Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Kumpulan 31+ Perbedaan Teks Iklan dengan Teks Eksplanasi Bahasa Indonesia


Daftar Isi [Tampil]

Ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan beberapa perbedaan teks iklan dengan teks eksplanasi dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kelas tujuh dan kelas delapan. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang perbedaan teks iklan dengan teks eksplanasi dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Adapun perbedaan antara teks iklan dengan teks eksplanasi tersebut adalah sebagai berikut.

Kumpulan 31+ Perbedaan Teks Iklan dengan Teks Eksplanasi Bahasa Indonesia

  1. Teks iklan merupakan salah satu media promosi barang atau jasa kepada masyarakat, sedangkan teks eksplanasi merupakan teks yang menjelaskan sebab akibat suatu fenomena, baik itu peristiwa alam, ilmu pengetahuan, sosial, budaya, dan lainnya.
  2. Teks iklan bertujuan untuk mempengaruhi khalayak agar tertarik terhadap barang atau jasa yang ditawarkan. Sedangkan teks eksplanasi memiliki tujuan, yaitu untuk menjelaskan tahapan, langkah atau proses (bagaimana), dan memberikan alasan (mengapa). 
  3. Teks eksplanasi harus berdasarkan fakta, sedangkan Teks iklan tidak semua harus berdasarkan fakta.
  4. Teks eksplanasi memiliki struktur yang jelas, sedangkan teks iklan tidak memiliki stuktur yang jelas.
  5. Ciri-ciri yang dimiliki teks iklan, yaitu informatif dan komunikatif, menarik perhatian khalayak, kalimat yang digunakan singkat, padat, jelas, menarik, dan mudah dipahami. Sedangkan ciri-ciri yang dimiliki teks eksplanasi, yaitu Informasinya berdasakan fakta, bersifat objektif, membahas sebuah peristiwa, dan bersifat informatif.
  6. Langkah-langkah saat membuat teks iklan berbeda dengan langkah-langkah saat membuat teks eksplanasi. 
  7. Teks iklan memiliki fungsi yang berbeda dengan teks eksplanasi.
  8. Teks iklan menggunakan bahasa atau kalimat yang efektif (singkat, jelas, menarik perhatian, mudah di ingat) dan kalimat yang bersifat mengajak, sedangkan Teks eksplanasi menggunakan bahasa atau kalimat yang baku dan logis.
  9. Teks iklan berisi ajakan/pemberitahuan suatu barang atau jasa yang ditujukan kepada pembaca, sedangkan teks eksplanasi berisi penjelasan sebab akibat suatu peristiwa, baik itu peristiwa alam, ilmu pengetahuan, sosial, maupun budaya.
  10. Teks iklan biasanya disertai gambar produk yang dipromosikan, sedangkan teks eksplanasi biasanya tidak disertai gambar objek yang diceritakan. 1. Teks iklan berisi teks yang mengajak/memberitahu kepada pembaca mengenai suatu produk. Sedangkan teks eksplanasi berisi teks yang memberitahu/menceritakan sebuah suatu peristiwa atau keadaan disuatu lingkungan atau aspek (Sosial, budaya, alam, ilmu pengetahuan dan lain sebagainya).
  11. Teks iklan tidak memiliki struktur teks, sedangkan teks eksplanasi memiliki stuktur teks.
  12. Langkah-langkah pembuatan teks iklan tidak sama dengan langkah langkah membuat teks eksplanasi.
  13. Teks iklan menggunakan bahasa efektif (Pendek/singkat, jelas, menarik perhatian, mudah di ingat, dan persuasif). Sedangkan teks eksplanasi tidak menggunakan bahasa efektif (Bahasa kalimat yang di gunakan dalam teks eksplanasi bersifat panjang karena menjelaskan suatu kejadian atau peristiwa).
  14. Memiliki manfaat, fungsi, dan tujuan yang berbeda.
  15. Teks iklan lebih mengarah kepada penjualan/promosi suatu produk, sedangkan teks eksplanasi lebih mengarah kepada penjelasan sesuatu di suatu lingkungan.
  16. Biasanya dalam teks iklan berisi gambar yang di promosikan yang menarik, sedangkan teks eksplanasi biasanya jarang menggunakan gambar mengenai suatu objek yang di jelaskan/ceritakan.
  17. Teks eksplanasi terdiri dari tiga unsur yang meliputi sebuah pernyataan umum, sebab-akibat, dan interpretasi. Sedangkan teks iklan tidak memiliki ketiga unsur tersebut.
  18. Di dalam teks eksplanasi tidak ditemukan kalimat perintah ataupun kata kerja imperatif seperti yang terdapat pada teks iklan.
  19. Jenis-jenis iklan penawaran, pengunguman, dan reklame. Sedangkan teks eksplanasi teoritis, kasual, sequenrial, dan faktorial.
  20. Teks Iklan adalah media promosi untuk mempromosikan barang atau jasa kepada masyarakat yang dibuat semenarik mungkin dengan tujuan agar masyarakat tertarik mengenali, membeli, atau menikmati barang atau jasa tersebut sedangkan Teks Eksplanasi adalah teks yang menjelaskan proses terjadinya suatau peristiwa baik alam,sosial, maupun budaya.
  21. Teks eksplanasi ditulis untuk menjawab pertanyaan bagaimana/mengapa. Pertanyaan bagaimana dibutuhkan jawaban berupa deksripsi sebaliknya, pertanyaan mengapa membutuhkan penjelasan berupa proses, sebab, akibat, dan bersifat nyata
  22. Tujuan dari Teks Iklan adalah agar masyarakat tertarik mengenali, membeli, atau menikmati barang atau jasa tersebut sedangkan Tujuan Teks Eksplanasi adalah untuk menjelaskan tahapan, langkah, atau proses (bagaimana), dan memberikan alasan (mengapa) terhadap proses terciptanya sesuatu yang terjadi secara alamiah, atau proses bekerjanya fenomena alam maupun sosial
  23. Struktur Teks Iklan adalah orientasi, tubuh iklan dan justifikasi sedangkan Struktur Teks Eksplanasi adalah pernyataan umum, deretan penjelas dan interpretasi.
  24. Teks eksplanasi dibuat secara fakta sedangkan Teks Iklan tidak nyata atau sesuai dengan realitanya
  25. Teks Iklan bersifat persuasif manakala sedangkan Teks Iklan bersifat informatif
  26. Dalam teks iklan berisi gambar yang di promosikan yang menarik, sedangkan teks eksplanasi jarang menggunakan gambar mengenai suatu objek yang di jelaskan/ceritakan.
  27. Teks iklan menggunakan bahasa yang efektif, singkat dan jelas sedangkan teks eksplanasi menggunakan bahasa yang tidak efektif.
  28. Dalam teks eksplanasi bahasa kalimat yang digunakan bersifat panjang karena menjelaskan suatu peristiwa
  29. Teks Iklan lebih mengarah kepada promosi/penjualan suatu produk sedangkan teks eksplanasi mengarah kepada menceritakan suatu peristiwa yang terjadi secara nyata.
  30. Teks iklan menggunakan objek atau gambar untuk menjelaskan barang tersebut sedangkan teks eksplanasi menggunakan bahasa dan kalimat yang panjang untuk menjelaskan terjadinya peristiwa
  31. Macam macam dari teks iklan ada iklan,penawaran, pengumuman, reklame sedangkan teks eksplanasi memiliki macam macam yaitu teks eksplanasi,teoritis kausal sequenrial, Faktorial


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kumpulan 31+ Perbedaan Teks Iklan dengan Teks Eksplanasi Bahasa Indonesia

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /