Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Langkah-Langkah Menyajikan Tanggapan terhadap Buku Fiksi dan Nonfiksi



Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan langkah-langkah menyajikan tanggapan terhadap buku fiksi dan dan nonfiksi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang langkah-langkah menyajikan tanggapan terhadap buku fiksi dan dan nonfiksi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Dan harapannya, apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak baik bagi kemajuan dan perkembangan anak didik dalam memahami langkah-langkah menyajikan tanggapan terhadap buku fiksi dan dan nonfiksi dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

Langkah-Langkah Menyajikan Tanggapan terhadap Buku Fiksi dan Nonfiksi
 www.ilmubindo.com

Memberikan tanggapan terhadap sebuah buku fiksi termasuk salah satu cara yang bisa kalian gunakan dalam mengapresiasi atau menghargai karya orang lain. Dengan memberikan tanggapan, kalian sudah dianggap memberikan sumbangsih yang sangat berharga kepada sang pengarang. Sebagai pembaca, sebaiknya kalian kritis dalam mencari hal menarik atau hal yang kurang sesuai dengan pemahaman pembaca dalam sebuah bacaan. Hal ini berarti bahwa menanggapi sesuatu bacaan berarti memberi penilaian sesuai dengan pemahaman sang pemberi tanggapan. 

Ada 3 hal yang dapat kalian tanggapi dalam sebuah teks yang kalian telah baca. Adapun hal-hal tersebut yaitu daya tarik teks, kebahasaan teks, dan isi teks. Untuk lebih jelasnya kalian simak penjelasannya berikut ini.

Daya Tarik Teks

Judul merupakan bagian menarik yang sering dijadikan pertimbangan utama bagi seorang pembaca dalam memilih suatu teks. Hal ini disebabkan judul menyiratkan secara singkat mengenai isi buku meskipun sering kali penulis menggunakan judul filosofis, terutama dalam karya fiksi. Hal menarik lainnya yang dapat ditangkap pertama kali oleh pembaca adalah gambar sampul buku yang mereka akan baca. 

Pembaca dapat menanggapi bagian ini dengan menjelaskan alasan memilih suatu judul dan menjadi tertarik untuk membaca cerita tersebut. Karena tanggapan berisi masukan berupa saran dan kritikan, kalian boleh memberikan masukan mengenai hal tersebut agar pembaca semakin tertarik memilih dan membaca teks atau buku tersebut.

Kebahasaan Teks

Bahasa merupakan sarana utama bagi seorang penulis dalam berkarya. Melalui bahasa, penulis mampu menuturkan pengalamannya sesuai dengan gaya kepenulisan yang dimiliki. Hal pertama yang menjadi daya tarik sebuah teks adalah bahasa yang digunakan penulis untuk mengungkapkan gagasannya. Penulis memanfaatkan kekuatan bahasa untuk menarik minat pembaca. 

Hal ini juga ditunjukkan pada pengemasan judul yang menjadi daya tarik pembaca. Bahasa yang digunakan penulis dapat membuat alur teks tersebut mudah dipahami oleh pembaca. Hal ini juga dapat menumbuhkan ketertarikan tertentu kepada pembaca untuk terus mengikuti alur yang disajikan oleh penulis. Dengan demikian, pembaca dapat mengemukakan pendapat mengenai dirinya tertarik atau tidak tertarik melanjutkan membaca cerita atau teks tersebut.

Isi Teks

Selain memiliki daya tarik dalam penggunaan bahasa, suatu teks juga memiliki muatan isi yang bermanfaat bagi pembaca. Pada teks fiksi, penulis pada umumnya menyampaikan pesan-pesan moral yang bermakna bagi pembaca melalui tokoh-tokoh yang berperan. Pesan moral tersebut biasanya disampaikan secara tersirat dibalik cerita agar tidak terkesan menggurui pembaca.

Selain mengandung pesan moral, pengarang juga menyajikan konflik yang seru antartokoh sehingga membuat pembaca tidak bosan dan jenuh. Pada teks nonfiksi, penulis menuliskan gagasan dan temuannya melalui penelitian tertentu yang nantinya dapat diterapkan oleh manusia dalam kehidupannya sehari-hari. Dengan demikian, pembaca dapat mengemukakan pendapatnya mengenai nilai atau hal yang bermanfaat baginya.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Langkah-Langkah Menyajikan Tanggapan terhadap Buku Fiksi dan Nonfiksi

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /