tahun akan terjadi bencana alam yang cukup besar dan hanya anak dari para ninja hebatlah yang bisa melihat bayangan kekuatan itu. Keturunan ninja hebat itu bisa diketahui dari tanda lahir yang berupa goresan luka di bawah telapak tangan mereka yang berbentuk shuriken. Tanda itu semua ada pada diri Josu. Setelah itu, dalam mimpi-mimpinya, dia selalu dapat pesan rahasia.

Ternyata benar, tanpa disadari dalam diri Josu terdapat kekuatan yang luar biasa. Hal ini diketahui tatkala hari ulang tahunnya yang ke-17. Dia bisa berteleportasi secepat gunturdan tubuhnya bisa mengeluarkan kelebatan guntur yang berbahaya. Akhirnya, setelah mengetahui memiliki kekuatan hebat, dia bertekad untuk melindungi rakyat dan menobatkan dirinya sebagai "The Thunderstorm" yang artinya Si Pengendali Guntur.

Sumber: Marbi kelas 7 (pengubahan)

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang langkah-langkah menceritakan kembali isi teks narasi yaitu teks imajinasi. Semoga bermanfaat dan terima kasih.