Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Kumpulan 10+ Soal Teks Buku Fiksi dan Nonfiksi Dilengkapi Kunci Jawaban


Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh soal bahasa Indonesia kelas tujuh materi pokok pembelajaran buku fiksi dan nonfiksi dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang contoh soal bahasa Indonesia kelas tujuh materi pokok pembelajaran buku fiksi dan nonfiksi dilengkapi dengan kunci jawaban. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami dan mengerjakan soal-soal yang diujikan.

Kumpulan 10+ Soal Teks Buku Fiksi dan Nonfiksi Dilengkapi Kunci Jawaban

1. Bacalah kutipan teks nonfiksi berikut!
Selain membantu menurunkan berat badan, olahraga memberikan manfaat tambahan pada penderita tekanan darah tinggi. Olahraga aerobik selama 20-30 menit, sebanyak 3 kali seminggu, dapat menurunkan tekanan darah 8 poin sampai setengah hari pada penderita hipertensi ringan. Olahraga yang paling bermanfaat untuk penderita hipertensi adalah berjalan, joging, menaiki tangga, senam, berenang, bersepeda, tenis dan olahraga lain yang meningkatkan denyut nadi dan mempertahankannya sampai setidaknya 20 menit. Olahraga nonaerobik seperti angkat beban, push-up, dan sit-up tidak dianjurkan.
Tetap Sehat Setelah Usia 40 karya dr. Salma
Keunggulan yang terdapat pada kutipan teks nonfiksi tersebut adalah ....
A. Memberikan informasi tentang manfaat olahraga dan jenis olahraga yang baik bagi penderita hipertensi
B. Menambah wawasan tentang jenis-jenis olahraga yang baik bagi kesehatan
C. Memberikan informasi tentang pentingnya olahraga bagi tubuh
D. Memberikan pengetahuan tentang manfaat olahraga

2. Bacalah kutipan teks fiksi berikut!
Bagi kami Pak Harfan dan Bu Mus adalah pahlawan tanpa tanda jasa yang sesungguhnya. Merekalah mentor, penjaga, sahabat, pengajar, dan guru spiritual. Mereka yang pertama menjelaskan secara gamblang implikasi amar makruf nahi mungkar sebagai pegangan moral kami sepanjang hayat. Mereka mengajari kami membuat rumah-rumahan dari perdu apit-apit, mengusap luka-luka di kaki kami, membimbing kami cara mengambil wudu, melongok ke dalam sarung kami ketika kami disunat, mengajari kami doa sebelum tidur, memompa ban sepeda kami, dan kadang-kadang membuatkan kami air jeruk sambal.
Laskar Pelangi karya Andrea Hirata
Tema yang terdapat pada kutipan teks fiksi tersebut adalah ....
A. kekuatan tekad
B. bakti siswa
C. jasa seorang guru
D. kasih sayang guru

3. Cermati kutipan teks fiksi berikut ini!
Setelah mendengar ada beasiswa pendidikan lanjutan ke negeri asing, segera aku menyusun rencana c, sekolah lagi! Kemudian setelah itu tak satu menitpun waktu yang ku sia-siakan untuk belajar. Aku membaca sebanyak-banyaknya buku. Aku membaca buku sambil menyortir surat, sambil makan, sambil minum, sambil tiduran mendengar wayang golek di radio AM. Aku membaca buku di angkutan umum, di dalam jamban, sambil mencuci,sambil mencuci pakaisan, sambil dimarahi pelanggan, sambil disindir ketua ekspedisi, sambil upacara korpri, sambil menimba air, sambil memperbaiki atap bocor, bahkan Aku membaca sambil membaca.
Laskar Pelangi karya Andrea Hirata
Penokohan yang terdapat pada kutipan teks fiksi tersebut adalah ....
A. Tokoh utama memiliki sifat pemalas karena untuk belajar pun harus selalu diperintah orang tuanya
B. Tokoh utama memiliki kemauan serta tekad yang kuat jika sudah menginginkan sesuatu
C. Tokoh utama memiliki sifat yang baik hati selalu ingin menolong sesama
D. Tokoh utama memiliki tekad yang sangat kuat sehingga rajin bekerja

4. Bacalah kutipan teks nonfiksi berikut ini!
Hutan bakau disebut juga dengan hutan mangrove. Hutan bakau merupakan bagian dari ekosistem pantai. Hutan bakau adalah hutan yang tumbuh di atas rawa-rawa berair payau dan terletak di garis pantai. Hutan bakau merupakan hutan yang tumbuh di wilayah pasang dan surut. Hutan bakau ini termasuk lingkup ekosistem pantai sebab terletak di kawasan perbatasan laut dan darat.
Hutan bakau terletak di wilayah pantai dan muara sungai. Tepatnya, hutan bakau terletak di garis pantai. Dengan posisi hutan bakau yang berada di garis pantai, hutan ini dipengaruhi oleh keadaan air laut. Pasang surut laut mengubah kondisi hutan bakau. Hutan akan tergenang air di masa pasang dan akan bebas dari genangan air pada saat air surut. Habitat hutan bakau memiliki wilayah tanah yang tergenang secara berkala. Tempat tersebut juga mendapat aliran air tawar yang cukup dari daratan.
Rangkuman teks nonfiksi tersebut adalah ...
A. Hutan bakau (mangrove) terletak di wilayah pantai dan muara sungai
B. Hutan bakau merupakan bagian dari ekosistem pantai yang terletak digaris pantai
C. Hutan bakau merupakan hutan yang hidup diwilayah pasang dan surut serta tergenang
D. Hutan bakau terletak di wilayah pantai dan muara sungai yang merupakan ekosistem pantai

5. Bacalah kutipan teks fiksi berikut ini!
Wiz, sang kurcaci penggali sumur yang memiliki sebatang pohon belimbing ajaib di rumahnya di tengah hutan Morin, buahnya berwarna-warni sesuai warna cabangnya. Pohon belimbing ini merupakan pohon ajaib di kalangan para kurcaci di hutan Morin. Pohonya bercabang lima seperti jari tangan, dengan warna yang berbeda-beda. Tiap warna memiliki khasiatnya sendiri, buah merah cabang ibu jari, yang berkhasiat dapat menyembuhkan penyakit asma. Buah hijau cabang telunjuk, berkhasiat menyembuhkan sakit perut. Buah kuning cabang jari tengah berkhasiat dapat menyembuhkan penyakit mata, buah putih cabang jari manis berkhasiat mempercantik wajah.
Rangkuman teks fiksi tersebut adalah ....
A. Pohon belimbing ajaib dapat menyembuhkan penyakit asma
B. Khasiat pohon belimbing ajaib sangat banyak mebuat Wiz senang
C. Wiz memiliki pohon belimbing ajaib yang memiliki beberapa khasiat
D. Wiz, sang kurcaci penggali sumur yang memiliki sebatang pohon belimbing

6. Perhatikanlah kalimat acak teks fiksi berikut ini!
(1) Saat melihat ke atas, tiba-tiba matanya yang tajam melihat ada benda yang tergantung diranting pohon tepat di atas kepalanya.
(2) Si Kancil berlari-lari kecil menuju pohon rindang itu.
(3) Cukup lama dia diam sambil mengawasi benda hitam tersebut, hingga akhirnya ketika ada beberpa tawon yang berterbangan dan hinggap pada benda itu, ia baru mengetahui bahwa benda yang bergantung itu tidak lain adalah tawon yang sedang bergerombolan.
(4) Ia ingin berteduh sambil melepaskan lelah.
Susunan yang tepat teks fiksi tersebut adalah ....
A. (2) – (3) – (1) – (4)
B. (2) – (3) – (4) – (1)
C. (2) – (4) – (3) – (1)
D. (2) – (4) – (1) – (3)

7. Bacalah teks berikut!
Bulan Kuning adalah buku Kumpulan Dongeng Bobo ke-23. Di dalamnya ada sekitar 20-an dongeng. Salah satu dongengnya yang menarik adalah “Sang Prabu dan si Petani”.
Bagian bagan struktur komentar teks tersebut adalah ....
A. Info singkat tentang terbitan/edisi
B. Ringkasan cerita
C. Tanggapan penulis tentang cerita
D. Penilaian terhadap buku

8. Bacalah kutipan resensi buku berikut ini! Buku komedi ini menceritakan sisi menyenangkan dan seru dari kehidupan kost-kostan, khas anak perkotaan. Lewat buku ini, pembaca yang hendak merantau pun diharapkan bisa mempersiapkan diri karena kisah-kisah dalam buku ini pun terinspirasi dari kisah nyata. Sayangnya, ada beberapa adegan yang sebenarnya sangat lucu, tetapi karena penulis kurang bisa menyampaikan dengan baik, adegan pun jadi terkesan biasa saja. Butuh waktu dua kali untuk memahami apa maksud leluconnya.
Kekurangan buku yang terdapat dalam kutipan resensi buku tersebut adalah ...
A. Karakter tokoh tidak dijelaskan secara detail
B. Sangat sulit mendapatkan buku bagus seperti ini
C. Karena buku ini kategori buku komedi pasti harganya mahal
D. Ada adegan lucu yang tidak disampaikan dengan baik oleh pengarang

9. Bacalah kutipan resensi berikut ini! Sebagian besar orang masih melihat film adalah sesuatu yang mustahil dilakukan. Padahal film dapat dibuat oleh siapapun. Walaupun minat seseorang belajar buat film tinggi, namun kedalaman memahami seni film masih sangat terbatas. Pengetahuan tentang film sebagai sebuah karya seni masih berada di ruang-ruang kuliah semata, padahal film bukanlah milik para akademisi saja, melainkan milik semua orang yang hobi menonton. Buku ini akan dengan mudah ditangkap pembacanya ditambah dengan gambar-gambar penunjang.
Kelebihan buku yang terdapat dalam kutipan resensi buku tersebut terdapat dalam kalimat ...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

10. Bacalah kutipan teks fiksi berikut ini!
Aku bangkit dan bermaksud menuju Eiffel Tower barangkali dia di sana. Aku berjalan di jalan yang pinggirnya dihiasi pohon musim semi yang daunnya telah gugur. Langkahku terhenti ketika suara seseorang yang entah dari mana terdengar di telingaku “Elita…” panggilnya, aku menengok ke kanan dan kiri namun tak kutemui. “Elita…” panggilnya sekali lagi. Tunggu, aku sangat kenal dengan suara ini.
Komentar penggunaan bahasa yang tepat untuk teks fiksi tersebut adalah ...
A. Kata-katanya terlalu sulit untuk dipahami
B. Bahasanya tidak terlalu sulit untuk dipahami
C. Banyak menggunakan istilah asing
D. Kesalahan ejaan banyak ditemukan pada teks tersebut


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kumpulan 10+ Soal Teks Buku Fiksi dan Nonfiksi Dilengkapi Kunci Jawaban

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /