Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Contoh Mosi Berdasarkan Isu dan Permasalahan | Bahasa Indonesia Kelas X


Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan materi pembelajaran seputar mosi berdasarkan isu dan permasalahan yang sedang berkembang dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas sepuluh. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang materi pembelajaran seputar mosi berdasarkan isu dan permasalahan yang sedang berkembang dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas sepuluh. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi pokok seputar mosi berdasarkan isu dan permasalahan yang sedang berkembang.

Contoh Mosi Berdasarkan Isu dan Permasalahan | Bahasa Indonesia Kelas X

Pengantar Materi

Di dalam debat terdapat pendapat dan argumen. Pendapat merupakan sudut pandang atau pernyataan terhadap suatu persoalan. Untuk menyakinkan juri dan tim lawan, pendapat harus didukung argumen. Argumen adalah alasan yang dapat dipakai untuk memperkuat atau menolak pendapat, pendirian, atau gagasan.

Debat dikenal sebagai pemaparan dus sisi yakni sisi yang mendukung isu dan sisi yang menolak isu (mosi atau permasalahan). Untuk mendukung dan menolak isu tersebut, pihak-pihak yang terlibat dalam debat harus memberikan argumen dan bukti-bukti yang relevan.

Pengertian Mosi

Topik yang diperdebatkan disebut dengan mosi (motion). Mosi biasanya dalam bentuk pernyataan dan biasanya diambil dari kejadian-kejadian terkini. Tim afirmasi harus menyetujui dan membangun argumen yang memperkuat mosi. Sementara itu, tim oposisi harus menolak dan memberikan argumen atau penolakannya.

Mendefinisikan mosi maksudnya adalah mendeskripsikan mosi agar lebih jelas dan lebih fokus atau lebih spesifik. Tim yang berhak mendefinisikan mosi adalah tim afirmasi. Sementara itu, tim oposisi hanya berhak menyetujui atau menentang definisi tersebut. Apabila tim oposisi menyetujui definisi itu, debat akan dilanjutkan sesuai dengan mosi yang telah didefinisikan tersebut. Perlu diketahui oleh semua peserta debat bahwa yang diperdebatkan adalah garis besar mosi, bukan definisi ataupun mosi debat.

Syarat Definisi

Jika tim oposisi tidak setuju dengan definisi yang dianjurkan oleh tim afirmasi, tim oposisi harus menentang definisi tersebut dan memberikan definisi baru yang benar. Tindakan menentang definisi yang disampaikan oleh tim afirmasi ini dinamakan dengan tantangan. Akan tetapi tim oposisi harus benar-benar teliti dan hati-hati sebelum melakukan tantangan karena definisi yang bisa ditentang hanyalah definisi yang memenuhi syarat berikut.
  1.  Definisi sudah benar dan tidak dapat diperdebatkan lagi.
  2. Definisi berputar-putar sehingga tidak jelas pointnya.
  3. Definisi tidak ada kaitannya dengan topik.
  4. Definisi mengambil latar waktu yang tidak tepat, misalnya mengambil kejadian yang sudah tidak mutakhir sehingga sulit diperdebatkan.
Untuk mendefinisikan mosi, kalian harus mengambil kata kunci penting mosi tersebut dan mendefinisikannya sesuai dengan topik aktual yang bisa diperdebatkan. Penentuan mosi, misalnya larangan penggunaan kantong plastik. kita harus mendefinisikan kata tersebut tidak sekadar definisi berdasarkan kamus. Kalian harus menjelaskan bentuk-bentuk larangan penggunaan kantong plastik. Kalian juga harus mendefinisikan kata penggunaan dan kantong plastik. Definisi yang kalian sampaikan harus disertai alasan pokok yang merupakan ide pokok atau yang biasa disebut dengan theme line. Theme line ini menjawab pertanyaan "mengapa".

Demikianlah yang dapat admin bagikan seputar materi pembelajaran seputar mosi berdasarkan isu dan permasalahan yang sedang berkembang dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas sepuluh. Semoga bermanfaat buat kemajuan kita bersama khususnya dalam dunia pendidikan mata pelajaran bahasa Indonesia. Terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Mosi Berdasarkan Isu dan Permasalahan | Bahasa Indonesia Kelas X

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /