Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Kumpulan 10+ Soal PG Teks Fabel | Bahasa Indonesia Kelas VII (Terbaru)


Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh soal bahasa Indonesia materi pokok pembelajaran teks fabel dilengkapi dengan kunci jawaban. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang contoh soal bahasa Indonesia materi pokok pembelajaran teks fabel dilengkapi dengan kunci jawaban. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami dan mengerjakan sosl-soal yang diujikan.

Kumpulan 10+ Soal PG Teks Fabel | Bahasa Indonesia Kelas VII (Terbaru)

1. Bacalah kalimat berikut ini!
Fabel diceritakan tidak dengan tujuan menghibur semata, tetapi juga sebagai media pendidikan moral, yaitu pengenalan tentang berperilaku baik.
Tema yang tepat untuk dijadikan sebuah cerita fabel berdasarkan kalimat tersebut adalah ....
A. budi pekerti
B. watak seseorang
C. kehidupan manusia
D. pergaulan sehari-hari manusia

2. Cermatilah teks fabel berikut ini!
Di musim panas yang hangat dan cerah sedikit menggoda Belalang untuk memainkan biola kesayangan sambil bernyanyi dan menari. Hampir setiap harinya itulah yang dilakukan belalang. Ia tidak terpikir untuk melakukan aktifitas lainnya seperti bekerja atau bersiap untuk mengumpulkan bekal musim dingin. Sedikit pun tidak pernah terlintas dalam benak belalang bahwa musim panas yang sedang dinikmatinya sekarang sudah akan berakhir. Musim panas yang membuatnya ceria sudah akan berganti ke musim dingin, dimana hujan akan turun dengan lebat disertai suhu udara yang sangat rendah. Di saat belalang sedang asiknya bermain biola, dia melihat semut yang sedang giat melewati rumahnya. Belalang yang masih riang tersebut ingin mengajak semut bermain bersama dan semut pun diundangnya untuk bersenang-senang ke kediaman belalang.
Kalimat yang mengandung kata keterangan waktu dan tempat dalam teks tersebut adalah ...
A. Belalang yang masih riang tersebut ingin mengajak semut bermain biola
B. Dimana hujan akan turun dengan lebat disertai suhu udara yang sangat rendah
C.Ia tidak terpikir untuk melakukan aktifitas lainnya seperti bekerja atau bersiap untuk mengumpulkan bekal musim dingin
D. Di musim panas yang hangat dan cerah sedikit menggoda Belalang untuk memainkan biola kesayangan di kediaman belalang

3. Cermatilah kutipan fabel berikut! Di hutan hiduplah dua ekor kancil. Mereka bernama Kanca dan Manggut. Kedua ekor kancil itu bersaudara. Manggut adalah kakak dari Kanca. Sebaliknya, Kanca adalah adik dari Manggut. Walaupun mereka bersaudara, tetapi sifat mereka sangatlah berbeda. Kanca rajin dan baik hati. Sedangkan Manggut pemalas dan suka menjahili teman-temannya. Pada suatu hari Manggut kelaparan. Tetapi Manggut malas mencari makan. Akhirnya Manggut mencuri makanan Kanca. Waktu Kanca menanyai kepada Manggut di mana makanannya, Manggut menjawab dicuri tikus. "Ah, mana mungkin dimakan tikus!" kata Kanca. "Iya betul kok! Masa sama kakaknya tidak percaya!" jawab Manggut berbohong. Mulanya Kanca tidak percaya dengan omongan Manggut. Tetapi setelah Manggut mengatakannya berkali-kali akhirnya Kanca percaya juga. Kanca memanggil tikus ke rumahnya. "Ha? Mencuri? Berpikir saja aku belum pernah!" jawab tikus. "Ah, si tikus! Kamu ini membela diri saja! Sudah, Kanca! Dia pasti berbohong," kata Manggut. "Ya, sudahlah! Tikus, sebagai gantinya ambilkan makanan di seberang sungaisana. Tadi aku juga mengambil makanan dari sana!" kata Kanca mengakhiri percakapan.
Perbedaan watak tokoh dalam kutipan teks tersebut adalah ....
A. Kanca, sabar dan jahil; Mangut, suka berbohong
B. Kanca, rajin; Mangut, suka berbohong
C. Kanca, rajin dan baik hati; Mangut, rajin dan menjahili teman
D. Kanca, rajun dan baik hati; pemalas dan menjahili teman

4. Cermatilah kalimat langsung berikut ini!
Semut berkata, “Besok kita akan mengadakan pesta.”
Kalimat tidak langsung yang tepat untuk kalimat langsung tersebut adalah ...
A. Semut menanyakan kita akan pesta
B. Semut menjawab bahwa besok kita semua akan pesta
C. Semut mengatakan bahwa besok kami akan mengadakan pesta
D. Semut mengatakan bahwa mereka tidak akan mengadakan pesta

5. Cermati cuplikan cerita berikut!
Pada zaman dahulu kala hiduplah seeekor burung tempua (manyar) dan burung puyuh di daratan tanah Melayu. Keduanya sangat akrab dan telah bersahabat sejak lama. Mereka saling menolong dan menyayangi. Pada siang hari mereka hilir mudik mencari makan bersama-sama. Suka duka mereka jalani bersama, kalau hujan sama berteduh, dan kalau panas sama bernaung. Namun dimalam hari mereka selalu berpisah. Mereka tidur di sarangnya masing-masing.
Alasan cuplikan cerita tersebut berjenis fabel adalah ....
A. menceritakan kisah hidup seseorang dan binatang
B. menceritakan peristiwa yang terjadi pada zaman dahulu
C. berisi penggambaran tokoh-tokoh yang berkarakter kuat
D. menceritakan tokoh hewan yang bertingkah seperti manusia

6. Cermatilah kutipan teks fabel berikut!
Di keheningan malam Kura-kura nampak tidur pulas bersama Katak sahabat baiknya. Sudah dua bulan ini Kura-kura sakit dan sahabatnya dengan setia mendampinginya.
Variasi latar yang tepat dalam kutipan teks fabel tersebut adalah ...
A. diawali dengan deskripsi latar
B. diawali dengan latar masa lalu
C. diawali dengan perubahan latar
D. diawali dengan latar dan kegiatan tokoh

7. Cermatilah kutipan teks fabel berikut!
Anak Gajah itu berteriak meminta tolong kepada ibunya. Buaya terus saja berusaha menjatuhkan anak Gajah itu, tapi sayang tetap tidak bisa. Mendengar teriakan anaknya, sekumpulan Gajah mendatangi dan menginjak Buaya itu sampai tidak bisa bernafas. Buaya itu tidak bisa melawan karena ukuran ibu Gajah itu sangat besar, ditambah dia juga lemas karena belum makan. Buaya itu kehabisan tenaga dan mati. Fabel “Buaya Yang Serakah”
Kutipan teks fabel tersebut merupakan bagian struktur ....
A. orientasi
B. komplikasi
C. resolusi
D. koda

8. Bacalah cuplikan teks fabel berikut!
Namun tiba-tiba… “Ah, ini hanya pesta kecil! Lihat saja, suatu saat nanti, aku akan membuat pesta yang lebih besar!” dengan angkuh Tuvi berkata. “Tuvi! Kau tak boleh begitu!” seru Piku si beruang madu. “Huh! Biarkan saja!” balas Tuvi sambil pergi. Fabel “Ulat Yang Sombong”
Ekspresi Tuvi yang tepat ketika mengungkapkan cuplikan teks fabel tersebut adalah ....
A. marah
B. sedih
C. gusar
D. jijik

9. Perhatikanlah cuplikan cerita fabel yang rumpang berikut! “Aku harus segera mencari makan dan air, tapi aku harus mencari di mana?” pikir Dodo. Namun, Dodo tidak mau [ ... ]. Ia bersikeras mencari makanan dan air. Setelah cukup lama terbang, dari kejauhan Dodo melihat air dan makanan. Namun setelah mendekat, ternyata yang dilihatnya hanyalah hamparan pasir yang luas. Maka dengan kekecewaan, Dodo kembali terbang menyelusuri gurun. Tidak berapa lama kemudian ia bertemu dengan seekor semut yang sedang kesusahan membawa telurnya. Dodo pun mendekati semut itu. Fabel “Lebah dan Semut”
Kata yang tepat untuk melengkapi kutipan teks fabel yang rumpang tersebut adalah ....
A. mencari
B. menyerah
C. menerima
D. makan

10. Bacalah cuplikan teks fabel berikut!
Suatu hari seekor beruang berjalan di sepanjang hutan untuk mencari makanan. Beruang berniat mencari buah-buahan untuk bekal makanan selama beberapa hari. Tanpa sengaja beruang menemukan sebuah pohon yang tumbang. Pohon tersebut ternyata dihuni oleh lebah yang tengah membuat sarang. Beruang pun penasaran dengan sarang lebah tersebut. Beruang mulai mengendus-endus sarang dengan hidungnya. Dengan berhati-hati beruang melihat ke dalam sarang. Beruang berharap lebah tidak sedang berada di dalam sarang sehingga ia bisa mengambil madu yang ada di dalamnya. Malang bagi beruang ternyata pada saat ia menengok ke dalam sarang, kawanan lebah sedang menuju ke sarangnya usai mencari sari makanan dari bunga-bunga. Tidak dapat dihindari kawanan lebah yang berjumlah ribuan tersebut menyerang beruang. Dengan keras beruang mencoba melawannya dan berlari untuk menuju rumahnya. Tetapi kawanan lebah semakin ganas dan justru memanggil lebah dari beberapa sarang yang ada di hutan untk membantu mengejar beruang. Pada akhirnya, beruang tidak bisa menghindar dan merelakan tubuhnya digigit habis oleh kawanan lebah.
Ringkasan cerita yang tepat untuk teks fabel tersebut adalah ....
A. Seekor beruang yang sedang mencari makanan di hutan. Di tengah perjalanan, ia melihat pohon tumbang yang di dalamnya terdapat sarang lebah. Ketika sedang mengendus-endus sarang lebih tersebut untuk diambil madunya, tiba-tiba kawanan lebah datang dari mencari makanan. Tanpa ampun lagi, beruang digigit sekawanan lebah sampai mati
B. Seekor beruang yang sedang mencari buah-buahan di hutan. Ketika sedang mencari makanan, si beruang bertemu dengan sekawanan lebah. Tanpa ada kesalahan apapun, kawanan lebah menyerang beruang hingga mati
C. Sekawanan lebah sedang pergi mencari makan di hutan. Begitu kembali, mereka melihat beruang sedang mengendus-endus sarangnya. Karena tujuan mereka sama, kawanan lebah mengajak beruang untuk mencari makan bersama-sama
D. Sekawanan lebah sedang pergi mencari makan. Di tengah perjalanan mereka bertemu dengan beruang. Saat itu beruang sedang mencoba mengambil buah-buahan di pohon. Sekawanan lebah pun ikut mencari makanan di sekitar pohon tersebut


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kumpulan 10+ Soal PG Teks Fabel | Bahasa Indonesia Kelas VII (Terbaru)

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /