Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Langkah-Langkah Mengidentifikasi Teks Berita (Revisi Terbaru)


Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan langkah-langkah mengidentifikasi teks berita dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas delapan. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang langkah-langkah mengidentifikasi teks berita dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas delapan. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami langkah-langkah mengidentifikasi teks berita dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas delapan.

Langkah-Langkah Mengidentifikasi Teks Berita (Revisi Terbaru)

Pengertian Teks Berita

Teks berita adalah teks yang berisi laporan tentang peristiwa terbaru dan penting yang harus disampaikan kepada masyarakat secara objektif, tepat, dan cepat. Dalam penyajiannya sebuah berita dapat menggunakan beberapa media, yaitu surat kabar, televisi, radio, handphone, dan media online lainnya. Berita juga memunyai arti lain yaitu informasi berdasarkan fakta mengenai kejadian yang sedang berlangsung. Selain itu berita juga sebagai sebuah laporan keterangan dari sebuah peristiwa. Berita merupakan sebuah fakta yang harus segera disampaikan kepada masyarakat. Jadi, kesimpulannya berita adalah informasi seputar peristiwa (luar biasa) yang terjadi pada suatu waktu (aktual).

Berita Menurut Para Ahli

1. Micthel V. Charnley
Berita merupakan laporan tercepat dari suatu peristiwa atau kejadian faktual, penting, dan menarik bagi sebagian besar pembaca serta menyangkut kepentingan mereka.
2. Eric C. Hepwood
Berita merupakan laporan pertama dari kejadian penting dan dapat menarik perhatian umum.
3. William S. Maulsby
Berita merupakan sesuatu penuturan secara benar dan tidak memihak dari fakta yang punya arti penting dan baru terjadi, yang dapat menarik perhatian pembaca surat kabar yang memuat hal tersebut.
4. Dean M Lyle Spencer
Berita adalah suatu kenyataan atau ide yang benar dan dapat menarik perhatian sebagian besar pembaca.
5. Willasr C. Bleyer
Berita merupakan sesuatu yang terkini yang dipilih oleh wartawan untuk dimuat dalam surat kabar sehingga mampu menarik minta bagi pembacanya.

Berita Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)


Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia berita adalah cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat. Berita juga berarti laporaa. Ada yang mengatakan, berita adalah informasi baru yang disajikan dalam pembacaan dan penulisan yang jelas, aktual, dan menarik. Bila pembacaan dan penulisan, serta redaksi berfungsi baik, pembaca dan pendengar akan memeroleh informasi yang aktual.

Kata berita berasal dari bahasa Sanskerta virit berarti "terjadi" atau  "ada". Beberapa orang juga ada yang menyebut kata ini dengan kata vritta. Kata vritta berarti "kejadian" atau "yang sedang terjadi". Menurut Atar Semi, kritikus Sastra Indonesia, berita adalah cerita atau laporan mengenai kejadian atau peristiwa faktual baru dan luar biasa sifatnya.

Berita dapat dapat disampaikan secara lisan seperti dari teman, radio, dan televisi. Berita dalam bentuk tulisan dapat disampaikan melalui surat kabar, majalah, atau sarana tulisan yang lain. Peristiwa dalam cerita tersebut benar-benar aktual. Peristiwa dalam cerita memiliki nilai kejutan dan memenuhi hasrat keingintahuan banyak orang. Peristiwa itu bukan kejadian secara rutin dan natural, melainkan di luar kebiasaan dan di luar dugaan. Dengan demikian, peristiwa yang berlangsung atau terjadi secara lumrah dan rutin tidak dapat dinilai sebagai berita. Sementara itu, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, berita adalah cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa hangat.

Unsur-Unsur Teks Berita

  1. Apa 
  2. Siapa
  3. Di mana
  4. Kapan
  5. Mengapa
  6. Bagaimana
Berikut ini adalah contoh unsur-unsur yang terdapat dalam teks berita yang berjudul "Susuri Edarkan Perpustakaan Keliling Menggunakan Kuda".
  1. Apa yang diberitakan → Perpustakaan keliling dengan kuda
  2. Siapa yang diberitakan → Susuri
  3. Di mana peristiwa → Kabupaten Bayumas
  4. Kapan peristiwa itu terjadi → 29 Mei 2016
  5. Mengapa peristiwa itu terjadi → Untuk meningkatkan minat baca warga
  6. Bagaimana kejadiannya → Mengedarkan buku perpustakaan keliling dengan menggunakan kuda.

Ciri-Ciri Berita yang Baik

  1. Jelas dan menggunakan kalimat atau bahasa yang komunikatif atau sederhana
  2. Dapat dipercaya tanpa merekayasa peristiwa yang sedang terjadi
  3. Terkini dan aktual (tepat)
  4. Menarik bagi para pembaca berita 

Cara Menulis Berita yang Baik

Menulis berita merupakan suatu upaya menyampaikan kabar atau sebuah informasi mengenai suatu hal atau kejadian dalam bentuk tertulis. Seorang penulis berita yang baik dapat menuliskan sebuah berita dengan lengkap dan komunikatif, sehingga pembaca berita dapat memahami segala sesuatu yang disampaikan dalam berita tanpa kesulitan dan tanpa adanya kesalahan tafsir.

Apakah semua peristiwa dapat atau layak untuk dijadikan sebuah berita? Seorang penulis berita akan memilih mana peristiwa atau perihal yang layak untuk dijadikan berita. Hal ini bertujuan agar apa yang dituliskan benar-benar bermanfaat bagi orang atau masyarakat pembaca. Apakah kalian juga demikian? Tentu dalam menulis berita, kalian harus dapat memilih berita yang dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Simaklah teks ilustrasi berikut sebagai bahan referensi kalian!

Minggu ini, kelompok diskusi kamu mendapat tugas untuk mengisi kolom berita pada majalah dinding sekolah. Suatu kebetulan, kemarin di aula kantor Depdiknas Provinsi Irian Jaya berlangsung pameran karya inovasi ilmiah sains dan teknologi tingkat SMP se-Provinsi Irian Jaya. Pameran yang diadakan dalam rangka menyambut Hari Pendidikan Nasional tersebut dibuka oleh Gubernur Kepala Daerah.

Hal pertama yang harus kalian lakukan untuk meliput peristiwa tersebut menjadi sebuah berita adalah mencatat semua informasi berkaitan dengan unsur-unsur kelengkapan berita. Adapun kelengkapan dalam sebuah berita meliputi unsur-unsur pertanyaan apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, dan bagimana, terkait isi berita.

Berkenan ilustrasi di atas, contoh informasi-informasi yang dapat kalian catat untuk memenuhi unsur kelengkapan berita di antaranya berikut ini.

1. Apa peristiwa yang terjadi?
- Pameran karya inovasi ilmiah sains dan teknologi tingkat SMP se-Provinsi Irian Jaya.

2. Siapa sajakah yang terlibat dalam peristiwa tersebut?
- Siswa-siswa SMP seluruh Provinsi Irian Jaya.
- Gubernur dan pejabat yang terkait.

3. Kapan peristiwa tersebut terjadi?
- Bertepatan dengan Hardiknas.

4. Di mana peristiwa itu berlangsung?
- Di Aula Kantor Depdiknas Provinsi Irian Jaya.

5. Mengapa peristiwa tersebut diperlukan?
- Sebagai sarana mengekspresikan  kreativitas, komunikasi antarsekolah, serta perkembangan iptek.

6. Bagaimana berlangsungnya peristiwa tersebut?
- Sangat menarik perhatian dan banyak mendapatkan respons positif dari banyak pihak.

Selain memerhatikan unsur-unsur kelengkapan berita di atas, dalam penulisan berita perlu juga kalian perhatikan penggunaan bahasa yang singkat, padat, dan jelas. Hal ini juga bertujuan agar pembaca mudah memahami berita yang kalian sampaikan. Berdasarkan beberapa informasi-informasi tersebut menjadi sebuah berita, seperti berikut ini. 

Peringatan Hardiknas di Provinsi Irian Jaya tahun ini benar-benar lain. Hampir seluruh perhatian insan pendidikan se-Irian Jaya tertuju pada Aula Kantor Depdiknas Provinsi Irian Jaya. Ada apakah kiranya?

Momen Hardiknas di Provinsi Irian Jaya tahun ini di manfaatkan oleh seluruh siswa SMP se-Irian Jaya sebagai ajang adu kreativitas sains dan teknologi. Sungguh luar biasa. Acara yang dibuka langsung oleh Bapak Gubernur ini, mampu menunjukkan betapa besar tingkat kreativitas remaja-remaja SMP di provinsi ini. 

Beberapa karya yang dipajang di stan masing-masing sekolah benar-benar membuktikan bahwa mereka layak mendapatkan acungan jempol. Beberapa hasil karya-karya mereka yang banyak menarik perhatian di antaranya rancangan dan miniatur kapal selam, teknologi mengolah limbah, pengolahan lahan modern, tips pengawetan ikan, dan beberapa karya lainnya.

"Kegiatan semacam ini sangat perlu untuk terus digalakkan dan mendapat dukungan. Selain dapat mengasah keterampilan para remaja di bidang sains dan teknologi, kegiatan ini dapat menjadi wahana bertukar pengalaman antarsekolah. Hal yang jelas, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi perkembangan generasi muda, pendidikan, dan kemajuan bangsa," komentar Gubernur seusai mengunjungi salah satu stan peserta.

Ciri-Ciri Teks Berita

Fakta adalah kejadian yang berlangsung dalam imajinasi atau berdasarkan cerita tidak jelas kebenarannya tidak layak dan tidak dapat dijadikan berita. Berita bukan sebuah karya fiksi yang berlangsung sesuai imajinasi penulis. Penulis berita tidak boleh mereka-reka sebuah kejadian atau peristiwa. penulis juga tidak boleh melebih-lebihkan informasi sebenarnya.

Baru adalah peristiwa yang terjadi bulan lalu tidak memunyai nilai sebagai sebuah berita layak disiarkan. Berita itu merupakan ulasan dan penggambaran latar belakang dari peristiwa masa lalu. Ulasan tersebut perlu dilakukan karena peristiwa atau kejadian tersebut masih dianggap perlu diketahui pembaca atau pendengar. Cara tepat adalah memberi ulasan lebih luas mengenai kejadian tersebut.

Luar biasa adalah peristiwa atau kejadian jarang terjadi dan mengherankan merupakan bahan berita baik. Peristiwa luar biasa, misalnya Dr. Yogi Ahmad Erlangga, seorang dosen ITB, berhasil memecahkan rumus Matematika Persamaan Helmholtz. Rumus tersebut telah membelenggu para pakar ilmu pengetahuan dan teknologi. Selama 30 tahun rumus tersebut tidak bisa dipecahkan.

Contoh Teks Berita

Parkour, Seni Melarikan diri


Kamis (8/11) sore, di antara kerumuman orang yang olahraga di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, tampak aktivitas empat orang yang berbeda. Mereka mempraktikkan gerakan loncat menggunakan sebuah meja. Terkadang mereka juga melompati pagar stadion. Terkesan main-main, tetapi mereka serius dan mengulangi gerakan-gerakan itu. Untuk meloncati pagar kira-kira 2,5 meter, mereka hanya menggunakan dua kali panjatan.

Ternyata mereka tidak sekadar iseng. “Ini gerakan parkour. Kami, para pemain parkour, disebut traceur,” kata Aditya Tirto (22) yang bekerja di Restoran Ajisen Ramen. Parkour? Belum pernah dengar, kan? Wah, jadi loncat-loncat itu adalah cabang olahraga ya? Katanya, lari-lari dan loncat-loncat kayak ninja ini sempat fenomenal di Paris, Perancis. “Parkour itu seni bergerak, seni meloloskan diri,” kata Muhamad Fadli (26), editor Otostereo, yang bersama Aditya Tirto menjadi moderator forum web Parkour Indonesia di www.parkourindonesia.web.id.

Sore itu, bersama Agung Yuda Raharja (22), mahasiswa S-2 Binus dan Prabowo Sri Hayuningrat, mahasiswa Komunikasi Massa UI yang juga freelance video editor, mereka menggelar latihan rutin tiap Kamis di depan Pintu VII Stadion Gelora Bung Karno. Mereka ternyata baru kenal beberapa bulan lalu di internet, tepatnya di Forum Parkour Indonesia. “Kami semua sebelumnya belum kenal, dari internet itulah kami saling mengenal,” kata Fadli.

Biasanya mereka melihat video gerakan tertentu, kemudian dipraktikkan di rumah. Bosan mempraktikkan teori di rumah, mereka sepakat bertemu untuk latihan tiap Kamis di Pintu VII Stadion Gelora Bung Karno serta tiap Sabtu dan Minggu di Taman Ria, Senayan.

“Kami rata-rata tahu tentang parkour itu setelah nonton film Yamakasi dan Banlieue 13, “ kata Aditya. Yamakasi merupakan nama klub parkour yang didirikan mantan anggota Yamakasi yang juga pendiri parkour, David Belle. Yamakasi bukan berasal dari bahasa Jepang, melainkan bahasa lokal yang digunakan di Kongo. Yamakasi berarti spirit yang kuat.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Langkah-Langkah Mengidentifikasi Teks Berita (Revisi Terbaru)

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /