Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Unsur-Unsur Debat | Mosi, Afirmasi, Oposisi, Netral, Penonton, Moderator, dan Penulis


Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan unsur-unsur debat yang meliputi mosi, afirmasi (tim positif), tim oposisi (tim negatif), tim netral (bisa hadir dan tidak), penonton (juri) yang dipanggil, moderator, dan penulis (notulis). Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak Ibu Guru dan peserta didik dalam mencari referensi tentang unsur-unsur debat yang meliputi mosi, afirmasi (tim positif), tim oposisi (tim negatif), tim netral (bisa hadir dan tidak), penonton (juri) yang dipanggil, moderator, dan penulis (notulis). Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam memahami materi pokok pembelajaran debat yang diberikan oleh Bapak Ibu Guru di sekolah.

Unsur-Unsur Debat | Mosi, Afirmasi, Oposisi, Netral, Penonton, Moderator, dan Penulis

Unsur-Unsur Debat

Debat terdiri atas dua tim yang saling berlawanan. Tim-tim tersebut adalah tim afirmasi (positif) dan tim oposisi (negatif). Kedua tim tersebut memperdebatkan tema yang diajukan pemimpin debat (chair person) atau moderator. Dalam debat, tema biasa disebut dengan mosi. Mosi berupa pernyataan atau sudut pandang terhadap suatu kasus.

Contoh Tema (Mosi):
Penggunaan pemanis dan pewarna buatan dapat membahayakan manusia, terutama dalam bahan campuran makanan.

Debat dapat terwujud apabila unsur-unsurnya dapat dipenuhi. Unsur-unsur tersebut mosi, afirmasi (tim positif), tim oposisi (tim negatif), tim netral (bisa hadir dan tidak), penonton (juri) yang dipanggil, moderator, dan penulis (notulis).

Tim Positif (Affirmative/Government Team)

Tim positif atau tim afirmasi adalah tim yang mendukung atau setuju dengan topik (mosi). Tim ini bertugas untuk membela mosi atau menyetujui isi mosi. Peran tim positif atau afirmasi sebagai berikut.
  1. Menjelaskan dan memberikan definisi atau masalah yang diperdebatkan dengan alasan dan landasan jelas serta masih dapat diperdebatkan.
  2. Memberikan parameter yang jelas tentang cakupan masalah atau mosi yang diperdebatkan, misalkan memberikan penjelasan serta batasan masalah yang akan diperdebatkan.
  3. Jika debat akan menggunakan proposal, pemberian penjelasan, mekanisme, dan detail proposal harus dijabarkan secara terperinci.
  4. Memberi argumen-argumen yang sangat jelas tentang mosi yang diperdebatkan.

Tugas Pembicara Tim Positif

Tim positif terdiri atas empat pembicara atau pendebat

1. Pembicara Pertama

Pembicara pertama bertugas menjelaskan atau mendefinisikan mosi (motion) agar arah perdebatan dapat dibawa ke definisi yang menyetujui mosi menjadi beberapa bagian untuk pembicara selanjutnya.

2. Pembicara Kedua

Pembicara kedua merupakan inti tim. Pembicara kedua menyanggah pernyataan dari pembicara pertama tim lawan. Pembicara kedua bertugas menjelaskan kasus dan memberikan argumen utama disertai data valid yang menguatkan argumen menyetujui mosi. Pembicara ketiga mendukung pembicara pertama.

3. Pembicara Ketiga

Pembicara ketiga bertugas menyanggah pernyataan pembicara kedua dari tim lawan. Pembicara ketiga bertugas menyampaikan argumen-argumen sebelumnya dari tim afirmasi.

4. Pembicara Pengulang

Pembicara pengulang bertugas menyampaikan kesimpulan. Pembicara pengulang menyampaikan kembali seluruh resume alasan, pernyataan setuju tim, dan kelehihan posisi mereka, Pembicara pengulang tidak memberikan sanggahan lagi kepada tim lawan.

Tim Negatif (Opposition Team)

Tim negatif atau tim oposisi adalah tim yang menentang atau tidak setuju dengan topik atau mosi yang diperdebatkan. Jika mosi debat seperti contoh di atas, tim oposisi akan menyatakan ketidaksetujuan penggunaan pemanis dan pewarna buatan dalam bahan campuran makanan. Tim oposisi terdiri atas empat pembicara. Tugas-tugas pembicara dalam tim oposisi kurang lebih sama dengan tim afirmasi. Namun, ada beberapa perbedaan.
Tugas Pembicara Tim Negatif
Pembicara-pembicara dalam tim oposisi sebagai berikut

1. Pembicara Pertama

Pembicara pertama dalam tim oposisi bertugas memberi timbal balik atas definisi mosi yang diutarakan oleh pembicara pertama tim afirmasi. Pembicara pertama tim oposisi akan menyatakan ketidaksetujuan dengan mosi yang diberikan pemimpin debat. Pembicara pertama menyampaikan gagasan-gagasan tim oposisi. Pembicara pertama menyampaikan argumennya.

2. Pembicara Kedua

Pembicara kedua tim oposisi bertugas menyanggah pernyataan pembicara kedua dari tim afirmasi. Pembicara kedua menyampaikan argumen yang mendukung pembicara pertama.

3. Pembicara Ketiga

Pembicara ketiga bertugas menyanggah pembicara sebelumnya (pembicara ketiga dari tim afirmasi). Pembicara ketiga bertugas mengulang kembali argumen-argumen yang telah disampaikan pembicara pertama dan kedua tim oposisi. Pembicara ketiga tidak diperbolehkan menyampaikan argumen baru.

4. Pembicara Pengulang

Pembicara pengulang tim oposisi bertugas memberikan kesimpulan. Pembicara pengulang tim oposisi bertugas menyampaikan kembali seluruh resume alasan, pernyataan kesetujuan tim, dan kelebihan posisi mereka. Pembicara pengulang tidak boleh memberikan sanggahan lagi.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Unsur-Unsur Debat | Mosi, Afirmasi, Oposisi, Netral, Penonton, Moderator, dan Penulis

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /