Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Contoh Landasan Teori dan Kajian Pustaka | Teks Laporan Percobaan


Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh paragraf landasan teori dan kajian pustaka dalam teks laporan percobaan bahasa Indonesia kelas sembilan. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang contoh paragraf landasan teori dan kajian pustaka dalam teks laporan percobaan bahasa Indonesia. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami contoh paragraf landasan teori dan kajian pustaka dalam teks laporan percobaan bahasa Indonesia.

Contoh Landasan Teori dan Kajian Pustaka | Teks Laporan Percobaan

Judul Praktikum

Uji Kandungan Bahan Makanan

Rumusan Masalah

Berdasarkan uraian tersebut, rumusan masalah dalam laporan ini adalah bagaimana menguji kandungan karbohidrat, protein, lemak, dan glukosa dalam berbagai bahan makanan?

Tujuan Penelitian

Laporan ini bertujuan mengetahui kandungan karbohidrat, protein, lemak, dan glukosa dalam berbagai bahan makanan. 

Landasan Teori/Kajian Pustaka

1. Karbohidrat

Karbohidrat adalah senyawa organik yang menjadi sumber energi utama bagi manusia dan hewan. Karbohidrat tersusun dari senyawa sederhana, seperti monosakarida, disakarida, karbohidrat kompleks, seperti polisakarida, dan serat. Karbohidrat mempunyai beberapa fungsi, yaitu sebagai sumber energi utama bagi tubuh, mengatur metabolisme lemak, menjaga keseimbangan asam dan basa, membentuk struktur sel, jaringan, dan organ tubuh, membantu penyerapan kalsium, memberi rasa manis pada makanan, dan membantu mengeluarkan feses. Karbohidrat banyak terkandung dalam makanan yang terbuat dari padi-padian, umbi, dan kacang-kacangan.

Semakin sederhana susunan molekul karbohidrat maka senyawa tersebut akan mudah dicerna dan rasanya akan semakin manis. Semakin panjang susunan molekul karbohidrat maka senyawa tersebut akan semakin sulit dicerna, misalnya serat. Akan tetapi, makanan berserat ini akan bermanfaat untuk memperlancar proses pencernaan.

Di dalam saluran pencernaan, karbohidrat akan mengalami metabolisme. Proses tersebut terjadi di mulut, lambung, dan usus. Hasil akhir metabolisme karbohidrat berupa glukosa beserta darah yang akan memenuhi kebutuhan energi sel-sel tubuh.

2. Protein

Protein merupakan makromolekul penyusunan bagian terbesar tubuh setelah air, yaitu seperlima bagian tubuh. Protein terbentuk dari rantai panjang asam amino yang terikat satu sama lain dalam ikatan peptida. Fungsi protein adalah sebagai zat pembangun tubuh, menyintesis substansi-substansi penting tubuh, menjaga keseimbangan cairan tubuh, menyediakan sumber energi, dan mendetoksifikasi zat-zat asing yang terdapat di dalam tubuh.

Protein dapat kita peroleh, baik dari hewan (protein hewani) maupun tumbuhan (protein nabati). Sumber protein hewani, antara lain daging, susu, dan telur, sedangkan sumber protein nabati, antara lain padi-padian, kacang-kacangan, dan sayuran.

Rata-rata standar kecukupan protein sehari adalah 45 gram. Jika seseorang kekurangan protein, akan terjangkit penyakit kwashiorkor. Tingkat kebutuhan protein dipengaruhi oleh bobot dan ukuran badan, umur, jenis kelamin, penyakit, dan lainnya.

3. Lemak

Lemak atau lipid adalah senyawa organik yang tidak larut dalam air, tetapi larut dalam zat pelarut organik (nonpolar), seperti kloroform, eter, dan minyak tanah. Lemak dapat dikelompokkan menjadi tiga macam, yaitu lemak sederhana, lemak campuran, dan lemak asli. Lemak memiliki beberapa fungsi, antara lain sebagai sumber energi yang menyediakan 9,3 kalori per gramnya, pembawa zat-zat makanan esensial, pelarut vitamin A, D, E, K, pelindung tubuh dari suhu dingin dan luka, penyimpanan makanan cadangan, penyedap makanan, dan penahan rasa lapar.

4. Glukosa

Glukosa adalah suatu gula monosakarida yang merupakan salah satu karbohidrat terpenting yang digunakan sebagai sumber tenaga bagi hewan dan tumbuhan. Glukosa merupakan salah satu hasil utama fotosintesis dan awal bagi respirasi.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang contoh paragraf landasan teori dan kajian pustaka dalam teks laporan percobaan bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat bermanfaat buat anak didik dalam memahami materi seputar contoh paragraf landasan teori dan kajian pustaka dalam teks laporan percobaan bahasa Indonesia. Terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Contoh Landasan Teori dan Kajian Pustaka | Teks Laporan Percobaan

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /